إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزير الشئون الدينية في مؤتمر السلام العالمي: إندونيسيا ستكون مع الشعب الفلسطيني

Bicara di Konferensi Perdamaian Dunia, Menag: Indonesia Bersama Rakyat Palestina

0 453

 

أبو ظبي، اندونيسيا اليوم – أصبح وزير شئون الدينية لقمان حكيم سيف الدين أحد المتحدثين في المؤتمر الدولي في أبو ظبي بدولة الإمارات العربية المتحدة.

وقد تم تنظيم المؤتمر من قبل منتدى السلم في المجتمعات المسلمة (منتدى لتعزيز ثقافة السلام في المجتمعات المسلمة) مع موضوع السلام العالمي والاسلاموفوبيليا.

وقد أكد وزير الشئون الدينية أمام المشاركين في المؤتمر من مختلف البلدان، أن موقف إندونيسيا بشأن اعتراف الرئيس الأمريكي دونالد ترامب بأن القدس عاصمة لإسرائيل. وقال الوزير إن إندونيسيا ستكون مع الشعب الفلسطينى من أجل الحصول على حقوقهم.

وأضاف في أبو ظبي يوم الاثنين (11/12): “إن الحكومة الاندونيسية، كما قال الرئيس جوكو ويدودو، في الخميس 8 ديسمبر، تنتقد بشدة على الادعاء من طرف واحد وهي الولايات المتحدة، وطلب من الولايات المتحدة إعادة النظر في ذلك “.

ويرى وزير الشئون الدينية أن حكومة إندونيسيا ترى أن هذا الاعتراف قد انتهك مختلف قرارات مجلس الأمن والجمعية العامة للأمم المتحدة على الرغم من أن الولايات المتحدة عضوا دائما فيها ويمكن أن تفسد استقرار الأمن العالمي.

وأضاف: “إن شعب إندونيسيا لايزال يعتمد على مواصلة العمل مع الشعب الفلسطينى في المقاومة من أجل استقلاله والحصول على كافة وفقا لمقدمة دستور إندونيسيا عام 1945”.

وهو يرى أنه من الصعب أن يتحقق الأمن والسلام في ظل الظلم والهيمنة القوية على الضعفاء. كما أن حملة مكافحة الإرهاب العالمي لن تكون مثمرة إذا استمر العالم ترك عملية الإرهاب من بلد ما ضد سكان منطقة مشروعة.

وتابع: “لقد تواصلت إندونيسيا مع أعضاء من منظمة المؤتمر الإسلامي (OKI)، وحثت منظمة المؤتمر الإسلامي على عقد جلسة طارئة حول الاعتراف من جانب الولايات المتحدة ، وطلب من الأمم المتحدة عقد الجلسة فورا لتناقش موضوع الاعتراف من جانب الولايات المتحدة”.

وباسم حكومة إندونيسيا، أعرب وزير شئون الدينية لحكومة الإمارات العربية المتحدة التي يسرت عقد المؤتمر بشأن السلام العالمي وظاهرة الإسلاموفوبيا. وهذا المؤتمر هو أحد الخطوات الاستراتيجية لمواصلة تعزيز ثقافة السلام وسط أزمات مختلفة في المجتمع الإسلامي في مختلف أنحاء العالم.

وجدير بالذكر أن هذا المؤتمر الدولي سيعقد على مدى ثلاثة أيام، 11-13 ديسمبر 2017. وقد حضره عدد من العلماء والخبراء من مختلف البلدان ليكونوا متحدثين في هذا المؤتمر منهم : محمد بن عبد الكريم العيسى من رابطة العالم الإسلامي، وأحمد توفيق وزير الأوقاف المغرب ، وعباس شومان من جامعة الأزهر مصر، وسردار محمد يوسف وزير الأوقاف باكستان.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: وزارة الشؤون الدينية

Abu Dhabi, Indonesiaalyoum.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjadi salah satu pembicara pada Konferensi Internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Konferensi ini diselenggarakan oleh Muntada Ta`ziiz al-Silm fi al-Mujtama`aat al-Muslimah (Forum untuk Mempromosikan Budaya Damai di tengah Masyarakat Muslim) dengan tema Perdamaian Dunia dan Islamphobia.

Di hadapan peserta konferensi yang berasal dari berbagai negara, Menag menegaskan sikap Indonesia terkait pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang Yerusalem sebagai ibukota Israel. Menurut Menag, Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan hak-haknya.

“Pemerintah Indonesia, seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, pada Kamis, 8 Desember, mengecam keras pengakuan sepihak AS tersebut dan meminta AS mempertimbangkan kembali keputusan tersebut,” tegas Menag di Abu Dhabi, Senin (11/12).

Menurut Menag, Pemerintah Indonesia berpandangan bahwa pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya serta bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

“Rakyat Indonesia tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945,” jelasnya.

Menurutnya, keamanan dan kedamaian sulit terwujud di tengah ketidakadilan dan dominasi serta hegemoni yang kuat terhadap yang lemah. Kampanye memerangi terorisme global juga tidak akan membuahkan hasil jika dunia tetap membiarkan terjadinya teror oleh sebuah negara terhadap penduduk pemilik sebuah wilayah yang sah.

“Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan mendorong OKI untuk mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama, serta meminta PBB untuk segera bersidang menyikapi pengakuan sepihak AS,” sambungnya.

Atas nama Pemerintah Indonesia, Menag mengapresiasi Pemerintah Uni Emirat Arab yang memfasilitasi penyelenggaraan konferensi tentang Perdamaian Dunia dan fenomena Islamophobia. Konferensi ini menjadi salah satu langkah strategis untuk terus mempromosikan budaya damai di tengah berbagai krisis yang melanda masyarakat Muslim di berbagai belahan dunia.

Konferensi internasional ini akan berlangsung selama tiga hari, 11 – 13 Desember 2017. Sejumlah ulama dan pakar dari berbagai negara hadir untuk menjadi pembicara, antara lai: Muhammad bin Abdul Karim Al-Isa dari Rabithah A’lam Al Islami, Ahmad Taufiq Menteri Wakaf Maroko, ‘Abbas Syauman dari Universitas Al Azhar Mesir, serta Sardar Muhammad Yusuf Menteri Wakaf Pakistan.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: Kemenag

 

تعليقات
Loading...
Click Me