إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وكالة الأرصاد الجوية: لا يوجد ارتفاع ملحوظ في منسوب المياة إثر زلزال سولاويسي

BMKG: Kenaikan Air Laut Tak Signifikan Usai Gempa Sulteng

144

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلنت دويكوريتا كارناواتي –رئيس وكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزيا (BMKG)- أنه لَيس هُناك ارتفاع في منسوب مياة البحر إثر الزلزال الذي حَدث في سولاويسي الوسطى والتي بَلغت قوته 6.8 ريختر. الجمعة، (12/4).

قالت دويكوريتا يوم الجمعة (12/04) في مكتبها بالوكالة: “لا يوجد ارتفاع ملحوظ في منسوب المياة، ولا يوجد شئ يدعوا للقلق”.

وبناء على ذلك، فإن الإنذار بوجود موجات تسونامي التي أعلنت قد أعلنت عنه الهيئة الساعة 19.47 قد انتهى.

وأكدت دويكوريتا أيضًا على أنه حتى الساعة 21:00 لا يوجد أي تقرير عن الخسائر التي وَقعت في منطقة سولاويسي الوسطى إثر الزلزال.

قالت: “تواصلنا مع العاملين في الوكالة في منقطة الحادِث، ولم تَرد أي تقراير بعد عن الخسائر، في حين أن بعض المواطنيين قد كَتبوا على مواقع التواصل الإجتماعي أنه هناك بعض الخسائر”.

أعلنت ديويكتوريتا عن أسماء المدن التي تضررت من الزِلزال الذي حَدث في الساعة 18:40 بكثافة IV MMI، ألا وهم بوسو وبول وموروواري وبانجي وبالو

بينما كان الزِلزال في كولاكا وتولي تولي بكثافة III-IV MMI، في حين أنه كان في سومالاتا وكوتا موباجو وبالوبو وكولاكا وماكاسار وكيبولوان كوناوي كان الزِلزال بكثافة III MMI.

ضَرب هذا الزلزال منطقة بانجي كيبولوان في سولاويسي الوسطى يوم الجمعة (12/04) حوالي الساعة 18:40 بقوة تُقدر بمقياس الريختر أنها 6.8.

أعلنت الوكالة (BMKG) أن مَركز الزلزال يَبعد 85 كيلومتر عن دايا بانجي كيبولوان، وأنه يَقع على جنوب خَط عرض 1.90 وخط طول 122.54 شرقًا.

كَان مِن المُتوقع أن يتسبب الزلزال في موجة تسونامي في المَنطقة، ومع ذلك فإن التحذير التي أطلقته الوكالة الساعة 19:47 قد انتهى.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة سي إن إن الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan tidak ada kenaikan muka air laut yang signifikan usai gempa 6,8 skala Richter mengguncang Sulawesi Tengah, Jumat (12/4).

“Tidak menunjukkan kenaikan air laut yang signifikan, tidak menunjukkan hal yang mengkhawatirkan,” kata Dwikorita di Kantor BMKG, Jumat (12/3).

Atas dasar itu, kata Dwikorita, BMKG pada pukul 19.47 WIB menyatakan peringatan dini tsunami berakhir.

Dwikorita juga menyampaikan bahwa hingga pukul 21.00 WIB, belum ada laporan kerusakan akibat gempa di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tenggah, tersebut.

“Sejak pukul 21.00 WIB, kami cek ke petugas di lapangan belum ada laporan, di sosmed bahwa ada kerusakan,” ujarnya.

Dwikorita menuturkan gempa bumi yang terjadi pada pukul 18.40 WIB itu dirasakan di sejumlah wilayah, di antaranya Poso, Buol, Morowali, Banggai, dan Palu dengan intensitas IV MMI.

Di Kolaka Utara dan Toli-toli gempa dirasakan dengan intensitas III-IV MMI. Sementara itu, di Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar, dan Kepulauan Konawe gempa dirasakan dengan intensitas guncangan III MMI.

Gempa tersebut mengguncang wilayah Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4) sekitar pukul 18.40 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,8.

BMKG mencatat pusat gempa berada 85 km barat daya Banggai Kepulauan. Gempa berlokasi 1.90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur.

Gempa diperkirakan bisa memicu tsunami. Namun, pada pukul 19.47 WIB, BMKG menyatakan peringatan dini tsunami telah berakhir

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: cnnindonesia

(18)

تعليقات
Loading...
Click Me