حاكم جاكرتا:نحن نسهر لدرء آثار الفيضانات

Jakarta banjir, Gubernur Anies siap tidak tidur

0 535

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – مياه الفيضانات غمرت عددا من القرى في العاصمة جاكرتا. بدءا من قرية كامبونغ ميلايو، وساوانغ، وراواجاتي.

ونزل حاكم جاكرتا أنيس باسويدان، ونائب الحاكم ساندياغا أونو إلى موقع الفيضانات. وأمر أنيس رجاله بالمتابعة اللصيقة لموقف الفيضانات وموافاته بالتقارير اولا بأول. وأمر أنيس باستخدام مضخات المياه في المناطق المتضررة. كما أمر  بفتح جميع بوابات المياه لتسهيل تدفق المياه.

وقال أنيس نحن نسهر الليل لمراقبة مناطق الفيضان حتى يتأكد من حصول المتضررين من الفيضانات على المساعدات.

“النوم أمر سهل، والمهم الآن التأكد من تجهيز القوات في وجود المشاكل وأنا مستعد، ونحن مستعدون ويمكن أن ننام في أي مكان، فنحن ابناء هذه المدينة وسنظل نتابع الامور فيها لضمان امن المواطنين .. الشيء المهم هو كل يعمل وكل شيء آمن”، بحسب الحاكم بعد مراجعة باب مانغاراي،للمياه الاثنين (5/2) مساء.

وأوضح أنيس، أحد العوامل المسببة للفيضانات هو القمامة التي تملأ النهر. وتصل النفايات التي تم نقلها من بوابة المياه مانغاراي إلى 200 طن، وفي معظمها نفايات منزلية وكذلك المواد التي تسبب الانزلاقات الأرضية التي وقعت في بوغور وحملتها المياه.

“كمية النفايات كبيرة جدا، ولكن المهم في مثل هذا الوضع أن نستجيب بسرعة، وننظف كذلك ويقوم كل فريق بتنظيف الميدان، ونريد أن نتأكد من ان تدفق المياه من جاكرتا لا يتسبب في وقوع اضرارا كبيرة في هذه المدينة “.

كما طلب من السكان المساعدة فى الحفاظ على المجاري ّوحول المنازل لتجنب برك المياه الراكدة بسبب النفايات.

“وفي وجود المشاكل يرجى التواصل الفوري معنا حتى نتمكن من الاستجابة على الفور”، بحسب الحاكم.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: merdeka

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jakarta banjir, Gubernur Anies siap tidak tidur

Sejumlah permukiman warga di ibu kota Jakarta mulai tergenang banjir. Mulai dari kawasan Kampung Melayu, Cawang, hingga Rawa Jati.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno turun meninjau langsung lokasi banjir. Anies sudah menginstruksikan anak buahnya untuk siaga. Dia juga menginstruksikan agar memaksimalkan pompa-pompa air di wilayah yang terdampak. Anies juga memerintahkan semua pintu air dibuka untuk memperlancar aliran air.

Anies juga mengaku siap tidak tidur untuk memantau kawasan banjir dan memastikan warga yang terdampak banjir mendapat bantuan.

“Tidur gampang urusan tidur sih. Yang penting sekarang pastikan bahwa ketika ada masalah semua pasukan siap dan saya juga posisinya standby. Kita standby dan kalau tidur bisa di mana saja, gampang. Yang penting adalah semuanya kerja semuanya aman,” kata usai meninjau Pintu Air Manggarai, Senin (5/2) malam.

Anies menjelaskan, salah satu faktor penyebab banjir adalah sampah yang memenuhi sungai. Sampah yang sudah diangkut dari pintu air Manggarai mencapai 200 ton dan itu kebanyakan sampah rumah tangga dan juga material longsor yang terjadi di Bogor dan terbawa arus.

“Limpahan-limpahan sampah luar biasa besar. Tapi yang pasti dalam situasi seperti ini bagian kita merespon dengan cepat, membersihkan dengan cepat, seluruh tim kita untuk pembersihan di lapangan dan kita ingin pastikan aliran air yang melewati Jakarta itu seminim mungkin menimbulkan dampak negatif di kota ini,” tuturnya.

Dia juga meminta bantuan warga untuk turut serta menjaga gorong-gorong sekitar rumah untuk menghindari genangan-genangan air yang tersumbat sampah.

“Kemudian bila menemukan masalah laporkan supaya kita bisa langsung segera ikut membereskan,” tutupnya.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alShaiqi | Source:  Merdeka

تعليقات
Loading...