زراعة البن في جاوى الغربية

'Kembalikan Kejayaan Kopi Jawa Barat'

0 807

 

بندونج، اندونيسيا اليوم – القهوة الخاصة بجاوى الغربية تصنع من إحدى أعشاب وتوابل إندونيسيا التي يجب زراعتها وإيجادها. وقد أقام أمير جاوى الغربية برنامجا تحت عنوان: “بندونج بحر القهوة” لشهرة القهوة الخاصة بجاوى الغربية.

وقد قال جندرال جيش إندونيسيا، دوني مونردو، بأن القهوة من الأعشاب والتوابل الموجودة في إندونيسيا. وقال: استعمرت إندونيسيا بسبب وجود هذه الأعشاب والتوابل، ولذلك يجب على المجتمع زراعة وإيجاد هذه الأعشاب والتوابل التي منها.

“أرجو من المجتمع أن يحافظوا على هذه القهوة لأن لها تأثير كبير في حياة شعبنا وبالخاصة في جاوى الغربية وأخص الخاصة في بندونج المعروفة بباريس فان جافا”، قاله عبر البيان الصحفي في رفوبليك في السبت (٢٣/١٢).

ولم تمض الأيام، على زيارة رئيس الجمهورية جوكو ويدودو لباندونج وشربه للقهوة الأصلية “فيا أيها الشباب، عليكم ألا تتعلقوا بالعلامة التجارية الدولية فترتفع مصالح الرعية في جاوى الغربية”، قاله.

وقد وجد بجانب القهوة نبات يسمى اندجوفيرا وهو نبات موجود في نواحي نهر جتاروم. وأرجو إيجاد هذا النبات بكثرة، الذي إذا غرسه المجتمع فإن استعمال المواد الكيميائية سيكون محدودا في الشركة.

” ونبات اندجوفيرا هذا قد يستعمل للصبغ الطبيعي والآمن للبيئة والنظم الإيكولوجية حتى لا يلوّث النهر”، قاله

المترجمة : صلة رحمة الله محبوب | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Bandung, Indonesiaalyoum.com – Kopi khas Jawa Barat menjadi salah satu rempah-rempah Indonesia yang harus dikembalikan kejayaannya. Bandung lautan kopi sebuah kegiatan yang digelar oleh Gubernur Jawa Barat bertujuan mempopulerkan kopi khas Jawa Barat.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo menyampaikan, kopi adalah salah satu rempah-rempah yang ada di Indonesia. Dahulu Bangsa ini dijajah karena rempah, oleh karena itu kata Doni, masyarakat mesti mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia termasuk salah satunya kopi.

“Harapan saya dan masyarakat tentunya, tanaman kopi membawa perubahan yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di wilayah Jawa Barat dan lebih khususnya lagi kota Bandung sebagai kota Paris Van Java (PVJ),” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (23/12).

Apalagi beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo sempat mencicipi kopi asli Jawa Barat di sela kegiatan kunjungan kerja di Kota Bandung. “Sebagai generasi muda Kota Bandung, ayo lebih bersemangat agar kita tidak lagi tergantung dari brench internasional/global. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Jawa Barat,” ujarnya.

Selain tanaman kopi, ada juga tanaman Indigofera yang merupakan tanaman asli daerah sungai Citarum. Beliau berharap dengan semakin banyaknya tanaman indigofera yang ditanam oleh masyarakat dapat mengurangi pemakaian zat pewarna kimia untuk perusahaan.

“Tanaman indigofera ini dapat digunakan sebagai bahan zat pewarna alami yang aman bagi lingkungan dan ekosistem sehingga tidak merusak dan mencemari sungai dan lingkungan sekitarnya,” katanya.

Penerjemah: Cella | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...