وزير الدفاع يطالب باعشير بالبحث عن دوله أخرى له

Menhan Minta Ba'asyir Keluar dari RI jika Tak Akui Pancasila

0 942

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – وزير الدفاع الإندونيسي رياميزارد رياتشودو يطلب من أبو بكر باعشير، المدان في جرائم تتعلق بالإرهاب، أن يغادر إندونيسيا إذا كان لايزال مصرًا على ألا يعترف بالبانشاسيلا (المبائ الخمسة للجمهورية الإندونيسية) كأساس للدولة الإندونيسية.

جاء تصريح رياميزارد ردًا على رفض باعشير التوقيع على إقرار بالاعتراف بالبانشاسيلا. و قد حوى التقرير كذلك اعتراف بارتكابه جرائم إرهابية.

قال رياميزارد من مكتبه بوزارة الدفاع بجاكرتا: “ليفهم أن إندونيسيا هي دولة تأسست على البانشاسيلا. فإذا كان لا يعترف بها فليخرج من هنا، لقد تم تحريره فليخرج إذًا.” الثلاثاء 22/1.

الوزير الذي كان رئيس القوات البرية الإندونيسية يقول بأن الشخص أو المجموعة التي لا تريد الاعتراف بالبانشاسيلا كأساس للدولة الإندونيسية، فإنه يعتبر شخص يحاول هدم الحكومة الإندونيسية. يرى رياميزارد بأن باعشير يقوض الحياة في إندونيسيا بعدم اعترافه بالبانشاسيلا.

و يرى رياميزارد أن المجموعات أو الأشخاص الذين يمانعون الاعتراف بالبانشاسيلا كأساس للدولة الإندونيسية يعكروا الحياة في إندونيسيا لفترة قصيرة فقط. و أنه قد قال ذلك بهدف ألا تواجه الحكومة الإندونيسية خسائر في المستقبل بسبب ذلك.

وزير الدفاع الإندونيسي رياميزارد رياتشودو

و قد استغل رياميزارد هذه الفرصة ليؤكد على أن البانشايسيلا هي الإيدلوجية الوحيدة المناسبة لإندونيسيا. و قال بأن البانشاسيلا تعتبر قيم نبيلة و أداة لتوحيد الشعب الإندونيسي المركب.

لذلك فإنه طلب من حاملي الأفكار و الأيدلوجيات الأخرى الذين يرفضون الاعتراف بالبانشاسيلا كأساس للدولة أن يبحثوا عن بلدان أخرى لهم بعيدًا عن إندونيسيا.

أكد وزير الدفاع قائلاً: “لا توجد خلافة، إذا كنت تريد الخلافة فاذهب إلى دولة أخرى. هنا لا خلافة. الجمهورية الإندونيسية أساسها البانشاسسيلا و فقط.”

و من قبل كان وزير التنسيق السياسي و الأمني قد قال أن الحكومة و الهيئات المعنية لاتزال تدرس إطلاق سراح أبو بكر باعشير. و قد قال أن الحكومة تدرس إطلاق سراحه من عدة جهاد أهمها الجانب الإيديولوجي.

و قد تحدث الوزير بذلك بعد اجتماع جمعه مع الرئيس جوكوي في قصر بوجور الرئاسي عصر الإثنين 21/1. و قد قال جوكوي أن وزير التنسيق السياسي و الأمني قد أمر بإجراء دراسة أكثر عمقًا و شمولاً عن تداعيات إطلاق سراح باعشير.

و من المعلوم أنه في نهاية الإسبوع الماضي كان الرئيس الإندونيسي جوكوي قد أخذ بنصيحة مستشاره القانوني يسريل إهزا ماهيندرا بأن يطلق سراح باعشير و أخذها على محمل الجد. و كان ماهيندرا قد قام بزياردة باعشير الجمعة 18/1، في سجن جبل سندور في بوجور بغرب جاوا.

قال ماهيندرا: “الرئيس جوكوي قال بأن يتم إطلاق سراحة بدون شروط تصعب الأمر عليه. فقد قبل الرئيس إطلاق سراحه، و لن يكون تحت الإقامة الجبرية في منزله.”

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir keluar dari Indonesia jika tetap berkeras tak mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Hal itu disampaikan Ryamizard merespons Baasyir yang menolak menandatangani dokumen ikrar setia pada Pancasila. Penandatanganan tersebut menjadi satu syarat pendiri Pondok Pesantren Al Mu’min, Ngruki Sukoharjo itu bebas. Di dalamnya juga berisi poin pengakuan bersalah atas tindak pidana terorisme yang menjeratnya.

“Ya pengertian saja, karena [Indonesia] negara Pancasila, kalau enggak Pancasila keluar dari sini, itu kan dibebaskan ya keluar,” kata Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (22/1).

Mantan Kepala Staf TNI AD itu menyatakan bahwa seseorang atau kelompok yang tak mau mengakui Pancasila sebagai dasar negara dianggap sebagai orang yang sedang menumpang pada pemerintah. Melihat hal itu, Ryamizard menilai Ba’asyir justru sedang menumpang hidup di Indonesia karena belum mengakui Pancasila.

Lebih lanjut, Ryamizard pun berharap agar orang atau kelompok yang enggan mengakui Pancasila sebagai dasar negara agar menumpang hidup sebentar saja di Indonesia. Hal itu bertujuan agar pemerintah tak mengalami kerugian lebih lanjut.

Ryamizard dalam kesempatan itu juga menegaskan bahwa Pancasila merupakan satu-satunya ideologi yang tepat bagi Indonesia. Ia menyatakan bahwa Pancasila merupakan nilai luhur dan sebagai alat untuk pemersatu bagi masyarakat Indonesia yang majemuk.

Oleh karena itu, Ia pun meminta agar paham atau ideologi lain yang ingin menggantikan Pancasila sebagai dasar negara untuk mencari negara lain diluar Indonesia.

“Enggak ada khilafah-khilafahan. Kalau mau khilafah ke negara lain saja, di sini bukan khilafah. NKRI dasarnya Pancasila itu saja, susah-susah amat sih,” kata Menhan menegaskan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan pemerintah dengan lembaga terkait masih mempertimbangkan pembebasan Abu Bakar Ba’asyir. Ia mengatakan pertimbangan tersebut dilihat dari berbagai aspek khususnya ideologi.

Hal itu ia sampaikan usai menjalani rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin siang. Presiden Joko Widodo, kata Wiranto, memerintahkan kepada pejabat terkait untuk segera melakukan kajian secara lebih mendalam dan komprehensif dalam rangka pembebasan Ba’asyir.

Diketahui pada akhir pekan kemarin, Presiden Joko Widodo melalui penasihat hukumnya, Yusril Ihza Mahendra memastikan segera membebaskan Abu Bakar Ba’asyir. Pada Jumat (18/1) lalu, Yusril mengunjungi Ba’asyir di Lembaga Permasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Pak Jokowi mengatakan bahwa dibebaskan jangan ada syarat-syarat yang memberatkan beliau. Jadi beliau menerima semua itu dan ini bukan mengalihkan beliau seperti tahanan rumah tidak,” ujar Yusril.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...