وزير الشؤون الدينية الإندونيسية يدين منع هونغ كونغ الشيخ عبد الصمد من دخول أراضيها

Menag Lukman Sayangkan Otoritas Hong Kong Tolak Ustaz Somad

0 794

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – أعرب وزير الشؤون الدينية، لقمان الحكيم سيف الدين، عن أسفه جراء منع الشيخ عبد الصمد من دخول هونغ كونغ. وطلب الوزير لقمان من سلطة هونج كونج توضيحاً. (إقرأ: منع الشيخ عبد الصمد من دخول هونج كونج)

“إنه حدث مؤسف جداً ولا ينبغي أن يحدث. وعلى سلطة هونغ كونغ شرح الأمر”، بحسب لقمان الحكيم سيف الدين، كما تلقته detikcom في حساب تويتر [email protected]، يوم الاحد (2017/12/24).

وفي تويتر، أجاب الوزير لقمان على السؤال من حساب تويترFebyfiona @ أحد المستخدمين لحساب تويتر. سألت فيه عن الفحص من قبل الجوازات.
“عذرا سعادة الوزير، أليس الفحص من حقوق الجوازات فقط؟”بحسب تغريدة حساب تويترFebyfiona @.

ووافق الوزير لقمان الحكيم ما ذهب إليه فيبي من أن الفحص من حق جوازات هونغ كونغ، لكنه ذكر أن هونغ كونغ من الدول الصديقة فينبغي عليه توضيح الأمر إلى القنصلية العامة الإندونيسية في هونغ كونغ.

“إنه صحيح، ولكنه كدولة صديقة، من المستحسن أن يشرح ما يحدث إلى الجهات الإندونيسية”.

وقد تعرّض الشيخ عبد الصمد إبّان زيارته إلى هونغ كونغ لسوء المعاملة، ووضح ذلك من خلال صفحته على الفيسبوك.

وبعد نزوله من الطائرة، اتجه إليه عدد من الضباط وسألوه مباشرة عن الهوية، والخلفية التعليمية والعلاقة مع المنظمات الجماهيرية والسياسة.

“قالوا أن بلادهم لا تقبلني، هذا فقط، وبدون بيان السبب، وأخذوني فورا إلى نفس الطائرة للرحيل في الساعة 00:16. توقيت غرب إندونيسيا الى جاكرتا”. بحسب الشيخ عبد الصمد.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan peristiwa ustaz Abdul Somad ditolak masuk ke Hong Kong. Lukman minta pihak otoritas Hong Kong bisa menjelaskan peristiwa tersebut.

“Amat disayangkan peristiwa yang mestinya tak perlu terjadi ini. Pihak otoritas Hongkong perlu jelaskan apa masalahnya,” cuitan Lukman Hakim Saifuddin yang dikutip detikcom dalam akun twitter @lukmansaifuddin, Minggu (24/12/2017).

Dalam twitter, Lukman juga menjawab pertanyaan salah satu pengguna akun twitter @Febyfiona. Feby menanyakan bawah screening merupakan hak imigrasi.

“Maaf pak menteri, bukannya screening itu hak mutlak imigrasi?” cuit akun twitter @Febyfiona.

Kepada Feby, Lukman membenarkan hak imigrasi dalam proses screening. Namun Hong Kong disebut Lukman sebagai negara sahabat seharusnya menjelaskan masalah apa yang terjadi kepada pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong.

“Benar sekali. Tapi sebagai negara sahabat, ada baiknya dan sepantasnya kalau pihak Indonesia diberitahu masalahnya,” tutur Lukman.

Sebelumnya diberitakan, ustaz Somad mengaku mengalami perlakuan tidak menyenangkan ketika berkunjung ke Hong Kong. Dia menjelaskan hal itu melalui fanpage Facebook-nya.

Begitu turun dari pesawat, dirinya dihampiri beberapa orang petugas dan langsung menanyakan identitas, latar belakang pendidikan hingga keterkaitan dengan ormas dan politik.

“Mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima saya. Itu saja, tanpa alasan. Mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 16.00 WIB ke Jakarta,” kata ustaz Somad.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...