وفاة 22 شخص في فيضانات سولاويسي

Korban Meninggal Dunia Bencana Sulsel Jadi 22 Orang

0 794

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تم الإبلاغ عن وفاة 18 شخص نتيجة للفيضانات و الانهيارات الطينية في سولاويسي الجنوبية

أكد رئيس شرطة مانوجو بجوا أكد على اكتشاف خمسة جثث كانت قد دفنت في الطين في قرية باتاليكانغ. الجثث الخمس هي من جملة 22 شخص كانوا في عداد المفقودين، و مازال بقيتهم مدفونين في الطين.

قال رئيس الشرطة: “السبعة عشر شخصًا الباقين سيتم إنتشال جثثهم غدًا.” الأربعاء 23/1.

أما السيدة التي انتشرت صورتها على وسائل التواصل الاجتماعي و هي تحتضن حفيدتها و تحاول النجاة من الغرق بالتمسك بإحدى الأشجار، فقد تم حملها إلى المستشفي و تلقت الرعاية الطبية و لكن لم تصمد طويلاً و فارقت الحياة. بينما ذكرت الأخبار أن حفيدتها قد نجت.

وقد بلغ عدد المتأثرين بهذه الكارثة الطبيعية في عشرة مدن حوالي 5825 شخص، و 3914 رب أسرة. و مازالت أعداد النازحين في ازدياد مستمر، إلا أن التقديرات تقدر عددهم بسبعة آلاف شخص.

وصل عدد المنازل و المباني التي غرقت مياة الفيضان الراكدة حوالي 2100 مبني. و قد جرف تيار المياء 32 منزل عن موقعه. بالإضافة إلى 30930 هكتار من الأراضي الزراعية التي جرفت و فسدت زراعتها. و 12 مدرسة قد دمرتها المياة. كما دمرت الفيضانات تسعة كباري و سوقين شعبيين.

أمام بالنسبة لمياة سد بيلي بيلي فهي في انخفاض مستمر. و قد قال رئيس وحدة إدارة نهر بومبينان أن حالة السد أصبحت أفضل، بعد أن كان في حالة خطرة بسبب ارتفاع مستوى المياه فيه. فقد وصل ارتفاع المياه إلى 101.87 متر، و الآن قد انخفضت إلى 99.99 متر.

إذا انخفض مستوى المياه في السد إلى 99.50 فسيكون السد في وضع المراقبة، بينما هو الآن في وضع الاستعداد. ثم بعد ذلك سيعود للوضع الطبيعي بالتدريج مع استمرار انخفاض مستوى المياه.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر:سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 18 orang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana banjir dan tanah longsor di Sulawesi Selatan. 13 diantaranya berasal dari Kabupaten Gowa.

Kapolsek Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, Iptu Kasmawati mengkonfirmasi bahwa sudah ditemukan lima korban tertimbun longsor di Desa Pattallikang dari 22 korban yang dinyatakan hilang dan masih tertimbun longsoran.

“Sisa 17 orang yang akan dievakuasi besok,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (23/1).

Sedangkan satu korban baru dari Gowa adalah Nur Janna Djalil. Ibu yang fotonya sempat viral di sosial media berpelukan di sebatang pohon bersama cucunya. Ia meninggal di Rumah Sakit Syeh Yusuf Gowa setelah mendapat perawatan medis. Sementara cucunya dilaporkan selamat.

Total korban yang terdampak bencana di 10 kabupaten/kota mencapai 5.825 orang dan 3.914 kepala keluarga. Jumlah pengungsi terus bertambah dari waktu ke waktu. Namun diperkirakan mencapai 7 ribu orang.

Untuk rumah dan bangunan yang tergenang banjir sebanyak 2.100 unit. 32 diantaranya hanyut terbawa air. Ada 30.930 hektare sawah gagal panen dan 12 sekolah yang rusak. 9 jembatan dan 2 pasar tradisional serta 3 fasilitas pemerintah.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, Syamsibar menyebut ada 9 korban jiwa satunya dari Jeneponto. Tapi perkembangan terbaru dari Gowa, Jeneponto dan Maros total seluruh korban menjadi 22 orang dan kemungkinan akan terus bertambah. Satu orang korban lainnya dari Pangkep.

Sedangkan untuk status air di Bendungan Bili-bili terus menunjukkan penurunan. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Teuku Iskandar mengatakan debit air menurun dari status siaga menjadi waspada. Sebelumnya debit air sempat mencapai 101.87 meter, kini tinggal 99.99 meter.

Jika debit airnya menurun hingga 99.50 statusnya akan berubah jadi pemantauan. Lalu beransur jadi normal setelahnya.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...