وزير الخارجية الأميركي يثير قضية التطبيع بين إندونيسيا وإسرائيل خلال زيارته لجاكرتا، فهل تفعلها إندونيسيا؟!

Normalisasi Hubungan Israel-Indonesia Disinggung Menlu AS Saat ke Jakarta

0 415

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تناقلت وسائل إعلام إسرائيلية خبرًا مفاده أن وزير الخارجية الأمريكي أنتوني بلينكن، كان قد ألمح إلى تطبيع العلاقات الإندونيسية – الإسرائيلية خلال زيارته للعاصمة الإندونيسية جاكرتا في 13 – 14 ديسمبر الجاري.

وبسؤال المتحدث باسم وزارة الخارجية الإندونيسية تيكو فايزاشا، أكد أن بلينكن قد أثار مسألة إسرائيل خلال لقائه بوزيرة الخارجية الإندونيسية ريتنو مرصودي، في جاكرتا الأسبوع الماضي.

وتمكنت صحيفة إندونيسيا اليوم من التواصل مع مدير هيئة المعلومات والدبلوماسية العامة الإندونيسي، اللجمعة (24/12/2021)، وبسؤاله عن الأمر أجاب سيادته: “قضية إسرائيل أثارها وزير الخارجية الأمريكي بلينكن خلال لقائه بوزيرة الخارجية الإندونيسية في العاصمة جاكرتا.

وأضاف فايزاشا: خلال اللقاء أكدت وزيرة الخارجية الإندونيسية على موقف إندونيسيا الثابت تجاه القضية الفلسطينية، وعلى أن إندونيسيا ستستمر في دعم الشعب الفلسطيني في نضاله من أجل العدالة والاستقلال”.

كانت وسائل الإعلام الإسرائيلية قد نشرت، الخميس 23/12/2021، خبر إلماح بلينكن إلى التطبيع بين إندونيسيا وإسرائيل، معتمدة على مصادر حكومية إسرائيلية. وقد أكد عدد من المسؤولين الحكوميين الإسرائيليين على أنه لا توجد أي خطوات في هذا الاتجاه في الوقت الحالي.

نقلت  The Jerusalem Post عن مصدر حكومي لم تسميه، أن وزير الخارجية الأمريكي بلينكن “ناقش إمكانية تطبيع إندونيسيا لعلاقاتها الدبلوماسية مع إسرائيل خلال لقائه بعدد من المسؤولين الإندونيسيين في جاكرتا الأسبوع الماضي”.

يذكر أن بلينكن قد أثار فكرة ما إذا كان لدى إندونيسيا الإمكانية للانضمام إلى اتفاق إبراهام.

لكونها أكبر دولة من حيث عدد السكان المسلمين، فقد حاولت إدارة دونالد ترامب أن تضم إندونيسيا إلى اتفاق إبراهام. وكانت تلك المفاوضات قد توقفت مع انتهاء ولاية ترامب.

اتفاق إبراهام هو اتفاق تطبيع للعلاقات بين إسرائيل وعدد من الدول ذات الغالبية المسلمة مثل الإمارات العربية المتحدة، والبحرين -التي حتى اللحظة لم تطبع علاقاتها بشكل رسمي مع إسرائيل، وتحاول الإبقاء على الوضع الراهن- وقد قادت الولايات المتحدة الأمريكية المباحثات التي تركزت بين إسرائيل وأربع دول أخرى.

كذلك نشرت The Times of Israel تقريرًا يقتبس عن مسؤول أمريكي كبير قوله أن الولايات المتحدة الأمريكية، متمثلة في إدارة الرئيس جو بايدن، تعمل بشكل سري ونشط لضم المزيد من الدول لاتفاقية إبراهام، وأن هذا الأمر يحتاج إلى وقت.

كما نقل التقرير تصريح للمتحدث باسم الخارجية الأمريكية نيد برايس قوله: “نحن نعمل دائمًا على استكشاف فرص توسيع التطبيع، ولكننا نبقي تلك المحادثات سرية حتى يحين الوقت المناسب”.

وزارة الخارجية الإسرائيلية، وسفارة إندونيسيا في واشنطن رفضتا التعليق على الخبر.

تحدثت وسائل إعلام إسرائيلية أخرى، من بينها Hamodia، عن حديث تم خلال الشهر الماضي بين القائم بالأعمال الإسرائيلي في البحرين ووزير الدفاع الإندونيسي برابوو سوبيانتو، في تفاعل علني نادر بين مسؤول إندونيسي وإسرائيلي.

نشرت Hamodia: “اللقاء بين إتاي تاجنير وبرابوو سوبيانتو تم على هامش حوار المنامة في البحرين”.

كما ذكرت صحيفة Walla الإسرائيلية أن مستشار الأمن القومي الإسرائيلي إيال هولاتا، هو أيضًا التقى برابوو في المناسبة نفسها، وأنهما قد تبادلا الكروت الشخصية.

ليست هذه هي المرة الأولى التي تثار فيها قضية التطبيع بين إندونيسيا وإسرائيل في وسائل الإعلام، خاصة الإسرائيلية منها.

في ديسمبر 2020 كذبت وزارة الخارجية الإندونيسية عددًا من التقارير الإعلامية التي ادعت أن إسرائيل ستطبع علاقاتها الدبلوماسية مع إندونيسيا خلال وقت قريب.

كما قال نائب وزير الخارجية الإسرائيلي تزيب هوتوفيلي، في عام 2016، خلال تعليقه على خطة فتح إندونيسيا لقنصلية لها في رام الله: “إندونيسيا لديها علاقات دبلوماسية سرية مع إسرائيل.

وعلقت وزارة الخارجية الإندونيسية -حينئذٍ- بأنه لم يتم عقد لقاءات سرية مع المسؤولين الإسرائيليين بشأن زيارة وزيرة الخارجية الإندونيسية ريتنو مرصودي لرام الله.

حتى اللحظة إندونيسا دائمًا ما تؤكد على موقفها الرافض للتطبيع مع إسرائيل مادامت إسرائيل لا تعترف بالسيادة الفلسطينية.

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: إندونيسيا اليوم | بي بي سي إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, dikabarkan mengangkat wacana normalisasi hubungan Israel dan Indonesia saat mengunjungi Jakarta pada 13-14 Desember lalu, demikian menurut laporan media-media massa Israel.
Saat dimintai konfirmasi atas kabar tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, menyebut bahwa “isu Israel” disinggung dalam pertemuan antara Blinken dan Menlu RI, Retno Marsudi, di Jakarta pekan lalu.

“Isu israel muncul disampaikan oleh Menlu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta.
Menlu RI sampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadikan dan kemerdekaan.” Ujar Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik melalui pesan singkat kepada Indonesiaalyoum.com, Kamis (23/12).

Isu normalisasi Israel-Indonesia yang disinggung Binken sebelumnya dikabarkan media-media Israel Kamis (23/12) dengan bersumber dari kalangan pejabat negara mereka. Namun para pejabat Israel menekankan bahwa tidak ada langkah seperti itu dalam waktu dekat.

Mengutip sumber pejabat Israel yang tidak disebut namanya, laman The Jerusalem Post menyebut bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken “mengangkat kemungkinan Indonesia menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel dalam pertemuan dengan para pejabat di Jakarta pekan lalu.”

Saat berkunjung ke Jakarta, Blinken disebut menyinggung gagasan apakah Indonesia bisa bergabung dengan Kesepakatan Abraham.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia termasuk negara yang coba dibawa oleh pemerintahan Donald Trump ke dalam Kesepakatan Abraham, meskipun negosiasi terhenti pada saat masa jabatan Trump berakhir.

Kesepakatan Abraham adalah perjanjian normalisasi yang ditandatangani antara Israel dan beberapa negara mayoritas Muslim lainnya, seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain, yang hingga saat itu tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel dan berusaha untuk mempertahankan status quo. Pemerintahan Donald Trump mempelopori pembicaraan, yang berpuncak pada kesepakatan antara Israel dan empat negara lain.

The Times of Israel juga menyebut laporan yang mengutip seorang pejabat senior AS, yang mengatakan bahwa pemerintahan Joe Biden bekerja “diam-diam tetapi cukup tekun” untuk memperluas Kesepakatan Abraham, dan menambahkan bahwa hal itu bisa memakan waktu.

Laporan itu mengutip juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price yang berkomentar, “Kami selalu menjajaki peluang tambahan untuk normalisasi, tetapi kami akan membiarkan diskusi itu tertutup sampai saat yang tepat.”

Kementerian Luar Negeri Israel dan Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC menolak berkomentar.

Prabowo bertemu pejabat Israel
Media Israel lainnya, Hamodia, juga mengabarkan bahwa bulan lalu, kuasa usaha Israel di Bahrain berbicara dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, dalam interaksi publik yang langka antara pejabat Indonesia dan Israel.

“Pertemuan antara Itay Tagner dan Prabowo Subianto terjadi di sela-sela konferensi tahunan Manama Dialogue di Bahrain,” sebut Hamodia.

Selain itu, Penasihat Keamanan Nasional Israel Eyal Hulata juga dikabarkan bertemu sebentar dalam konferensi yang sama dengan Prabowo, dan mereka bertukar kartu nama, menurut Walla.

Isu kemungkinan normalisasi hubungan Israel dan Indonesia bukan kali ini saja diangkat oleh media massa, terutama dari Israel.

Pada Desember 2020 lalu, Kementerian Luar Negeri Indonesia menolak laporan sejumlah media bahwa “Israel akan membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia dalam waktu dekat”.

Kemudian pada 2016 lalu, Wakil Menlu Israel Tzipi Hotovely dikabarkan mengatakan Indonesia memiliki ‘hubungan diplomatik rahasia’ dengan Israel terkait rencana pembukaan konsul Indonesia di Ramallah.

Kementerian Luar Negeri Indonesia lantas menegaskan tidak ada ‘pertemuan rahasia’ dengan pejabat senior Israel terkait kunjungan Menlu Retno Marsudi ke Ramallah.

Selama ini Indonesia menegaskan tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel selama negara itu tidak mengakui kedaulatan Palestina.

Penerjemah: Mukmin Assaifi | Source: Indonesiaalyoum.com | BBC Indonesia

تعليقات
Loading...