أربع طرائق سهلة لتنظيف الأذنين بدون قطعة القطن

Empat Cara Mudah Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

0 739

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – استعمل بعض الناس قطعة قطن (cotton bud) لتنظيف الأذنين ويعتقدون بأنها تنظّف كل القاذورات في الأذنين. ومع الأسف الشديد فقد أدخل بعض الناس قطعة قطن أحيانا إلى طبلة الأذنين مما يؤدي إلى مخاطر سيئة.

وقد قال الأطباء إن تنظيف الأذنين بقطعة قطن يسبب مشكلات السمع لأن طرف القطن يدفع بالقاذورات إلى طبلة الأذنين وإن حدث هذا سيفسد الأذنين وطبلتها. ثم لا تهتزّ طبلة الأذنين جيدا مما تسبب مشكلات السمع.

فعليك الحذر وتجنب تنظيف الأذنين بقطعة قطن وحاول استبدالها بطرائق أخرى كما نقل موقع بلد سكي Boldsky :

1. زيت الزيتون وجوز الهند

صبّ زيت الزيتون في الملعقة وسخنه بالشمعة وبعد أن يرتفع درجة حرارته، ضع القطن النظيف فيه. واضغطه وضعه في الأذن حوالي خمس عشرة دقيقة. ثم امسح الأذن بالقطن حتى ينظّفها. كرّر هذه الطريقة إن لم تخرج كل القاذورات منها.

2. زيت الطفل

زيت الطفل ناعم وخفيف ويستعمل لكل أنواع الجلد. استعمل بعض القطرات في الأذن ثم امسحه بالقطن النظيف لإزالة القاذورات.

3. الخلّ

مزج الخلّ بالكحول ثم رشّ ذلك المزيج في الأذن. ثم خذ القطن النظيف وامسح شحمة أذنيك بلطف.

4. محلول ملحي

أذب الملح بالمياه الدافئة ثم استعمل بعض القطرات منه إلى الأذن بإمالة الرأس قليلا. وليعد رأسك على وضع مستقيم بعد أن يدخل السائل إلى الأذن وغطّه بالقطن. ثم امسح الأذن بالقطن وكرّر ذلك حتى تخرج القاذورات كلها.

المترجم : صلة رحمة الله محبوب | المحرر : فارس البدر | المصدر: سيندو نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Untuk membersihkan telinga, sejumlah orang kerap menggunakan cotton bud atau korek kuping. Alat ini dipercaya bisa mengangkat semua kotoran yang terdapat dalam telinga. Sayangnya, ada risiko buruk jika menggunakan korek kuping. Apalagi jika Anda memasukkan korek kuping terlalu dalam.

Para dokter mengatakan, membersihkan telinga dengan korek kuping bisa menimbulkan masalah pendengaran. Hal ini disebabkan bagian ujung cutton bud yang berupa kapas bisa mendorong lilin atau serumen (kotoran telinga) hingga ke gendang telinga. Akibatnya, lilin yang terdorong terlalu dalam akan merusak telinga dan gedang telinga.

Gendang telinga pun tidak bergetar dengan baik dan memicu masalah pendengaran. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membersihkan telinga menggunakan cutton bud. Sebagai gantinya Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini seperti dilansir dari Boldsky.

1. Minyak zaitun dan kelapa
Caranya, tuangkan minyak zaitun ke sendok kemudian panaskan dengan api lilin. Setelah suhu minyak naik dan cukup hangat, celupkan kapas bersih. Peras kapas lalu tempelkan ke telinga selama 15 menit. Selanjutnya usap telinga dengan kapas tersebut sampai bersih. Ulangi cara ini jika kotorannya belum terangkat semuanya.

2. Baby oil
Baby oil memiliki tekstur lembut dan ringan yang cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Caranya cukup teteskan baby oil ke telinga, lalu usap telinga dengan kapas bersih untuk mengangkat kotoran.

3. Cuka
Campurkan cuka dan alkohol hingga merata. Selanjutnya, semprotnya campuran tersebut ke dalam telinga. Ambil kapas bersih dan usap dengan lembut daun telinga Anda.

4. Air garam
Larutkan garam dengan air hangat. Selanjutnya, teteskan larutan tersebut ke telinga sambil memiringkan kepala. Kembalikan kepala ke posisi tegak setelah cairan masuk ke telinga dan sumbat dengan kapas. Terakhir, usap telinga dengan kapas tersebut dan ulangi hingga seluruh kotoran terangkat.

Penerjemah: Cella | Editor: Fares alBadr | Sumber: Sindonews.com

تعليقات
Loading...