جوكوي يدعي حمله رسالة من زيلينسكي لبوتين، فما محتواها؟

Jokowi Klaim Zelensky Titip Pesan ke Putin, Bagaimana Faktanya?

0 186

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – سُلطت الأضواء مرة أخرى على زيارة الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو إلى روسيا و أوكرانيا.

حيث بدت أوكرانيا منكرة لادعاء الرئيس الإندونيسي، جوكو ويدودو، بأنه قد حُمِّل رسالة من الرئيس الأوكراني، فلاديمير زيلينسكي، لقوم بإبلاغها للرئيس الروسي فلاديمير بوتين.

فكيف بدأت القصة؟

كما نعلم فقد قام الرئيس جوكوي بزيارة لثلاث دول أوروبية في هذا الأسبوع هي ألمانيا وأوكرانيا وروسيا.

جائت زيارة جوكوي لألمانيا تلبية لدعوة حضور قمة مجموعة السبع. لينطلق بعد ذلك إلى أوكرانيا وروسيا لمحاولة تحقيق السلام وإيقاف الحرب بين كييف وموسكو.

وصل جوكوي إلى كييف لمقابلة الرئيس فلاديمير زيلينسكي يوم الأربعاء 29/6. وبعد زيارته للمناطق المنكوبة في أوكرانيا إثر الحرب الدائرة هناك، تم عقد اجتماع ثنائي بين الرئيسين، ثم عقد الرئيسان مؤتمرًا صحفيًا للإجابة عن تساؤلات الصحافة.

في خطابه تحدث جوكوي حول أربع أمور رئيسية، هي: دعوة الرئيس زيلينسكي إلى قمة مجموعة العشرين التي ستقام في بالي بإندونيسيا في نوفمبر المقبل، كما أكد على موقف إندونيسيا من ضرورة الحفاظ على سيادة الدول ووحدة أراضيها، كذلك تحدث عن ضرورة توفير المُؤَّن الغذاية للعالم، وأضاف أن إندونيسيا تشدد على أهمية اللجوء إلى السلم.

قال جوكوي في خطابه: “الأمر الثالث، ولو أن الأمر مازال صعب التحقيق، فإني أشدد على أهمية السلام. روح السلام لا يمكن أن ندعها تختفي”.

وأضاف: “وبهذا الشأن فإني أعرض على الرئيس زيلينسكي أن أحمل رسالته إلى الرئيس الروسي فلاديمير بوتين الذي سأقابله لاحقًا”.

وعلى الرغم من عرض جوكوي، فإن زيلينسكي لم يذكر أي شيء عن بوتين في خطابه، ناهيك عن تحميل جوكوي رسالة إليه.

كما لم يكشف جوكوي عن رد فعل زيلينسكي تجاه عرضه حمل رسالة للرئيس الروسي فلاديمير بوتين.

قال زيلينسكي: “نحن نقدر دعم إندونيسيا لنا، وكذلك نقدر دعمك الشخصي لنا عبر حضوركم إلى هنا في خضم الحرب والقتال من أجل دعم استقلال بلادنا. سنواصل النضال من أجل استقلال شعبنا وبلدنا أوكرانيا في وجه الغزو الروسي”.

في خطابه في الكريملن، ذكر جوكوي أنه أوصل رسالة الرئيس الروسي زيلينسكي إلى الرئيس بوتين.

قال جوكوي أثناء خطابه في الكريملن، واقفًا بجوار الرئيس بوتين: “كما قلت في خطابي في كييف، مازلت أقول وأشدد على أهمية التحرك من أجل إنهاء الصراع والوصول إلى تسوية سلمية وحوار مفتوح”. الجمعة 1/7.

أضاف جوكوي: “لقد أوصاني الرئيس زيلنسكي بإيصال رسالة إلى الرئيس بوتين، وأنا على استعداد لمد جسور التواصل بين الزعيمين”.

في حين لم يذكر الرئيس بوتين شيئًا عما قاله جوكوي عن رسالة زيلينسكي.

كذلك لم يتطرق بوتين في خطابه إلى حديثه مع جوكوي عن الغزو الروسي لأوكرانيا.

“لقد أوضحت للرئيس جوكوي تطورات الوضع في أوكرانيا” هكذا علق بوتين بدون أن يتطرق لغزو بلاده لأوكرانيا في خطابه.

بعد يومين من لقاء بوتين وجوكوي في موسكو، تطرق المتحدث باسم الرئاسة الأوكرانية، سيرهي نيكيفوروف، عن ادعاء الرئيس جوكوي تحميله رسالة من قبل الرئيس زيلينسكي.

قال نيكيفوروف: “إذا كان الرئيس يريد أن يوجه رسالة لأي شخص فإنه يستطيع أن يوجه تلك الرسالة علانيتًا في خطابه اليومي”.

وأضاف أن الرئيس جوكوي ناقش أزمة الغذاء العالمية ونقص إمدادات القمح و الأسمدة مع الرئيس زيلينسكي.

وذلك بسبب قطع روسيا للطرق البحرية أمام السفن الأوكرانية المحملة بالقمح. يذكر أن أوكرانيا تعتبر مصدر أساسي للقمح عالميًا.

صرح نيكيفورف: “إندونيسيا تعتبر من المستوردين الرئيسيين للقمح من أوكرانيا. لذلك كان الحديث بين الرئيسين منصب على الحصار الروسي للموانئ الأوكرانية”.

وأضاف: “روسيا تتحمل المسئولية الكاملة لعرقلتها تصدير القمح إلى إندونيسيا ولعدة دول أخرى. وستكون روسيا المسئول الأول عن أزمة الغذاء العالمية، إلا إن فكت حصارها البحري فورًا عن أوكرانيا. هذا ما دار بالتفصيل بين الرئيس زيلينسكي والرئيس جوكو ويدودو”. نقلاً عن أوكرانسكا برافدا، الأحد 3/7.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lawatan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia pekan ini kembali menjadi sorotan.
Ukraina seakan “membantah” klaim Presiden Joko Widodo yang mengatakan dirinya dititipkan pesan oleh Presiden Volodymyr Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Seperti yang telah diketahui, Presiden Jokowi melakukan safari ke tiga negara Eropa dalam sepekan terakhir yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.

Di Jerman, Jokowi memenuhi undangan menghadiri pertemuan puncak (KTT) G7. Selepas itu, Jokowi bertolak ke Ukraina dan Rusia untuk membawa misi perdamaian demi mendorong Kyiv-Moskow mengakhiri peperangan.

Jokowi pun tiba di Kyiv dan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6). Usai blusukan ke kota bekas zona perang, Jokowi dan Zelensky melakukan pertemuan bilateral dan dilanjutkan menyampaikan pernyataan pers bersama di depan wartawan.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan empat hal utama yakni menyampaikan undangan ke Zelensky untuk hadir di KTT G20 di Bali November mendatang, menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah, pasokan pangan, hingga pentingnya perdamaian.

“Ketiga, walaupun masih sangat sulit dicapai, saya tetap menyampaikan pentingnya perdamaian dan spirit perdamaian itu tidak pernah boleh luntur,” kata Jokowi dalam pidatonya.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera,” ucapnya menambahakn.

Meski telah ditawarkan, Zelensky dalam pidatonya tak menyebutkan apa-apa soal Putin, apalagi menitipkan pesan kepada Jokowi.

Jokowi juga tak membeberkan bagaimana respons Zelensky terkait tawarannya.

“Kami mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi, personal Anda yang ada di masa perang tersebut untuk memperjuangkan kemerdekaan kami. Kami akan memperjuangkan kemerdekaan kami dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia,” kata Zelensky.

Dalam pidatonya di Istana Kremlin, Jokowi juga kembali mengklaim telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.
“Seperti yang saya katakan di Kyiv, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya akan tetap mengatakan bahwa penting untuk bergerak menuju penyelesaian damai dan dialog terbuka,” papar Jokowi di sebelah Putin pada Jumat (1/7).

“Pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan mengatakan saya siap membantu menjembatani komunikasi antara kedua pemimpin,” katanya menambahkan.

Lagi-lagi, Putin pun tak menjawab pernyataan Jokowi soal pesan Zelensky itu.

Dalam pidatonya, Putin bahkan tak membeberkan detail pembicaraannya dengan Jokowi terkait invasi Rusia ke Ukraina.

“Saya menginformasikan Presiden Jokowi detail terkait perkembangan di Ukraina,” kata Putin tanpa menjelaskan apa-apa lagi soal invasi Rusia dalam pidatonya.

Dua hari setelah pertemuan Putin-Jokowi berlangsung di Moskow, juru bicara Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov, buka suara soal klaim presiden RI terkait titipan pesan Zelensky.

Nikiforov, mengatakan jika Zelensky punya pesan untuk Putin, ia akan menyampaikannya sendiri secara publik, tidak melalui perantara.

“Ada pesan apa pun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” ujar Nikiforov.

Nikiforov mengatakan pertemuan Zelensky dan Jokowi beberapa hari lalu fokus membicarakan ancaman krisis pasokan pangan global seperti gandum dan pupuk.

Sebab, sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung, Moskow memblokir sejumlah pelabuhan sehingga pasokan gandum Ukraina tertahan. Padahal, Ukraina merupakan salah satu pasokan gandum utama dunia.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina]di Kiev,” ucap Nikiforov.

“Rusia memikul tanggung jawab penuh karena mengganggu ekspor [gandum Ukraina] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera dibuka. Inilah yang dibahas secara detail oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy dengan Presiden Joko Widodo,” katanya menambahkan seperti dikutip Ukrainska Pravda, Minggu (3/7).

Translated by: Mukmin Assaifi | Source: CNN Indonesia

 

تعليقات
Loading...