إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزير خارجية سنغافورة ذهب إلى كوريا الشمالية قبل اجتماع ترامب – كيم

Menlu Singapura ke Korut jelang pertemuan Trump-Kim

- الإعلانات -

0 198

سنغافورة، إندونيسيا اليوم – قالت حكومة سنغافورة أن وزير خارجية سنغافورة فيفيان بالاكريشنان من المقرر أن يصل إلى بيونغ يانغ يوم الخميس  قبل بضعة أيام من استضافة اللقاء التاريخي بين رئيس الولايات المتحدة الأمريكية دونالد ترامب والزعيم الكوري الشمالي كيم جونغ أون.

إن بالاكريشنان الذي زار واشنطن من قبل من هذا الأسبوع، سيلتقي مع وزير خارجية كوريا الشمالية ري يونغ هو، ورئيس مجلس الشعب كيم يونغ نام في زيارة تستمر يومين، حسب بيان الحكومة السنغافورية.

ومن المقرر أن يعقد أول اجتماع بين دونالد ترامب رئيس الولايات المتحدة وزعيم كوريا الشمالية كيم جونغ أون وكبار قادة البلدين في سنغافورة يوم الثلاثاء الأسبوع القادم.

وقال: “كل ما نتمنى جميعا من هذا اللقاء واضح جدا، منها خفض تصعيد التوتر، وتحسين آفاق السلام، وبالنسبة للكوريين الشماليين أنفسهم من أجل تحسين مستقبل التنمية الاقتصادية”، كما قال بالاكريشنان لصحيفة ستايتس تايمز إشارة إلى اجتماع قادة البلدين في 12 يونيو.

وقال: “لا أعتقد أن اجتماع الأسبوع المقبل في سنغافورة سوف يكون قادرا على حل جميع المشاكل في شبه الجزيرة الكورية”.

ووافقت الولايات المتحدة وكوريا الشمالية على استضافة سنغافورة لاجتماع تاريخي ثان للزعماء الشهر الماضي. وقال البيت الأبيض إنه اختار سنغافورة لأنها يمكن أن تكون أكثر أمنا لكلا الزعيمين ويمكن أن يكون مكانًا محايدًا.

وقال بالاكريشنان أيضا إن الولايات المتحدة طلبت من سنغافورة استضافة الاجتماع التاريخي.

لدى سنغافورة علاقات دبلوماسية رسمية مع كوريا الشمالية والولايات المتحدة.

والمدينة في سنغافورة في جنوب شرق آسيا أيضا هي مقر إقليمي للعديد من الشركات متعددة الجنسيات من الولايات المتحدة وغيرها والسفن المملوكة من قبل البحرية الأمريكية تستخدم مرافق الميناء هناك.

وفي العام الماضي علقت سنغافورة العلاقات التجارية مع كوريا الشمالية في أعقاب تشديد عقوبات الأمم المتحدة على البرنامج النووي للبلاد، لكن كوريا الشمالية لا تزال تفتح سفارة صغيرة في سنغافورة.

في عام  2008، أرسلت سنغافورة جورج يو الذي كان يشغل بعد ذلك منصب وزير الخارجية في زيارة رسمية لكوريا الشمالية. في رحلته، زار منطقة ميناء نامبو وكايسونج الصناعية، وفقا لمراسلة رويترز.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر  | المصدر: وكالة أنتارا


Singapura, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dijadwalkan tiba di Pyongyang pada Kamis, kata pemerintah Singapura beberapa hari sebelum menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Balakrishnan, yang mengunjungi Washington awal pekan ini, akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho, dan kepala Dewan Rakyat Kim Yong Nam dalam lawatan yang akan berlangsung dua hari tersebut menurut pernyataan pemerintah Singapura.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dijadwalkan menggelar pertemuan pertama antara pemimpin tertinggi kedua negara di Singapura pada Selasa pekan depan.

“Apa yang kita semua harapkan dalam pertemuan ini sangat jelas, yaitu menurunnya eskalasi ketegangan, meningkatkan prospek perdamaian, dan bagi warga Korea Utara sendiri untuk memperbaiki masa depan pembangunan ekonomi mereka,” kata Balakrishnan kepada surat kabar Staits Times merujuk pada pertemuan pemimpin kedua negara pada 12 Juni.

“Saya tidak berpikir bahwa satu pertemuan pekan depan di Singapura akan bisa menyelesaikan semua persoalan di semenanjung Korea,” kata dia.

Amerika Serikat dan Korea Utara menyepakati Singapura sebagai tuan rumah pertemuan bersejarah kedua pemimpin bulan lalu. Gedung Putih mengatakan mereka memilih Singapura karena dinilai bisa memastikan keamanan bagi kedua belah pemimpin dan bisa menjadi tempat yang netral.

Balakrishnan juga mengatakan bahwa Amerika Serikat yang meminta Singapura menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah tersebut.

Singapura mempunyai hubungan diplomatik resmi dengan Korea Utara dan Amerika Serikat.

Negara-kota di kawasan Asia Tenggara itu juga menjadi tempat kantor pusat regional bagi berbagai perusahaan multinasional Amerika Serikat dan kapal-kapal milik angkatan laut Amerika Serikat menggunakan fasilitas pelabuhan di sana.

Singapura tahun lalu sempat menangguhkan hubungan perdagangan dengan Korea Utara menyusul pengetatan sanksi PBB terkait program nuklir negara itu, namun Korea Utara masih membuka kantor kedutaan kecil di Singapura.

Tahun 2008, Singapura mengirim George Yeo yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri untuk melakukan kunjungan resmi ke Korea Utara. Dalam lawatannya, dia sempat mengunjungi Pelabuhan Nampo dan zona industri Kaesong, demikian menurut siaran kantor berita Reuters.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr| Sumber: Antaranews

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me