خمسمائة ألف سائح إندونيسي سافروا إلى هونج كونج في 2017 بعضهم من المسلمين

500 Ribu Turis Indonesia ke Hong Kong Pada 2017 Termasuk Muslim Traveler

0 733

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tren perkembangan traveler muslim yang datang ke Hong Kong terus meningkat. Sepanjang 2017 saja, ada 500 ribu turis Indonesia termasuk traveler muslim.

“Saya tidak ingat berapa jumlahnya (traveler muslim yang datang ke Hong Kong), tapi saya ingat tahun lalu kira-kira ada lebih dari 500 ribu orang dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong,” kata Senior Manager Marketing Hong Kong Tourism Board, Amy Lam, saat berbincang dengan detikTravel di Sham Shui Po, Hong Kong, Kamis (26/4/2018).

Amy mengatakan, meningkatnya jumlah traveler muslim itu bukan terjadi di Hong Kong saja tapi juga di beberapa negara lainnya.
Apalagi saat ini muncul traveler muda muslim yang pergi ke luar negeri tidak hanya sekadar untuk liburan saja, tapi juga ingin mengetahui dan mempelajari budaya negara setempat.

“Kami melihat ada kebutuhan spesial dari wisatawan muslim dan perkembangan tren wisatawan muslim tidak hanya di Hong Kong tapi juga di berbagai belahan dunia lainnya. Kami juga melihat adanya tren ‘young moslem travelers’ dan kebutuhan mereka mungkin sedikit berbeda dari generasi sebelumnya,” imbuh Amy.

Karena itu, Amy menyebut Hong Kong terus berbenah untuk menyediakan fasilitas wisata yang ramah terhadap traveler muslim. Hal itu terbukti dengan adanya destinasi wisata yang banyak menyediakan makanan halal dan tempat salat.

“Kami juga menyediakan makanan halal dan fasilitas ramah wisatawan muslim di sini. Kami sendiri masih mendiskusikan hal ini ke sejumlah tempat seperti hotel atau atraksi lainnya untuk menyediakan kebutuhan wisatawan muslim,” ujar dia.
Selain itu, dia juga berharap traveler muslim dapat memberikan masukan terkait kebutuhan yang diperlukan saat berada di Hong Kong.

Masukan itu dibutuhkan agar Hong Kong bisa memperbaiki diri sebagai destinasi wisata yang ramah terhadap traveler muslim.

“Seperti yang sudah saya bilang, Hong Kong bukan negara muslim, jadi mereka belum punya pemahaman yang baik tentang bagaimana kebutuhan dan kebiasaan orang muslim. Sejujurnya kami masih mempelajarinya dan saya sangat senang untuk mempelajarinya,” ucap Amy.

“Saya mungkin salah menginterpretasikan apa yang kamu butuhkan atau sepenuhnya salah mengartikan apa yang kamu inginkan. Tetapi dengan interaksi kamu dapat menceritakan apa yang kamu inginkan,” tutup Amy.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يستمر اتجاه تطور المسافر المسلم الذي جاء إلى هونغ كونغ في. خلال عام 2017 ، هناك 500 ألف سائح اندونيسي بما في ذلك مسافرين مسلمين. “أنا لا أتذكر كم من المسافرين المسلمين الذين جاءوا إلى هونج كونج ، لكنني أتذكر في العام الماضي أن هناك أكثر من 500 ألف شخص من إندونيسيا زاروا هونج كونج” ، قالت مديرة كبيرة في مجلس إدارة التسويق في هونغ كونغ للسياحة ، آمي لام. عند التحدث مع ديتيك ترافل في شام شوي بو ، هونغ كونغ ، الخميس (26/4/2018)

وقالت آمي ان الزيادة في عدد المسافرين المسلمين لم تكن هي الحالة في هونغ كونغ وحدها ولكن أيضا في العديد من البلدان الأخرى

خصوصا عندما يظهر المسافر المسلم الشاب الذي ذهب إلى الخارج ليس فقط لقضاء العطلات ، ولكن أيضا يريد أن يعرف ويتعلم ثقافة البلد الآخر

“نحن نرى أن هناك حاجة خاصة للسياح المسلمين وتطور اتجاهات السياحة للمسلمين ليس فقط في هونغ كونغ ولكن أيضا في أجزاء أخرى من العالم. كما نرى اتجاه الشباب المسلمين المسافرين قد تختلف احتياجاتهم بشكل طفيف عن الأجيال السابقة

لذلك ، قالت إيمي أن هونج كونج تستمر دائما في تحسينها و توفير مرافق سياحية ملائمة للمسافر المسلم. ويكون ذلك من خلال العديد من الوجهات السياحية التي توفر الطعام الحلال وأماكن الصلاة

وقالت “نحن ايضا نوفر الغذاء الحلال والمرافق السياحية الودية للمسلمين هنا وما زلنا نناقش هذا الامر في عدد من الاماكن مثل الفنادق او غيرها من عوامل الجذب لتوفير احتياجات السياح المسلمين”

بالإضافة إلى ذلك ، فإنها تأمل أيضاً أن يقوم المسافر المسلم بتقديم المشورة المتعلقة بالاحتياجات الضرورية أثناء وجوده في هونغ كونغ

من الضرورة أن تكون هناك مداخلات من الرأي و الاقتراحات بحيث يمكن لهونغ كونغ تحسين نفسها كوجهة سياحية ودية للمسافر مسلم

وقالت ايمي: “كما قلت ، أن هونغ كونغ ليست دولة مسلمة ، لذا لم يكن لشعب هذا البلد فهم جيد من احتياجات المسلمين وعاداتهم ، وبصدق فإننا لا نزال نتعلمها ، وأنا متحمس جدا لتعلمها”

“فقد أخطئ تفسير ما تحتاجه أو أسيء فهم ما تريده تمامًا ، ولكن مع التفاعل يمكنك الإخبار عن أي شيء تريد”

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

تعليقات
Loading...