تعرف على رفيدة فرنادة الممثلة لاسم إندونيسيا في الساحة الدولية في مجال القرآن الكريم

Mengenal Rifdah Farnidah yang harumkan nama Indonesia di kancah internasional

0 1٬227

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – أثنى حاكم جاكارتا، “أنيس باسويدان” ومدح بشدة عبر Facebook” ” الفتاة المحجبة “رفيدة فرنادة“،

وهي فتاة إندونيسية حافظة للقرآن تحمل اسم إندونيسيا في العالم والمسابقات الدولية، حيث جلبت اسم إندونيسيا إلى المنافسة على المستوى الدولي. فحصلت الفتاة البالغة من العمر 22 عاماً من مدينة سوميدانغ على جائزتين دوليتين لحفظ وتلاوة القرآن الكريم في عمان، الأردن.

قد يهمك: رفدة فرنيدة، حافظة إندونيسية تفوز في مسابقة حفظ القرآن الدولية

وجدير بالذكر انه في المسابقة، تنافس 29 مشاركًا من 28 دولة أخرى أتوا من الدول الآسيوية، وأفريقيا، وأوروبا. وقبل هذا الإنجاز المستحق لها في الأردن، حققت “رفيدة” عدة إنجازات ففازت بالمركز الأول على المستوى الوطني ثلاث مرات بالفعل حيث فازت بالبطولة في غرب كاليمانتان في عام 2012، وكانت الأولي في نوسا تينجارا بارات في عام 2016، وأول بطل على المستوى الوطني في غرب كاليمانتان في عام 2017.

وشاركت في المسابقة كممثل لجاكرتا. ولتكريمها لإنجازاتها، دعا “أنيس باسويدان” “رفيدة” لحضور حفل التكريم في قاعة المدينة (29/3). حيث ستأتي مع والدتها ومعلمتها، الحاجة ” مطمئنة” وهي محاضرة في معهد العلوم القرآنية.

وأضاف أنيس عبر الفيسبوك (30/3): “إن “رفيدة” هي حافز حقيقي”، وأضاف أن “رفيدة” تستطيع نطق أي آيات قرآنية بسلاسة دون فتح المصحف.

كما طلب من “رفيدة” قراءة سورة الحشر الآيات 18-24. فجعل صوتها الرائع للآية من شفتيها الجمهور يبكي دموعا.

Hafidzah mutqin, hafal 30 juz tanpa membuka mushaf

قد يهمك: منع بيع الخضار على الدرجات في مالوكو الشمالية

كما تم تكريم الحاجة “مطمئنة” في الحفل اللاحق الذي حضرته “ريفدة”، حيث كان هناك أيضاً الشيخ “خالد الحمودي”، وهو رجل ديني من مكة. وعلى ما يبدو كان معجبًا بتلاوة الآية الرائعة. كما أنه أعطى تقدير خاص ل “رفيدة”.

واضاف “اننا سوف نسهل تماما مع “رفيدة” ووالديها لإرسالهم للحج وسوف ننتظر ونرحب بهم في مكة المكرمة، حيث أن “رفيدة” والوفد المرافق له سيكونون ضيوف الرحمن، وضيف شرف في عيني المملكة. علاوة على ذلك، قال “الحمودي” إنه لديه ابنتان تحفظان القرآن وأنه يعتبر “رفيدة” ابنته الثالثة. قال: “لقد تبنيت طفلتي الثالثة”.

وفيما يتعلق بإنجازات “رفيدة” الفخرية، يأمل أن يستمر الطلاب في تطوير أنفسهم لتحقيق معرفة أعلى. كما انها لا يجب ان تكون راضية بالبقاء هنا، فعليها الاستمرار في تعلم القرآن لأن القرآن هو محيط واسع جدا.

قد يهمك: مجلس النواب يوافق على بيري وارجيو محافظا لبنك إندونيسيا

المترجم: محمود حسني | المصدر: ميرديكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pujian besar untuk seorang wanita melalui Facebook. Wanita berhijab itu adalah Rifdah Farnidah, seorang hafidzah yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Seperti apa sosoknya?

3 Kali juara pertama MTQ nasional, 1 kali juara kedua MHQ internasional

Rifdah adalah hafidzah yang sudah membawa nama Indonesia ke kompetisi tingkat inernasional. Perempuan 22 tahun asal Sumedang itu baru meraih juara dua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) internasional yang digelar di Amman, Yordania. Dalam kompetisi tersebut, Rifdah bersaing dengan 29 peserta dari 28 negara. Pesertia lainnya berasal dari negara-negara Asia, Afrika, sampai Eropa.

Sebelum meraih kemenangan di Yordania, Rifdah memenangkan MHQ tingkat nasional sebanyak tiga kali. Rifdah sudah juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016, dan juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat pada tahun 2017. Dia berpartisipasi dalam kompetisi sebagai perwakilan Jakarta.

Atas prestasinya yang membanggakan, Anies Baswedan mengundang Rifdah untuk hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota (29/3). Rifdah hadir dengan didampingi ibu dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah. Hj. Mutmainnah adalah dosen di Institut Ilmu Al Quran.

“Rifdah adalah seorang hafidzah yang mutqin,” cerita Anies di Facebook (30/3). Ini berarti Rifdah bisa melafalkan ayat-ayat Alquran yang manapun dengan lancar tanpa membuka mushaf. Hal tersebut dibenarkan oleh Hj. Mutmainnah.

Dalam acara silaturahmi, RIfdah diminta untuk maju membacakan surat Al Hasyr ayat 18-24. Lantunan ayat-ayat yang merdu dari bibirnya membuat para hadirin takzim. Beberapa di antaranya bahkan terlihat meneteskan air mata.

Dihadiahi naik haji dan diangkat anak ulama Makkah

Dalam acara silaturahmi yang dihadiri Rifdah, hadir pula Sheikh Khalid Al-Hamoudi, seorang ulama Makkah. Rupanya beliau kagum dengan lantunan ayat Rifdah. Untuk itu Al-Hamoudi memberikan apresiasi spesial bagi Rifdah.

“Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Makkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya,” ucapnya seperti dilansir Dream.

Lebih jauh, Al-Hamoudi mengatakan bahwa dirinya memiliki dua putri yang juga penghafal Alquran. Pada acara itu dia telah menganggap Rifdah sebagai putri angkatnya. “Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga,” tuturnya.

Mengenai prestasi Rifdah yang membanggakan, Hj. Mutmainnah berharap agar anak didiknya itu terus mengembangkan diri untuk mencapai ilmu yang lebih tinggi.

“Jangan puas sampai di sini saja, pelajari terus Alquran karena samudra Alquran sangat luas. Hafalan Alquran yang mutqin menjadi pintu gerbang untuk mengarungi samudera Alquran,” tuturnya seperti dilansir NU Online. [tsr]

Penerjemah: Mahmoud Hosni | Sumber: Merdeka

 

تعليقات
Loading...