البيت التقليدي بولون، تراث قبيلة باتاك توبا

Warisan Adat Batak Toba Samosir, Rumah Bolon

0 871

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – بحيرة توبا التي  تقع في منطقة ساموسير من أكبر البحيرات في إندونيسيا , لا تكتمل الإجازة بمجرد زيارة البحيرة فحسب , فينبغي لزائري البحيرة أن يدخلوا إلى متحف هوتا بولون سيمانيندو الموجود في جزيرة ساموسير جوف البحيرة  يحتفظ المتحف بالعديد من  الموروثات التقليدية من قبيلة باتاك منها دمية سيجالي جالي.

جزيرة ساموسير هي واحدة من الجزر الموجودة داخل البحيرة , وهي من أكبر  الجزر البركانية فيها وهي مشهورة عند السياح لوجود مواضع سياحية ومناظر جميلة حتى الآثار التاريخية محفوظة فيها .

ومن تلك المواضع السياحية: متحف هوتا بولون سيمانيندو . فموقع المتحف ليس بعيدا عن ميناء  سيمانيندو في جزيرة ساموسير .

قبل أن يكون متحفا كان الملك سيداوروك ( الملك في تلك المنطقة ) يتخذه بيتا تقليديا , ثم صار متحفا منذ سنة  1969م.

وزيارته مسموحة لكافة الناس. يفتح المتحف يوميا من التاسعة صباحا إلى الخامسة مساء.

من حيث شكل البناء فمتحف هوتا بني عل شكل بيت تقليدي لقبيلة باتاك توبا ويسمى  ب ” بيت بولون ” و بيت بولون بزينته الخاصة لقبيلة باتاك يعطي أثرا خاصا لأبنية بناءه .

تحتفظ  كثير من منوعات آثار سالفي القبيلة داخل المتحف مثل : الأدوات التي تتطلبها لإقامة حياتهم ,  ويسمونها عندهم ب “فارهلا آن” و “فوستاها لاك لاك” و “تونجال فانالوان” و “سالو بولون” .

ومما يميز المتحف وجود أنواع من البيوت التقليدية لقبيلة باتاك توبا باشكالها الخصة . وقد قيل أن عمر تلك البيوت بلغ مئات سنين.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر    : فارس البدر | المصدر: ديتيك

Medan, Indonesiaalyoum.com – Liburan ke Danau Toba rasanya tak lengkap tanpa ke Museum Huta Bolon Simanindo. Di dalam museum ada banyak awrisan adat batak sampai boneka sigale-gale.

Pulau Samosir adalah salah satu pulau yang ada di dalam Danau Toba. Pulau vulkanik terbesar di Danau Toba ini cukup terkenal di kalangan traveler karena memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik, mulai dari pesona alamn hingga berbagai peninggalan bersejarah.

Salah satu objek wisata sejarah di Pulau Samosir adalah Museum Huta Bolon Simanindo. Museum ini berada di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Letak museum ini tidak seberapa juah dari Pelabuhan Simanindo, salah satu pelabuhan di Pulau Samosir, sehingga cukup mudah untuk dikunjungi

Museum Huta Bolon Simanindo ini merupakan rumah adat warisan dari Raja Sidauruk dan sejak tahun 1969 telah dijadikan sebagai museum terbuka yang bebas untuk dikunjungi wisatawan. Museum ini dibuka setiap hari sejak pukul sembilan pagi hingga pukul lima sore.

Bentuk bangunan museumnya sendiri berupa Rumah Adat Batak Toba yang disebut Rumah Bolon dengan berbagai ornamen-ornamen khas Batak klasik yang pastinya memberikan kesan eksotis pada arsitektur bangunannya.

Di dalam bangunan museumnya tersimpan berbagai koleksi dari peninggalan leluhur orang Batak. Seperti parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, solu bolon, berbagai alat-alat yang menunjang kehidupan masyarakat di masa lalu hingga berbagai benda yang menjadi pelengkap kegiatan adat.

Di dalam komplek museum ini juga terdapat beberapa Rumah Adat Batak Toba dengan arsitekturnya yang khas. Sayangnya saat saya berkunjung, rumah adat ini sedang dalam masa renovasi, karena rumah-rumah adat di sini konon berusia ratusan tahun. Selain itu di sini juga terdapat atraksi wisata berupa menortor bersama Boneka Sigale-Gale.

Penerjemah: Maya | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik 

تعليقات
Loading...