وفقًا لآخر التحديثات، أعداد ضحايا تسونامي لا تتوقف عن التضاعف

Update Jumlah Korban Tsunami Selat Sunda: 373 Tewas, 1.459 Luka-luka

0 430

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عدد ضحايا تسونامي مضيق سوندا، الذي ضرب لامبونج و بانتين بإندونيسيا، يواصل الارتفاع ليصل إلى 373 قتيل. بالإضافة إلى 1459 جريح.

صرح سوتوبو ببوروو، رئيس مركز المعلومات و العلاقات العامة بالهيئة الإندونيسية لمكافحة الكوارث، الإثنين 24/12: “تشير البيانات التي تم جمعها حتى الآن الإثنين 24/12، الساعة الخامسة عصرًا، إلى أن عدد ضحايا كارثة التسونامي التي ضربت مضيق سوندا قد وصلت إلى 373 قتيل، و 1459 جريح، بالإضافة إلى 128 في عداد المفقودين. كما نزح 5665 شخص.”

هذا بالإضافة للأضرار المادية التي تسببت بها الكارثة. و التي شملت تدمير 681 منزل، و 69 فندق و فيلا قد طالتهم أضرار جسيمة. كذلك تهشمت 420 سفينة و قارب. كما صرح سوتوبو بأن الفرق المشاركة مازالت تجري عملية البحث و الإنقاذ و الإخلاء كذلك.

أضاف سوتوبو: “فرق هيئة البحث و الإنقاذ مازالت تبحث عن الضحايا و المصابين. و كذلك تجري عمليات إجلاء في جميع الأنحاء المتضررة من التسونامي. كان من الصعب الوصول لبعض المناطق بسبب إغلاق الطرق بالركام الذي حمله المد، و البعض من هذه المناطق قد وصلته الفرق المتخصصة و المعدات الثقيلة.”

كما ذكر سوتو بأن فرق الاستجابة للطوارئ تركز جهودها على البحث عن الضحايا و المصابين لإنقاذهم، و كذلك إصلاح المرافق العامة و البنية التحتية. فما تزال الكهرباء مقطوعة في بعض المناطق، و تجري حاليًا عمليات الإصلاح بالشبكة من قبل شركة الكهرباء

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Korban tewas akibat tsunami Selat Sunda yang melanda Banten dan Lampung berjumlah 373 orang. Selain itu, ada 1.459 orang yang mengalami luka-luka.

“Data sementara dampak bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda hingga Senin (24/12/2018) pukul 17.00 WIB, tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Senin (24/12/2018).

Kemudian, ada juga kerugian fisik akibat tsunami yang meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan vila rusak, serta 420 unit perahu dan kapal rusak. Dia mengatakan saat ini tim gabungan terus melakukan penyisiran dan evakuasi terhadap korban.

“Tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban bencana tsunami di sepanjang daerah terdampak landaan tsunami di Selat Sunda. Beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau karena akses jalan rusak dan tertutup oleh material hanyutan tsunami, sebagian sudah dapat jangkau petugas beserta kendaraan dan alat berat,” tuturnya.

Sutopo menyatakan penanganan darurat terus dilanjutkan dengan fokus pada evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban, hingga perbaikan sarana dan prasarana umum. Menurutnya, saat ini kondisi listrik masih padam sebagian dan sedang dalam pemulihan oleh petugas PLN.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: detik.com

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.