تريد أن تعرف تاريخ بورنيو( كاليمانتان ) ؟ تعال إلى هذا المكان

Ingin Tahu Sejarah Kalimantan ? Datang Kesini Saja

0 551

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قاعة الآثار بانجارماسين هي قاعة أثرية مع مناطق العمل في جميع أنحاء كاليمانتان . جميع المعلومات حول إقليم كاليمانتان بأكمله موجودة هنا.
عند القدوم إلى هذه القاعة ، سنحصل على معلومات أثرية واسعة. هناك العديد من الأشياء التاريخية المعروضة في هذه الآثار. أيضا الملصقات والمكتبات. لأولئك الذين يهتمون بالتاريخ وعلم الآثار في هذه القاعة موصى به للغاية .
بالنسبة لأولئك الذين  يزورون أو سوف يزورون بانجاربارو وجنوب كاليمانتان والمتحمسين للتاريخ ، يمكنهم تحديد موعد لزيارة قاعة الآثار في بانجارماسين.


على الرغم من أن هناك زخرفة  بانجارماسين ، يقع المركز الأثري في بانجاربارو .إضافة إلى  ذلك ، فإن هذا المركز الأثري لا يحتوى فقط على  بانجارماسين.  أو بانجاربارو  أوكاليمانتان الجنوبية . لكن تكون منطقة العمل في هذه القاعة تغطي جميع المقاطعات في كاليمانتان ، وهي كاليمانتان الجنوبية ، وكاليمانتان الشرقية ، ووسط كاليمانتان ، وغرب كاليمانتان ، وكاليمنتان الشمالية.
يكفي أن نأتي لزيارة هذا المكان ، وبالتالي فإن المعلومات التي سنحصل عليها ستكون واسعة للغاية. كل ما يتعلق بكاليمانتان على وجه التقريب !
الحديث عن علم الآثار أمر مثير للاهتمام بالتأكيد. لدينا فضول حول تاريخ المئات من الماضي وحتى عصور ما قبل التاريخ يمكننا الحفر عنها من خلال الاكتشافات الأثرية المختلفة.

أحد الأهداف الأثرية التي تتمثل في النموذج الأثري ، هو تأليف التاريخ الثقافي ، وفهم السلوك البشري ، وكذلك فهم عملية التغيير الثقافي.


بالنسبة لنا عشاق التاريخ ، فإن دراسة علم الآثار مهمة للغاية. الأول هو فهم الحكمة المحلية للمنطقة. هذا مهم جدا. وزيارة هذه القاعة يمكن تشبع فضولنا الصغير.  في هذه القاعة ، يمكننا الحصول على المعلومات على الأقل من خلال ثلاثة مصادر ، وهي:
1. عرض الأشياء الأثرية والملصقات المختلفة
يوجد في هذه القاعة الأثرية عدة عروض للأشياء التاريخية. مجهزة بالكتابة القليلة تحتوي على وصف الكائنات المعروضة. بالإضافة إلى ذلك ، هناك بعض الملصقات التي تحتوي على صور وتعليقاتها. 2.  المكتبة
التواجد في مكتبة القاعة الأثرية مثير للاهتمام. مواضيع الكتاب محددة جدا. ويختلف الحال إذا كنا في المكتبة العامة.، إضافة إلى ذلك ، يمكننا الوصول إلى العديد من المنشورات العلمية. الرائعة جدا. هذا المنشور هو نتيجة لبحث علماء الآثار في قاعة الآثار بانجارماسين.
3.  باحث اثار
و أخيرا بالطبع علماء الآثار. الحصول على مصدر للباحث وعلم الآثار هي معلومات خاصة جدا. ويمكننا استكشافها بسرعة من خلال المقابلات. وهي أكثر متعة من البحث في الانترنيت . وهذا هو واحد من الاختلافات بين قاعة الآثار والمتحف. في قاعة الآثار يمكننا مقابلة علماء الآثار.

 

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com –Jakarta – Balai Arkeologi Banjarmasin adalah balai arkeologi dengan wilayah kerja seluruh Kalimantan. Segala informasi mengenai seluruh wilayah Kalimantan ada di sini. Yuk!

Datang ke balai ini kita akan mendapatkan informasi arkeologi yang luas. Terdapat beberapa benda sejarah yang dipajang di arkeologi ini. Juga poster dan perpustakaan. Bagi anda peminat sejarah dan arkeologi balai ini sangat direkomendasikan.

Bagi Anda yang sedang atau akan berkunjung ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dan peminat sejarah Anda bisa mengagendakan berkunjung ke Balai Arkeologi Banjarmasin.

Meski ada embel-embel Banjarmasin, balai arkeologi ini berada di Banjarbaru. Lebih dari sekadar itu, balai arkeologi ini wilayah kerjanya bukan hanya Banjarmasin, Banjarbaru, atau Kalimantan Selatan. Tetapi wilayah kerja balai ini meliputi seluruh provinsi yang ada di Kalimantan, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.

Cukuplah bagi kita untuk datang berkunjung ke tempat ini maka informasi yang akan kita dapat akan sangat luas. Hampir seluruh Kalimantan!

Berbicara tentang arkeologi tentu sangat menarik. Keingintahuan kita terhadap sejarah ratusan silam bahkan masa prasejarah bisa kita gali melalui berbagai temuan arkeologi.

Salah satu tujuan arkeologi di antaranya adalah paradigma arkeologi, yaitu menyusun sejarah kebudayaan, memahami perilaku manusia, serta mengerti proses perubahan budaya. Bagi kita peminat sejarah, mempelajari arkeologi sangat penting. Salah satunya adalah memahami kearifan lokal suatu daerah. Ini penting sekali. Dan mengunjungi balai ini dahaga keingintahuannya sedikit bisa dipenuhi.

Di balai ini kita bisa mendapatkan informasi setidaknya melalui tiga sumber, yaitu:

  1. Displai benda arkeologi dan beragam poster
    Di balai arkeologi ada beberapa displai benda-benda sejarah. Dilengkapi dengan sedikit tulisan berisi keterangan benda yang dipajang. Selain itu juga ada beberapa poster berisi foto beserta caption-nya.
  2. Perpustakaan
    Berada di perpustakaan balai arkeologi cukup menarik. Tema-tema buku yang ada sangat spesifik. Sangat berbeda kalau kita sedang berada di perpustakaan umum. Selain itu juga kita bisa mengakses berbagai publikasi ilmiah. Keren sekali. Publikasi ini adalah hasil penelitian para arkeolog di Balai Arkeologi Banjarmasin.
  3. Arkeolog peneliti
    Terakhir tentu saja arkeolog. Mendapat sumber seorang peneliti yang sekaligus arkeolog sangat istimewa. Kita bisa mengeksplor dengan cepat melalui wawancara. Lebih mengasyikan ketimbang googling. Inilah salah satu perbedaan antara balai arkeologi dengan museum. Di balai arkeologi kita bisa menemui arkeolog.

 

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...