زقاق جاوة، بيت أشيع أتشيه: الأرض الموقوفة في مكة المكرمة

Zaqaq Jawa, Baitul Asyi' Aceh: Tanah Wakaf di Makkah

زقاق جاوة، بيت أشيع أتشيه: الأرض الموقوفة في مكة المكرمة (1)

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كان  مقراً لكبار العلماء والإندونيسيون الذين كانوا يجاورون في مكة المكرمة في العصر الماضي؟ كان هذا السؤال مزدحما في ذهني خلال إقامتي في مكة المكرمة منذ عدة سنوات. وطرح السؤال على المقيمين في مكة المكرمة صعب جدا، لا سيما وبعضهم هم أتوا إلى مكة المكرمة فقط بحثا عن المال. لا تتوقع أنهم يعرفون منازل أسلافهم الذين عاشوا منذ مئات السنين في مكة المكرمة.

ومع ذلك، تم كشف الغموض . وهذا بفضل معلومات رجل من باليمبانج الذي جاور في مكة المكرمة لمدة 30 عامًا. اسمه خدري، وهو يهتم بهذا الأمر لأنه من ذرية العالم الكبير الفاليمباني الذي عاش في مكة المكرمة، الا وهو الشيخ عبد الصمد الفاليمباني.

“إن الأجداد عاشوا في منطقة تسمى زقاق جاوة (قرية جاوة / أرخبيل). وآثار منازلهم ما زالت موجودة وأحفادهم ما زالوا موجودين هناك”. قال خدري. وهناك من سمى الزقاق باسم رباط. وهذان المصطلحان مشتبهان.

ولا يكفي أن أخبرنا بهذا الأمر، حملنا خدري بسيارته الفاخرة إلى مكان قرب جسر المسفلة. وأمام فندق فلسطين وقف مبنى يدعى برج العباس. وبحسبه، هذا هو المكان الذي يسمى بزقاق جاوة.

“قبل ثلاثين عاما، بعد أن وصلت إلى مكة المكرمة لأول مرة، سكن فيها كثير من الإندونيسيين من أصل منطقة جامبي، وبانتين، وكاليمانتان الجنوبية، وباليمبانج، وجاوة، وغيرها. ولكن الآن يبقى عدد قليل من الإندونيسيين، لأنه تم بيع كثير من منازلهم. والآن سكن فيها رجل من أصل موارا أنيم، اسمه عبد الحكيم،” قال خدري.

في الواقع، إذا كنا نتصور حاليا كيف كانت قرية جاوة (المصطلح للاندونيسيين في الماضي في المملكة العربية السعودية) فهذا في غاية الصعوبة. فقد تحولت المباني بالكامل إلى المباني المرتفعة. بل تصورنا بالعربية بأنها أرض صحراء يكاد لا يرى. لا يوجد هناك تلال أو الصحراء. الموجود حاليا مجمع من المباني الحديثة، والنفق ، والعديد من الشوارع.

وليس بعيدًا عن المكان، حملنا خدري أيضًا إلى مقدمة الطريق الذي أطلق عليه اسم رباط جاوة. ولأننا ذهبنا في الليل، نرى العديد من الأشخاص الذين يرتدون الطاقية البيضاء يجلسون على ابسطة أمام منازلهم. “نعم ، هم سكان رباط جاوة، وهم طلاب إندونيسيون الذين يدرسون في مكة المكرمة”. قال خدري.

وأصبحت ملاحظاته أكثر دقة عندما حول اتجاه رحلته قليلاً. بعد بضع مئات متر أشار إلى منزل كبير بجانب الطريق. ثم أخبرنا عن بعض العلماء العظماء الذين عاشوا هناك. أحدهم خبير الصوفية ووزير الشؤون الدينية السابق، سعيد عاقل حسين المنور.

وقال خدري، إذا تتبعنا الواقع فنجد أن هناك علاقة عاطفية قوية بين شعب إندونيسيا ومنطقة مكة المكرمة. بل ينبغي أن تعلم أن هناك أراضي موقوفة من قبل آبائنا الإندونيسيين في منطقة المسجد الحرام. إن بعض الأراضي التي بني فيها فندق دار التوحيد، وبرج زمزم، وفندق هيلتون، وساحة المسجد الحرام، تعد من الأراضي الموقوفة من قبل الإندونيسيين.

“إعلم، إن الإندونيسيين الذين جاءوا إلى مكة المكرمة في الماضي من الأغنياء. لذا، لا نتعجب أن تكون لهم اراضٍ حول الكعبة، ولكن للأسف إن وارثيهم غير واضحين، لذلك تم وقف هذه الأراضي للمسجد الحرام،” قال.

وفي  أزمان ماضية، كانت الحكومة السعودية تبحث عن أحفاد إندونيسية، اسمها فاطمة. ليتم دفع ثمن أراضي جدتهم التي تستخدم في توسعة ساحة المسجد الحرام وفندق غريند زمزم، “لكن للأسف لم يتم العثور عليهم، مع أن مبلغ التعويض كبير جدا”. بحسبه

ثم أين درس أهل جاوة في مكة المكرمة؟ فأشار خدري إلى موقف حافلات سابتكو بجانب فندق  دار التوحيد. كانت على الأرض مدرسة الصولاتية.

“حسنا، وفي هذه المدرسة التى أصبحت موقفا للحافلات، تخرج منها العلماء الكبار، مثل كياي حاج أحمد دحلان، وكياي حاج هاشم الأشعري، وكياي حاج محمد أرشاد البنجاري، والشيخ النووي البنتاني، وعبد الصمد الفاليمباني، وأحمد خطيب المنانكباوي.” قال.

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Di manakah para ulama besar dan orang Indonesia tinggal di Makkah pada masa lalu?  Pertanyaan inilah yang paling menggelayuti pikiran selama tinggal di Makkah beberapa tahun silam. Bertanya kepada para mukimin tetap saja sulit. Apalagi, bagi orang seperti mereka yang kebanyakan datang ke Arab Saudi hanya sekadar cari duit. Jangan harap akan bisa tahu soal-soal keberadaan para pendahulunya yang sudah ratusan tahun lebih dahulu tinggal di Makkah.

Tak cukup memberitahu, dengan menggunakan mobil mewahnya, Khudri pun mengantarkan saya ke sebuah tempat yang berada di dekat jembatan layang Misfalah. Di seberang Hotel Falistine berdiri bangunan gedung yang disebut Burj al-Abbas. Menurut dia, di situlah area yang disebut Zaqaq Jawa.

“Tiga puluh tahun lalu, ketika saya baru datang pertama kali ke Makkah, di situ banyak tinggal keturunan orang-orang Jambi, Banten, Kalimantan Selatan, Palembang, Jawa, dan lainnya. Tapi, kini tinggal beberapa saja karena rumahnya sudah banyak yang dijual. Kini, masih ada seorang keturunan Muara Enim di sana. Namanya Abdul Hakim,” kata Khudri.

Memang bila membayangkan seperti apa kira-kira suasana kampung Jawi (sebutan bagi orang Indonesia pada masa lalu di Arab), pada masa kini sangatlah sulit. Bangunan sudah berubah total menjadi gedung-gedung tinggi. Bayangan sebagai padang pasir pun tak terlihat. Tak ada lagi gundukan gunung batu atau padang pasir. Yang ada kini hanyalah kompleks gedung modern, sebuah terowongan, serta begitu banyak ruas jalan.

Tak jauh dari tempat itu, Khudri pun membawa kami ke depan sebuah gang yang dia sebut sebagai Rubath Jawa. Karena saat itu sudah malam, di sana terlihat banyak orang berpeci putih tengah duduk-duduk di atas permadani yang digelar di depan sebuah rumah. “Ya, itulah para penghuni Rubath Jawa. Mereka adalah para santri Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Makkah,” ujar Khudri.

Keterangan dia makin nyambung ketika dia menggeser sedikit arah perjalanannya. Selang beberapa ratus meter dia menunjuk sebuah rumah besar yang ada di pinggir jalan. Dia kemudian menceritakan beberapa tokoh ulama besar yang pernah tinggal di situ. Salah satunya adalah pakar tasawuf dan mantan Menteri Agama, Said Agil Husin al-Munawar.

Khudri menuturkan, bila ditelusuri sebenarnya banyak sekali ikatan emosional antara orang Indonesia dan kawasan Makkah. Bahkan, harap diketahui hingga kini banyak sekali tanah wakaf milik para leluhur orang Indonesia yang menjadi kawasan Masjidil Haram. Lahan tanah yang kini berdiri Hotel Daarut Tauhiid, Grand  Zamzam, Hotel Hilton, dan pelataran Masjidil Haram sekalipun, sebenarnya banyak merupakan lahan wakaf orang Indonesia.

“Ingat, dahulu yang datang ke Makkah adalah orang-orang yang benar-benar kaya. Jadi, jangan heran kalau mereka punya lahan di sekitar Ka’bah. Tapi, sayang pihak ahli warisnya tak jelas lagi karena tanah itu kemudian diwakafkan ke Masjidil Haram,” katanya.
Beberapa waktu lalu, Pemerintah Saudi sempat mencari anak keturunan orang Indonesia yang bernama Fatimah. Rencananya akan mendapat ganti rugi karena tanah wakaf leluhurnya dipakai untuk pelebaran pelataran Masjidil Haram dan Hotel Grand Zamzam. “Tapi, sayang tak ketemu, padahal jumlah ganti ruginya sangat besar,” ujar Khudri.
Lalu, di manakah para orang Jawi dahulu belajar di Makkah? Khudri kemudian menunjuk ke sebuah lahan parkir Bus Saptco yang ada di samping Hotel Daarut Tauhiid. Lahan ini dahulu adalah Madrasah Shaulatiyah.
“Nah, di madrasah yang kini menjadi lahan parkir inilah para ulama besar, seperti KH Ahmad Dahlan, Hasyim Asy’ari, Muhammad Arsyad al-Banjari, Syekh Nawawi al-Bantani, Abd al-Samad al-Palimbani, Ahmad Khatib al-Minangkabawi pernah menuntut ilmunya selama di Makkah.”

زقاق جاوة، بيت أشيع أتشيه: الأرض الموقوفة في مكة المكرمة (2)

ومع ذلك ، فإن آثار التاريخ حول منازل ومستوطنات السكان الإندونيسيين في مكة ومن ضمنهم سكان أتشيه مذكورة في عدة مؤلفات سنوك هرخرونيه. وذكر فيها أن العلاقة بين المقيمين الإندونيسيين في مكة والسياسة الإندونيسية قوية، وعلى سبيل المثال شخصية كاتب “شاعر برانغ سابي” الأسطوري، السيد بانتي كولو. كان يكتب شعرا في مواجهة المستعمرين في رحلة عودته من مكة المكرمة وأصبح من بذور القوة في حرب أتشيه. وفي بداية عام 1800 وقف حبيب عبد الرحمن الحبشي (حبيب بوغأ أشيع) الأرض وبيته في مكة، وكان من أغنياء أتشيه. والأرض تقع في مكان استراتيجي لقربها من الكعبة، بل داخلة في منطقة توسيع المسجد الحرام. وطبعا، سعر الأرض حاليا غال جدا.

ويلي إقرار الوقف لحبيب بوغال أشيع، وهذا الإقرار مأخوذ من السيرة الشخصية لحبيب عبد الرحمن بن علوي الحبشي (حبيب بوغاك أشيع)، وهذا الكتاب من نتائج النقاش الذي كتبه الأستاذ الدكتور شهرزال عباس، والدكتور قمر الزمان بوستمان- ، والدكتور منور جليل، والدكتور خير الدين، والمهندس سليمان.

“البيت (بيت الأشيع) تستخدم كمقر حجاج اتشيه القادمين إلى مكة المكرمة لأداء فريضة الحج، وكذلك مقر لسكان اتشيه الذين أقاموا في مكة المكرمة. إلا إذا كان هناك سبب آخر بعدم وجود سكان أتشيه الذين جاؤوا إلى مكة لأداء الحج، فهذا البيت يستخدمه الطلبة الجاويين. (مصطلح جاوي كان يستخدم للإشارة إلى طلاب أو طلاب جنوب شرق آسيا) الذين درسوا في مكة المكرمة.

“إذا كان هناك سبب آخر بعدم وجود طلاب جنوب شرق آسيا الذين يدرسون في مكة المكرمة، فهذا البيت يستخدم للطلاب المكيين الذين يدرسون في المسجد الحرام، بل لو كانوا غير موجودين، يسلم البيت إلى إمام المسجد الحرام لأغراض المسجد الحرام “.

“إن المقيمين من جميع أنحاء العالم تبادلوا الأفكار في مختلف القضايا التي تحدث في بلدانهم. إنهم لا يتعلمون فقط أو يؤدون الحج أو يسكنون فقط. بل إنهم يناقشوا قضايا الساعة. هناك مجموعة من المناقشات، فهم لا يتحدثون  باللغة العربية فقط ولكن العديد منهم يستخدمون لغتهم الأصلية، بما في ذلك لغة الملايو،” كتبه سنوك هرخرونيه. وبعد ذلك تعلم سنوك طبيعة سكان أتشيه والشعب الأرخبيل. كانت مكة المكرمة مع مقيميها مركزا للحركة الإسلامية في إندونيسيا.

Namun,  jejak sejarah soal rumah dan pemukiman warga Nusantara–termasuk Aceh  ada pada berbagai tulisan Snouck Hurgronje. Di sana dijelaskan bahwa mukimin Makkah selalu erat berubungan dengan masalah politik di Tanah Air. Salah satu contoh pastinya ada pada sosok penulis “Syair Prang Sabi” yang legendaris: Chik Panti Kulu. Dalam perjalanan pulang dari Makkah itulah dia menulis syair perlawanan  yang memberi pupuk yang membuat kian berkobarnya Perang Aceh. Orang kaya asal Aceh, Habib Abdurrahman Al-Habsyi (Habib Bugak Asyi), pun sejak awal tahun 1800-an sudah mewakafkan tanah dan rumah miliknya di Makkah. Lahan tanah itu memang berada di tempat strategis karena sangat dekat dengan Ka’bah, bahkan kini ada di area perluasan Majidil Haram. Harga lahannya kini jelas selangit alias mahal sekali.

Dalam ikrar wakaf Habi Bugal Asyi berikrar begini. Ikrar ini diambil dari biografi Habib Adurrahman bin Alwi al-Habsyi (Habib Bugak Aceh. Buku ini hasil kajian dan ditulis Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Kamaruzzaman Bustaman-Ahmad PhD, Dr Munawar A Djalil MA, Dr Khairuddin, dan Ir Sulaiman AW MP.

“Rumah tersebut (Baitul Aysi) dijadikan tempat tinggal jamaah haji asal Aceh yang datang ke Makah untuk menunaikan ibadah haji dan juga tempat tinggal orang asal Aceh yang menetap di Makah. Sekiranya karena sesuatu sebab tidak ada lagi orang Aceh yang datang ke Makah untuk haji, maka rumah wakaf ini digunakan untuk tempat tinggal para pelajar (santri atau mahasiswa) Jawi,”. (Jawi istilah yang waktu itu digunakan untuk menyebut pelajar atau mahasiswa wilayah Asia Tenggara) yang belajar di Makkah).
“Sekiranya karena sesuatu sebab mahasiswa Asia Tenggara pun tidak ada lagi yang belajar di Makah maka rumah wakaf ini digunakan untuk tempat tinggal mahasiswa Makkah yang belajar di Masjidil Haram, sekiranya mereka inipun tidak ada juga, maka wakaf ini diserahkan kepada Imam Masjidil Haram untuk membiayai keperluan Masjidil Haram.”
”Para mukimin dari berbagai penjuru dunia bertukar pikiran dengan aneka isu yang terjadi di negaranya masig-masing. Mereka tidak hanya belajar, berhaji, atau tinggal. Mereka juga berdikusi mengenai isu mutakhir. Ada perkumpulan diskusi, tak hanya berbahasa Arab tapi banyak juga memakai bahasa asalnya, termasuk bahasa Melayu,” begitu catatan Snouck Hurgonje. Pada kemudian hari Snouck mempelajari karakter orang Aceh–dan juga orang nusantara. Makkah dengan para mukiminnya saat itu adalah pusat “pusat pergerakan Islam” di Indonesia.

زقاق جاوة، بيت أشيع أتشيه: الأرض الموقوفة في مكة المكرمة (3)

وإذا لفتنا الأنظار إلى الماضي، ليست آتشيه وحدها التي تملك الأرض في مكة المكرمة. لدى السلطنات المختلفة في الأرخبيل أرض مخصصة لإقامة مواطنيها الموجودين في الأرض المقدسة. وهم سكنوا هناك مجانا ، بدون تكلفة الإيجار أو تكاليف الإقامة اليومية.

وفي مكة المكرمة بيوت لسكان بانجار، ورياو، ومنانكاباو، وبوغيس، وترناتي، وبانتن، وجاوة، وغيرها، وهي معروفة. تم شراءها من قبل الأغناء من هذه المناطق. واشتراها بعض السلاطين في الأرخبيل.

والعجيب، فهم لا يشترون الأراضي في مكة في منطقة غير استراتيجية، فهم اشتروا الأراضي حوالي منطقة المسجد الحرام. وطبعا إنهم قادرون على شراءها لأنهم يملكون المال، وأحيانا اشتراها أحد من رسل السلطان (في عام 1620، هناك رسل قبل سلاطين ماترام جاوة وبانتن ). وفي العصور المتأخرة أرسل السلطان أحدا طلبة العلم، وهو كياي حاج أحمد دحلان، من أبناء موظفي سلطان المملكة الإسلامية ماترام، يوجياكرتا. وذهب إلى مكة عدة مرات في أوائل عام 1900.

وللأسف، بسبب إخلاصهم ليس هناك من يدير الأرض أو المنزل بشكل صحيح مثل ما قام به اهل أتشيه. فإنهم لا يوضحون لمن وقف الأراضي ولأي هدف توقف الأراضي. لا سيما التوسع في المسجد الحرام لا يزال مستمرا. هدمت المنازل والمباني حول الكعبة. ونتيجة لذلك، لم يبق شيء من الأراضي الموقوفة سوى أرض آتشيه التي تقع قريبا من المسجد الحرام.

لذلك، فإن الأراضي الموقوفة في مكة المكرمة متعرضة للأمور الصعبة، لا يتتعلق بالأموال فقط، لكنها تتعلق بالتاريخ وتاريخ الإسلام في الأرخبيل. بل أكثر من ذلك، تتعلق بالمقاومة والكفاح ضد الاستعمار فضلا عن بناء دولة جمهورية إندونيسيا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة إحرام

Bila melihat ke belakang lagi, yakni zaman dahulu, sebenarnya tak hanya Aceh yang punya tanah di Makkah. Berbagai kesultanan yang ada di nusantara punya tanah yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal bagi warganya yang tengah berada di kota suci. Mereka tinggal di sana secara gratis tanpa dipungut biaya apa pun, misalnya, sewa atau hingga biaya akomodasi harian.

Maka, di Makkah kala itu di kenal banyak bait atau rumah milik orang Banjar, Riau, Minangkabau, Bugis, Ternate, Banten, Jawa, dan lainnya. Para orang kaya yang berasal dari suku itu yang membelinya. Para sultan di nusantara adalah salah satu pihak yang punya di antaranya.

Uniknya lagi, mereka tidak membeli tanah di Makkah yang sembarangan atau tidak stategis. Mereka membeli tanah di siktar area Masjidil Haram. Mereka jelas bisa membelinya karena orang nusantara pasti orang yang punya duit, bahkan kadang merupakan orang yang diutus oleh para sultan (dahulu tahun 1620-an ada utusan Kesultanan Mataram Jawa dan Banten). Pada tahun yang lebih modern ada orang yang mendapat restu sultan untuk pergi dan belajar di Makkah. Orang ini adalah KH Ahmad Dahlan yang notabene juga anak abdi dalem Kesultanan Mataram Islam Yogyakarta. Dia pergi beberapa kali pada awal tahun 1900-an.

Sayangnya, saking ikhlasnya tidak ada yang mengelola secara profesional tanah atau rumah itu selayaknya orang Aceh itu. Mereka tak secara jelas mewakafkan atau mengalihkan kepada pihak siapa dan untuk tujuan apa atas tanah tersebut. Apalagi kini perluasan Masjidil Haram terus berlangsung. Rumah dan aneka bangunan milik pribadi di sekitar Ka’bah dibongkar dan dipinggirkan. Akibatnya, hanya rumah wakaf milik orang Aceh itu yang memang letaknya tak jauh dari Masjidil Haram yang jelas nasibnya.

Jadi, tanah wakaf di Makkah itu ternyata mengandung soal begitu komplek dan rumit. Pertaruhannya tak hanya soal fulus belaka, tapi juga menyangkut soal sejarah perkembangan Islam di nusantara. Bahkan, bisa lebih jauh, yakni soal perlawanan dan perjuangan melawan kolonial sampai eksistensi pendirian negara republik Indonesia.

Penerjemah Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Ihram
الأرض الموقوفة في مكة المكرمة
تعليق (0)
اضافة التعليق