احباط محاولة تهريب خمور في رياو

TNI AL Amankan Ratusan Kardus Miras Ilegal Asal Singapura

0 562

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – القوات البحرية الإندونيسية تحبط محاولة تهريب 496 كرتونة خمور بشكل غير قانوني في رياو قادمة من سنغافورا ، وتم القبض على الجاني.

قال رئيس القوات البحرية وحيو ديلي يودا هاديانتو في لقاء صحفي عقد معه يوم الأحد (24/3/2019): “تم التحفظ على لنش 1200 PK تحتوي على حوالي 496 كرتونة خمور بشكل غير قانوني قادمة من سنغافورا”.

أضاف وحيو أنهم تلقوا بلاغ من أحد من المواطنيين عن محاولة تهريب خمور عبر مياة إندراجيري هيلير في ليلة الجمعة (13/3).

أكمل وحيو حديثه: “إستنادًا لهذه المعلومات التي وصلتنا ، تحركت الفرقة F1QR من القوات البحرية  إلى المكان المحدد وبالفعل شُهِد لنش سريع هناك”.

في حوالي الساعة الثانية بعد منتصف بدأت ملاحقة اللنش لمدة 30 دقيقة بعد محاولتهم الهروب بالخمور.

قال وحيو: “حاولوا الهروب منّا ، ولكن كان لدينا الوقت لنعطيهم تحزيرات في الجو”.

وفي النهاية توقف هذا اللنش عند رصيف في ميناء تيمبيلاهان البحري وبعضهم حاول الهروب.

قال وحيو: “6 أشخاص حاولوا الهروب ولكن فريقنا تمكن القبض على واحد منهم”.

بعد الفحص تبين للجهات المختصة أن هذه المشروبات الكحولية ذات العلامات العالمية قادمة من سنغافورا وتوقفت قبلها في باتام.

أكمل وحيو: “بعد إعتراف الشخص الذي تمكن فريقنا من القبض عليه تبين لنا أن هذه الكحوليات كان من المفترض أن يتم تسويقها وبيعها في رياو ، وبعد الفحص والعد وجدنا أن عدد هذه الزجاجات هو 5952 زجاجة خمر من علامات تجارية أجنبية”.

وحتى الآن مازالت القوات البحرية الإندونيسية تبحث هذه القضية لمعرفة مالكهم حيث قال وحيو: “مازلنا نبحث عن مالكهم ونعرف عن الحادث بشكل أعمق”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.comPangkalan Laut (Lanal) TNI AL Dumai di Riau menggagalkan penyelundupan 496 kardus berisi minuman keras (miras) ilegal dari Singapura. Seorang pelaku sudah ditangkap.

“Kita mengamankan satu speedboad 1200 PK yang sarat dengan miras ilegal asal Singapura. Ada sekitar 496 kardus di dalam kapal tersebut,” kata Komandan Lanal Dumai Letkol Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Minggu (24/3/2019).

Wahyu menjelaskan, awalnya pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat akan adanya penyelundupan miras. Miras tersebut akan masuk ke wilayah perairan Indragiri Hilir (Inhil), pada Jumat (15/3) malam.

“Atas informasi tersebut, tim kita kerahkan untuk melakukan pemantauan di laut. Tim F1QR Dumai malam hari bergerak melihat adanya pergerakan speedboad yang melintas,” kata Wahyu.

Melihat hal itu, lanjutnya, tim melakukan pengejaran pada pukul 02.00 WIB. Ada sekitar 30 menit terjadi aksi kejar-keran. Speedboad bermuatan miras ini mencoba kabur dari pengejaran TNI AL.

“Mereka berusaha kabur dalam pengejaran. Tim sempat melakukan penembakan peringatan ke udara,” kata Wahyu.

Akhirnya speedboad ini berhenti di dermaga di Tembilahan. Beberapa orang sempat melarikan diri.

“Ada sekitar 6 yang melarikan diri. Namun tim di lapangan berhasil mengamankan satu orang,” kata Wahyu.

Dalam pemeriksaan, diketahui bahwa miras yang diselundupkan ini memuat berbagai jenis miras merek internasional. Miras ini dibawa dari Singapura dan sempat singgah di Batam.

“Dari keterangan satu orang yang kita amankan, rencananya miras ini akan dipasarkan di wilayah Riau. Setelah kita hitung dari jumlah dus itu, ada 5.952 botol miras berbagai merek luar negeri B,” kata Wahyu.

Pihak TNI AL masih mengembangkan kasus ini untuk mengungkap siapa pemiliknya. “Masih kita kembangkan siapa pemiliknya. Kasus ini masih kita proses lebih lanjut,” tutup Wahyu.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...