إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

برنامج سياحي مثير في جزيرة لومبوك

Paket Wisata Lombok, Liburan Singkat yang Bikin Semangat

457

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تشتهر إندونيسيا بجمال طبيعتها الخلابة حتى أن بعض جزرها اشتهرت خارج البلاد من خلال عروضها السياحية التي تعرض جمال طبيعتها ووجهة سياحتها الشيقة. واحدة من احدى هذه الجزر المعروفة بجاذبية طبيعتها هي جزيرة لومبوك. لا نشك في جمال طبيعة هذه الجزيرة التي تقع في منتصف إندونيسيا، وشواطئها بشكل خاص.

تدخل جزيرة لومبوك ضمن أرخبيل نوساتينجارا. بالنسبة إلى لومبوك نفسها فهي تقع في مقاطعة نوساتينجارا الغربية مع عاصمة مقاطعة ماتارام. والوجهات السياحية فيها متنوعة. حتى إن بعض مكاتب السياحة يقدمون عروض رحلات سياحية بلومبوك مع خيارات شيقة.

بالإضافة إلى ذلك، بالنسبة للمتزوجين حديثُا الذين يرغبون بقضاء شهر العسل في لومبوك، هناك العديد من البرامج التي أعدت خصيصًا لقضاء شهر العسل بلومبوك. العديد من المكاتب السياحية تقدم برامج سياحية للومبوك باعتبارها واحدة من الوجهات السياحية المفضلة.

بالإضافة إلى ذلك هناك عروض عديدة من الوجهات السياحية الطبيعية. ولمحبي اللعب على الشاطئ يمكن الاستمتاع بجمال شاطئ لومبوك. ولمحبي تجوال الجبال، يستطيعون اختيار برنامج سياحي للتجول في جبل رنجاني بلومبوك.

وبالنسبة لمن يرغب بالسياحة بلومبوك ولكن مايزال حائرًا بتكاليف الرحلة أو وجهتها، يستطيع أخذ البرامج السياحية المعروضة لوجهات السياحة بلومبوك في المكاتب السياحية.

برنامج سياحة لومبوك 3 أيام و2ليلة

بالنسبة لبرنامج السياحة بلومبوك 3 أيام و2 ليلة، ينقسم إلى رحلة سياحية عادية ورحلة سياحية لقضاء شهر العسل بلومبوك. إن لم يكن لديك وقت عطلة طويلة بما فيه الكفاية فهذ البرنامج مناسب لك.

هذا البرنامج يمكنك الاستمتاع به مع الأصدقاء أو مع العائلة. والتالي هو النشاطات الذي يمكنك القيام بها عند اختيار هذه الحزمة.

اليوم الأول باقة السياحة بلومبوك: القدوم جولة بـ “ساساك-كوتا”

  1. عند وصولك بمطار لومبوك سوف يستقبلك مرشد محلي.
  2. سيصطحبك إلى البيت التقليدي. من ثم يتم توجيهك لأحد بيوت قبيلة ساساك التقليدية التي لاتزال موجودة في القرى بلومبوك. لن تشاهد البيوت التقليدية فقط، ولكن يمكنك أيضًا زيارة الأماكن الذي يصنع فيه النسيج والحياكة الفريدة في لومبوك. أصبحت بعض القرى في لومبوك بالفعل مراكز لمحترفي النسيج.
  1. الذهاب إلى شاطئ ماندليكا كوتا. شاطئ كوتا ليس في بالي فقط بل بلومبوك أيضا. الفرق بين الشاطئين هو أن شاطئ لومبوك رماله بيضاء وله شكل مثل الفلفل.
  2. تناول الغداء في مكان الزيارة، عندما تشير الساعة إلى وقت تناول الغداء، يمكنك تذوق الأطباق الخاص بلومبوك في المطاعم المحلية المتواجد بشاطئ كوتا.
  3. قرية محترفي الفخار، بعد انتهاء اللعب على الشاطئ وتناول الغداء أيضًا، يمكنك زيارة الأماكن التي يصنع فيها الفخار التقليدي. هناك مكان أو قرية واحدة تملك حرفة فخارية خزفية وهي قرية بانيوكيليك (Banyumelek)
  4. الدخول بالفندق وبرنامج حر، بعد استكشاف عدة أماكن، يمكن الدخول بالفندق الذي هيأ من قبل. لأنه اليوم الأول لك بلومبوك فمن الأكيد أن طاقتك قد اهدرت.

حتى الآن قد قمت بجولة طويلة إلى لومبوك. لذلك من الأفضل أن تستريح مبكرًا. ولكن إذا مازلت تريد التجوال يمكن التجوال بالأماكن المحيطة بالفندق الذي تقيم فيه.

اليوم الثاني باقة السياحة بلومبوك: جولة في غيلي تراوانج

  1. تناول الفطور في الفندق: في بداية اليوم الثاني يمكن البدء بتناول الفطور الذي تم تهيئته من قبل الفندق.
  2. جولة في غيلي تراوانج: في العادة اليوم الثاني من الرحلة لك حرية اختيار الجولة. ولكن السياح عادة يختارون جولة غيلي تراوانج. يمكنك الذهاب إلى تل ماليبو للتمتع بمنظر جبل أغونج الواقع ببالي. وإلى جانب ذلك مشاهدة مجموعة جزر غيلي الخلابة.
  1. الذهاب إلى فلة الأشباح: من ثم يمكنك الذهاب إلى فلة الأشباح المتواجد بلومبوك. مع أنه مرعب بعض الشيء، ولكن المشهد الذي ستراه رائع. وبالطبع يمكنك التصوير في فلة الأشباح.
  2. التوجه إلى جزيرة غيلي تراوانج: بعد التصوير بفلة الأشباح، يمكنك إكمال جولتك تجاه جزيرة غيلي تراوانج. للذهاب إلى هذه الجزيرة عليك استخدام قارب سريع خاص من ميناء تيلوك ناري. تستغرق الرحلة بهذا القارب السريع حوالي 20 دقيقة فقط.
  3. السياحة في غيلي تراوانج: عند وصولك جزيرة غيلي تراوانج، يمكنك التمتع بالأماكن السياحية القديمة / بهاري الموجود بها. إذا كنت من محبي السباحة أو الغوص، فهذا المكان مناسب لك. يمكنك الغوص هنا ولكن إذا كنت لا تستطيع السباحة يمكنك استخدام قارب ذو قاع زجاجي كي تستمتع بجمال قاع البحر.
  4. حجز فندق بجزيرة غيلي تراوانج: للإستمتاع بجمال غيلي تحتاج إلى وقت أطول ولذا يمكنك حجز غرفة في الفندق المتواجد في غيلي تراوانج.
  5. الأكل في المطاعم المحلية: من ثم يمكنك تناول العشاء. يمكنك تذوق الأطباق الخاصة بجزيرة غيلي تراوانج حتى الشبع، ثم يمكنك العودة للفندق للإستراحة أو التجول ليلا للتمتع بجو الليل بغيلي تراوانج.

اليوم الثالث باقة السياحة بلومبوك: الهدايا التذكارية

في اليوم الثالث عليك العودة للومبوك. لأن اليوم الثالث هو آخر يوم لرحلتك. ولن تكتمل الرحلة إذا لم تتسوق وتبحث عن الهدايا التذكارية من لومبوك.

  1. تناول الفطور والخروج: لإختصار الوقت، يمكنك تناول الفطور بالفندق الذي حجزت فيه ثم قم بإجراءات الخروج.
  2. التوجه لمدينة ماتارام: بالتالي عليك العودة إلى جزيرة لومبوك للتجوه إلى مدينة ماتارام. هنا يمكنك استخدام قارب سريع خاص مرة أخرى مثل قدومك لجزيرة غيلي تراوانج.
  3. البحث على الهدايا التذكارية: عندما تصل لمدينة ماتارام، يمكنك الذهاب إلى الأماكن التي تتوافر فيها الهدايا الخاصة بلومبوك. وإضافة إلى ذلك، يمكنك شراء التيشرت الخاص بلومبوك، ولآلئ الخاص بلومبوك. ولا تنسى شراء المأكولات الخفيفة الخاصة بالجزيرة للأصدقاء والأسرة.
  4. تناول الغداء في المطعم المحلي: بعد شراء الهدايا التذكارية، يمكنك البحث عن مطعم محلي لتناول وجبة الغداء قبل الاستمرار بالرحلة. ومن الأفضل لك أيضا أن تبحث عن الأطباق الخاصة بلومبوك.
  5. التوجه إلى المطار: بعد تناول الغداء في المطعم المحلي يمكنك إكمال رحلتك متوجهًا إلى المطار الدولي بلومبوك. للعودة إلى البيت.

بالرغم أن الرحلة قصيرة، ولكن برنامج سياحة بلومبوك 3 أيام و 2 ليلة كاف للاسترخاء. ولكن إذا كانت عطلتك أطول يمكنك قضاء العطلة بلومبوك لوقت أطول.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya. Bahkan beberapa pulau di Indonesia pun sudah terkenal hingga mancanegara karena keindahan dan wisata alam yang ditawarkan. Salah satu pulau yang menawarkan keindahan alam ialah Pulau Lombok. Pulau yang terletak di Indonesia bagian tengah ini memang tak perlu di pertanyakan lagi keindahan alamnya, terutama pantai.

Pulau Lombok sendiri termasuk dalam gugusan kepulauan Nusa Tenggara. Untuk Lombok sendiri masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan ibukota provinsi Mataram. Destinasi wisata yang ditawarkan jika berkunjung ke Lombok pun sangat beragam. Bahkan beberapa agen tour and travel pun menawarkan paket wisata Lombok dengan berbagai pilihan.

Selain itu, untuk kamu yang baru saja membina rumah tangga dan ingin honeymoon di Lombok, jangan khawatir. Karena banyak pula yang menawarkan paket wisata Lombok untuk honeymoon. Banyak agen tour and travel yang menawarkan paket wisata Lombok karena Lombok pun salah satu destinasi wisata favorit.

Selain itu, beragam jenis wisata alam pun di tawarkan. Kamu yang senang bermain di laut bisa menikmati keindahan pantai Lombok. Jika kamu senang trekking, bisa pula mengambil paket wisata Lombok untuk trekking di Rinjani.

Kamu yang ingin berwisata di Lombok namun masih bingung dengan harga ataupun tempat wisata, bisa loh mengambil paket wisata Lombok yang disediakan agen-agen travel. Liputan6.com pun punya beberapa referensi paket wisata Lombok yang bisa kamu pilih dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019).

Paket wisata Lombok 3 hari 2 malam

Untuk paket wisata Lombok 3 hari 2 malam ini pun terbagi dalam wisata biasa dan juga paket wisata lombok honeymoon. Bila kamu memang tidak memiliki waktu libur yang cukup panjang, tentu saja paket liburan 3 hari 2 malam ini cocok untuk kamu pilih.

Untuk paket wisata 3 hari 2 malam ini bisa kamu lakukan bersama teman ataupun keluarga. Berikut ini kegiatan yang bisa kamu lakukan saat memilih paket wisata Lombok 3 hari 2 malam.

Hari 1 Paket Wisata Lombok: Kedatangan dan Sasak-Kuta Tour

  1. Tiba di bandara disambut guide lokal
  2. Rumah Tradisional. Selanjutnya kamu akan diarahkan menuju rumah tradisional suku Sasak yang masih bisa kamu temui di desa-desa Lombok. Bukan hanya melihat rumah tradisional saja, akan tetapi kamu pun bisa mengunjungi kerajinan tenun dan ikat khas Lombok. Beberapa desa di Lombok pun memang menjadi pusat pengrajin kain tenun dan ikat.
  3. Mengunjungi pantai mandalika kuta. Bukan hanya Bali saja yang memiliki pantai Kuta, di Lombok pun ada juga pantai Kuta. Akan tetapi pantai di Lombok ini memiliki pasir putih dan juga berbentuk seperti merica.
  4. Makan siang di lokasi wisata. Jika sudah menunjukan waktu makan siang, kamu pun bisa loh mencicipi makanan khas lombok di restoran lokal yang ada di pantai kuta tersebut.
  5. Desa kerajinan gerabah. Setelah puas bermain di pantai dan juga makan siang, kamu bisa mengunjungi kerajinan gerabah atau tembikar khas Lombok. Salah satu tempat atau desa yang memiliki kerajinan gerabah dari tanah liat ialah desa Banyumelek.
  6. Check in Hotel dan acara bebas. Setelah puas menjelajahi beberapa tempat, kamu pun bisa untuk check in di hotel yang telah disediakan. Karena hari pertama ini kamu baru tiba di Lombok, tentu saja tenaga yang kamu gunakan telah terforsir.

Apalagi kamu pun telah melakukan perjalanan panjang menuju Lombok. Jadi ada baiknya untuk beristirahat lebih awal. Namun bila masih belum puas berkeliling, kamu pun bisa berjalan-jalan di area sekitar hotel tempat kamu menginap.

Hari 2 Paket Wisata Lombok: Gili Trawangan Tour

  1. Sarapan di hotel. Untuk hari kedua ini kamu bisa memulai hari dengan menyantap sarapan menu yang disediakan pihak hotel.
  2. Gili trawangan tour. Biasanya untuk hari kedua ini kamu memiliki pilihan tour. Namun yang sering dipilih oleh para wisatawan ialah Gili Trawangan Tour. Kamu bisa mengunjungi Bukit Malimbu untuk menikmati pemandangan Gunung Agung di Bali. Selain itu bisa pula untuk melihat gugusan pulau Gili yang memukau.
  3. Mengunjungi Villa Hantu. Selanjutnya kamu bisa mengunjungi villa hantu yang ada di Lombok. Meskipun namanya cukup menyeramkan, akan tetapi pemandangan yang bisa kamu dapatkan justru menakjubkan. Tentu saja kamu bisa mengambil berbagai pose foto di villa hantu ini.
  4. Menuju pulau Gili Trawangan. Puas berfoto di villa hantu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gili Trawangan. Untuk menuju Gili Trawangan kamu akan menggunakan private speedboat dari Pelabuhan Teluk Nare. Perjalanan menggunakan speedboat ini pun memakan waktu kurang lebih 20 menit saja.
  5. Wisata di Gili Trawangan. Setelah sampai di Pulau Gili Trawangan, kamu bisa menikmati wisata bahari yang ada. Jika kamu senang berenang ataupun menyelam, tentu saja Gili Trawangan tempat yang sangat tepat. Kamu bisa bersnorkling atau short diving. Namun jika kamu tidak bisa berenang jangan khawatir, kamu bisa menggunakan kapal dengan glass bottom untuk menikmati keindahan bawah lautnya.
  6. Check in hotel di Gili Trawangan. Tentu saja menikmati keindahan di Gili Trawangan ini tak bisa kamu lakukan dalam waku singkat. Untuk itu, kamu pun bisa check in di hotel yang ada di Gili Trawangan.
  7. Makan malam di restoran lokal. Setelah itu, untuk makan malam, kamu pun bisa mencoba menu khas dari Pulau Gili Trawangan loh. Jika sudah puas bersantap, kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat atau berkeliling untuk menikmati suasana malam di Gili Trawangan.

Hari 3 Paket Wisata Lombok: Berburu oleh-oleh

Untuk hari ketiga ini tentu saja kamu harus kembali ke Pulau Lombok. Karena hari ketiga merupakan hari terakhir, maka tak lengkap bila kamu tidak berburu oleh-oleh dari Lombok.

  1. Sarapan pagi dan check out. Untuk menyingkat waktu, kamu bisa melakukan sarapan pagi di hotel tempat kamu menginap sekaligus melakukan chek out.
  2. Menuju kota Mataram. Selanjutnya kamu pun harus kembali ke Pulau Lombok untuk menuju Kota Mataram. Disini kamu bisa menggunakan private speedboat lagi seperti saat kamu akan menuju pulau Gili Trawangan.
  3. Berburu cindera mata. Jika kamu sudah tiba di Kota Mataram, kamu bisa untuk mengunjungi tempat oleh-oleh khas Lombok. Selain itu, kamu juga bisa membeli kaos khas lombok bahkan mutiara Lombok. Jangan lupa pula untuk membeli jajanan khas Lombok untuk kawan dan keluarga di rumah.
  4. Makan siang di restoran lokal. Setelah membeli oleh-oleh, kamu pun bisa mencari restoran lokal untuk bersantap siang sebelum melanjutkan perjalanan. Tentu saja sebagai makan siang kamu pun sebaiknya mencari santapan yang menyajikan masakan kahs Lombok.
  5. Menuju bandara. Setelah selesai bersantap siang di restoran lokal. Kamu pun bisa melanjutkan perjalanan menuju Bandara International Lombok. Untuk kembali ke rumah.

Meskipun terasa singkat, akan tetapi paket wisata Lombok 3 hari 2 malam ini cukup untuk melepaskan penat. Namun jika kamu memiliki waktu libur lebih lama tak ada salahnya untuk berkunjung ke Lombok lebih lama.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen Alsaifi

(113)

تعليقات
Loading...
Click Me