عشر فوائد للكمثرى لصحة القلب

Sepuluh Manfaat Pir, mulai Kesehatan Tulang hingga Jantung

0 956

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – الكمثرى من الفواكه الحلوة واللذيذة وتحتوي على كثير من الماء  وهي فاكهة مشهورة بجودتها الغذائية. من أهم أنواعها كمثرى آسيا بنسيجه الرائع واتساقها القوي بلونها الاخضر  وفوائدها كثيرة للصحة منها  مقاومتها  للأمراض المزمنة بغناها  بمضادات الأكسدة للجسم.

فمحتوىه الألياف العالية تخفض الكولسترول وأيضا تعتبر الكمثرى غنية بالمغذيات

النباتية مثل البوليفبنول المضاد للسرطان والفلافونويد المكافح للشيخوخة والفلافونويد المضاد للالتهابات التي تخفض الإمساك وارتفاع الكولسترول والسكري وحصى الكلى.

فوائده أكثر للعلاج بما فبه من الفيتامينات والمعادن و المغنيسيوم والمنغيز والبوتاسيوم وفيتامين ب المعقد وفيتامين ج وفيتامين ك. نقل من بلدسكي (Boldsky)عشر فوائد كمثرى كما يلي :

1. نتنظيم الكولسترول

يغطى الكمثرى بالألياف ويعطيك خمسة وعشرون إلى ثلاثين غراما كل يوم وفي الألياف صفر السعرات الحرارية الذي يستهلك لهضمه والحفاظ على مستويات السكرالصحية التي تشبعك. والألياف تساعد على إزالة السموم و نتنظيم الكولسترول وتحسين صحة الأمعاء.

2. تسهيل الهضم

يقلل الكمثرى الإمساك والإسهال بسبب أليافه ويحتوي على ١٨% من مطلبات الألياف اليومية لتسهيل الهضم. والكمثرى يقيد في الوقاية من أسباب السرطان والجذوور الحرة في القولون ويحفظ الأعضاء من الفساد.

3. الحفاظ على الوزن

الكمثرى من الفواكه منخفضة السعرات الحرارية ويحتوي على السكر الطبيعي. الحبة الواحدة من الكمثرى  تضمن  مائة  من السعرات الحرارية الكافية لفقدان الوزن. إن كنت تريد فقدان وزنك فلا تنسى أكل الكمثرى بما فيه من الألياف التي ستشبعك لوقت طويل.

4. تعزيز الجهاز المناعي

يتضمن الكمثرى من فيتامين ج ومضادات الأكسدة القوية ضد الجذور الحرة وتقليل الأكسدة. و فيتامين ج أيضا يحفظ الحمض النووي والتمثيل الغذائي الصحي ويرمم الشبكات ويوقف طفرات الخلية ولديه تأثير في مكافحة الشيخوخة وتعزيز الجهاز المناعي.

5. تعزيز صحة القلب

يخفض الكمثرى معدل أمراض القلب بما فيه من مضادات الأكسدة النباتية التي تساعد في خفض أمراض القلب والأوعية الدموية والنوبات القلبية والسكتة الدماغية. وهو أيضا يحفظ صحة شريانك ويقلل الالتهابات والأكسدة العالية.

6. المنع من مرض السكري

يحتوي الكمثرى على السكر الطبيعي ويخفض السكر في الدم . المصاب بمرض السكري يستطيع أكل الكمثرى بدون أي خطورة لأنه يحسن حساسية الأنسولين للعلاج والمانعة من مرض السكري.

7. الحفاظ على صحة العظام

الكمثرى من أحسن مصدر فيتامين ك والبورون فإن كنت مصاب بنقص فيتامين ك فسوف يضعف جسمك بالأمراض المتعلقة بالعظام لأن فيتامين ك يعمل بالمعادن الآخرى مثل الفوسفور والمغنيسيوم والكلسيوم الذي يمنع من فساد العظام وهشاشة العظام.

8. تحسين الدورة الدموية

الكمثرى أيضا يمنع الأنيميا بما فيه من حديد ونحاس عالي والحديد من المعادن المهمة لإنتاج خلايا الدم الحمراء أما النحاس يساعد الجسم في استيعاب الحديد ونشره في إعضاء الجسم المهمة فينظّم تدفق الدم ويحسن الدورة الدموية.

9. خفض الالتهابات

الفلافونويد والمواد المضادة للاكسدة في الكمثرى يساعد ويخفض الالتهاب في الجسم.و تأثيره المضاد  للالتهابات فيه يحد من أعراض التهاب المفاصل وحمض اليوريك والتهاب المفاصل الروماتويدي وغيره ولاسيما الأنثوسيانين أيضا يمنع  التهاب.

10. تسريع عملية الشفاء

يتضمن الكمثرى من فيتامين ج وحمض الاسكوربيك لتوليف شبكة جديدة في تسريع عملية الشفاء. حمض الاسكوربيك العالي في الكمثرى يصلح الأوعية الدموية التالفة الذي يقلل التوتر في القلب ويمنع من تطور أمراض القلب.

المترجم : صلة رحمة الله محبوب تحرير:د.طلال الشايقي

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pir merupakan buah manis, renyah dan lezat yang memiliki banyak air di dalam. Buah ini sangat populer karena kualitas nutrisi yang unik.

Ada banyak jenis pir, yang paling umum adalah pir Asia, yakni dengan tekstur renyah dan konsistensi yang kuat dengan warna hijau. Manfaatnya pun banyak untuk kesehatan. Buah ini memiliki kemampuan kuat untuk melawan penyakit kronis dengan mensuplai antioksidan ke tubuh.

Kandungan serat tinggi dalam pir dapat menurunkan kolesterol. Pir mengandung fitonutrien yang merupakan anti-kanker polifenol, flavonoid anti penuaan dan flavonoid anti-inflamasi yang mengurangi sembelit, kolesterol tinggi, diabetes dan batu ginjal.

Pir juga dinilai untuk manfaat obat mereka dan mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang meliputi magnesium, mangan, vitamin B kompleks, potassium, vitamin C dan vitamin K. Mengutip Boldsky, berikut 10 manfaat kesehatan buah pir:

1. Mengatur Kolesterol

Pir dikemas dengan serat dan akan memberi Anda serat 25-30 gram setiap hari. Serat memiliki nol kalori yang dapat dicerna dan membantu dalam mempertahankan kadar gula darah yang sehat dan membuat kenyang. Serat membantu dalam mendetoksifikasi sistem, membantu mengatur kolesterol dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Memperlancar Pencernaan

Pir dapat mengurangi kemungkinan sembelit, diare, dan kotoran yang kendor karena kandungan seratnya. Pir menyediakan 18 persen kebutuhan serat harian, yang membantu dalam proses pencernaan. Pir juga membantu untuk mengikat agen penyebab kanker dan radikal bebas di usus besar dan melindungi organ dari efek yang merusak.

3. Menjaga Berat Badan

Pir adalah salah satu buah rendah kalori dan mengandung gula alami. Pir tunggal memiliki sekitar 100 kalori yang cukup membuat Anda menurunkan berat badan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, sertakan pir dalam makanan Anda karena akan memberi tubuh serat dan energi. Serat akan membuat perut kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 Pir mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Vitamin C diperlukan untuk melindungi DNA, menjaga metabolisme yang sehat, memperbaiki jaringan dan menghentikan mutasi sel. Ini juga memiliki efek anti-penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pir memiliki kemampuan kuat untuk menurunkan laju penyakit jantung. Phytochemicals antioksidan hadir dalam pir dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke. Ini juga membantu menjaga arteri Anda tetap bersih, mengurangi peradangan dan tingginya tingkat stres oksidatif.

6. Mencegah Diabetes

Pir mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa dan rendah pada indeks glikemik. Orang yang menderita diabetes bisa makan buah pir tanpa ada kekhawatiran. Mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang memainkan peran kunci dalam mengobati dan mencegah diabetes.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Pir adalah sumber vitamin K dan boron yang sangat baik. Jika Anda menderita kekurangan vitamin K, Anda mungkin rentan terhadap gangguan yang berhubungan dengan tulang. Itu karena vitamin K bekerja dengan mineral lain seperti fosfor, magnesium dan kalsium yang mencegah kerusakan tulang dan mencegah osteoporosis.

8. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pir memiliki kandungan zat besi dan tembaga tinggi yang dapat mencegah anemia. Besi adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan tembaga membantu tubuh menyerap zat besi dan melepaskannya ke organ tubuh yang penting, sehingga mengatur aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

9. Mengurangi Peradangan

Pir mengandung antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Efek anti-inflamasi membantu menurunkan gejala artritis, asam urat, rheumatoid arthritis dan kondisi lainnya. Selanjutnya, antosianin yang ada dalam pir dapat membantu melawan peradangan juga.

10. Mempercepat Proses Penyembuhan

Pir mengandung vitamin C dan asam askorbat yang mensintesis jaringan baru, yang mempercepat proses penyembuhan. Tingginya tingkat asam askorbat pada pir dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak yang mengurangi ketegangan pada jantung dan mencegah penyakit jantung berkembang.

Penerjemah: Cella | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Sindonews

 

تعليقات
Loading...