5.500 طن من الأرز المستود يدخل لمبونج

Beras Impor Mulai Masuk Lampung 5.500 Ton

0 701

بندر لمبونج، إندونيسيا اليوم – دخل الأرز المستورد من تايلاند إلى ميناء بانجانج، مدينة بندر لامبونج، يوم الخميس (15/2). وبدأ تفريغ الحمولة يوم الجمعة (16/2) وسيستمر التفريغ عدة أيام قادمة. وقد رافقت عملية تفريغ حمولة الأرز المستورد شرطة لمبونج والجمارك والمكوس من بندر لمبونج.

وقال رئيس هيئة شؤون التغذية ديفري لمبونج محمد عطار ريزال، وصل أرز مستورد من تايلاند ويبلغ حوالي  5500 طن وقد دخل إلى رصيف ميناء C بانجانج. “وصل بعد ظهر  يوم أمس، وقمنا بتفريغه صبيحة (الجمعة 16/2 )”. قال عطار ريزال لربوبليكا في بندر لامبونج، الجمعة (16/2).

وقال عطار: إن عملية تفريغ حمولة الأرز المستورد من تايلاند متعثرة بسبب الطقس الممطر. وتشير التقديرات إلى أن عملية تفريغ حمولة الأرز تستمر مدة أربعة أيام اعتمادا على الطقس. وقد عملية تفريغ حمولة الأرز فرقة عمل معنية بالتغذية من شرطة لمبونج والجمارك والمكوس في بندر لمبونج.

وكانت السفينة التي حملت الأرز من فيتنام ، تحمل اسم سفينة فونج دونج 10، هاي فونج إيمو 9517135. وقد رست السفينة في ميناء C من بانجانج بعد الظهر من يوم الخميس.

بعد تفريغ الحمولة من السفينة، سيتم نقل الأرز المستورد إلى مستودع بولوغ مع أسطول من الشواحن مكون من 100 وحدة.  وستحمل كل شاحنة حوالي 20 طن من الأرز إلى مستودع بولوغ الذي يقع في تشامبانج رايا و غارانتانج. وقال عطار إن توزيع الأرز بعد أن كان في مستودع بولوغ، لا يزال في انتظار التعليمات المركزية. ”

المرحلة التالية، سيدخل الأرز المستورد من فيتنام، وسيكون حوالي  20 ألف طن. حاليا، 20 ألف طن من ناقلات الأرز المستوردة لا تزال في رحلتها. وستصل السفينة بعد 2-3 أيام قادمة إلى ميناء بانجانج. وأما المرحلة الثالثة، سيدخل الأرز المستورد مرة أخرى من تايلاند من خلال بانكوك وسيكون حوالي 4500 طن، ومن المتوقع أن يصل بعد أربعة أو خمسة أيام مقبلة.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر:  صحيفة ريفوبليكا

Bandar Lampung, Indonesiaalyoum.com — Beras impor dari Thailand mulai masuk Pelabuhan Panjang, Kota Bandar Lampung, Kamis (15/2). Bongkar muat mulai dilakukan pada Jumat (16/2) hingga beberapa hari ke depan. Bongkar muat beras impor tersebut mendapat pengawalan Satgas Pangan Polda Lampung dan Bea dan Cukai Bandar Lampung.

Kepala Bulog Divre Lampung Muhammad Attar Rizal mengatakan, beras impor asal Thailand masuk sebanyak 5.500 ton dan telah tiba di Dermaga C Pelabuhan Panjang. ”Tiba kemarin siang sebanyak 5.500 ton. Tadi pagi (Jumat, 16/2) baru bongkar,” kata Attar Rizal kepada Republika.co.id di Bandar Lampung, Jumat (16/2)

Menurut Attar, proses bongkar muat beras impor asal Thailand tersebut terkendala dengan cuaca yang sering hujan. Diperkirakan proses bongkar muat beras berlangsung hingga empat hari bergantung dengan cuaca. Bongkar muat beras tersebut mendapat pengawalan dari Satgas Pangan Polda Lampung dan Bea dan Cukai Bandar Lampung.

Kapal yang mengankut berat tersebut dari Vietnam dengan lambung kapal bernama Phuong Dhong 10, Hai Phong IMO 9517135. Kapal tersebut merapat di Dermaga C Pelabuhan Panjang pada Kamis siang.

Setelah bongkar muat dari kapal tersebut, beras impor diangkut ke gudang Bulog dengan armada truk sebanyak 100 unit. Masing-masing truk akan memuat sekitar 20 ton beras ke Gudang Bulog berada di Campang Raya dan Garuntang. Attar mengatakan distribusi beras setelah berada di gudang Bulog, masih menunggu instruksi pusat. ”Akan didistribusikan masih menunggu instruksi pusat,” katanya.

Tahap selanjutnya, beras impor akan masuk sebanyak 20 ribu ton dari Vietnam. Saat ini kapal pengangkut beras impor 20 ribu ton tersebut masih dalam pelayaran. Diperkirakan dua tiga hari ke depan merapat di Pelabuhan Panjang. Sedangkan tahap ketiga, beras impor akan masuk lagi dari Thailand melalu Bankok sebanyak 4.500 ton, dan diperkirakan tiba empat atau lima hari ke depan.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...