إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

خمس نصائح للسياح بعد سلسلة الزلازل في لومبوك

Inilah 5 Tips Aman untuk Wisatawan Pasca Rentetan Gempa di Lombok

0 344

لومبوك، إندونيسيا اليوم – هزّ زلزال جزيرة لومبوك منذ الأحد الماضي.

بين أيدينا مجموعة نصائح للسياح المقيمين هناك.

النصائح مقدمة من مركز علم البراكين والتخفيف من الكوارث الجيولوجية بعدما لا يقل عن ست زلازل منذ أمس. والنصائح كما يلي:

1. الالتزام بالهدوء واتباع توجيهات الجهات الرسمية

يرجى من الجميع الالتزام بالهدوء واتباع توجيهات الحكومة المحلية ووكالة إدارة الكوارث المحلية، وعدم التأثر بالشائعات التي تتعلق بأمواج تسونامي. ولا بأس من متابعة الحسابات الرسمية للوكالة، والمركز وغيرها من الجهات الرسمية .

2. الالتزام بالاستعداد للإجلاء عند حدوث الهزات الإرتدادية

ومن المتوقع أن تكون الهزات الارتدادية أصغر من الزلازل الكبرى الماضية. ولكن يرجى من الجميع أن يظلوا متأهبين للإخلاء الفوري.

3. التوجه للأماكن المكشوفة وتجنبالمباني

يرجى أن يظل الجميع بمن فيهم السياح في الأماكن المكشوفة. ويُطلب منهم تجنب المباني. التي، انهارت المباني نتيجة لزلازل، سابقة.

4. الحذر من تشققات سطح الأرض

في هذه الأحداث، كانت هناك العديد من التشققات في سطح الأرض. كما أوضح رئيس مركز البيانات والمعلومات والعلاقات العامة بالوكالة لإدارة الكوارث، سوتوبو بورو نوغروهو، ظهور تشققات على الطرق في ميناء كايانغان.

5. الاحتراس من الانهيارات الأرضية

يُطلب من السياح المتواجدين حول الجبال أو التلال أو سفح جبل ريبجاني أن يحذروا من الانهيارات الأرضية. وقد سجلت الوكالة انهيار أرضي في سيمبالون،في بوكيت بيغانغسينجان وبوكيت أناك دارا. ويجب على المسافرين الابتعاد عن الأماكن المعرضة للانهيارات الأرضية في نوسا تينجارا الغربية.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايفي | المصدر: ديتيك


Lombok, Indonesiaalyoum.com – Deretan gempa mengguncang Lombok sejak Minggu kemarin. Inilah tips aman untuk wisatawan yang masih berada di sana.

Beberapa gempa mengguncang Lombok, dengan guncangan besar 6,5 SR dan 7 SR. Hingga Senin (20/8/2018) gempa susulan masih bisa dirasakan.

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setidaknya sudah ada 6 gempa sejak kemarin. Untuk itulah mereka memberikan rekomendasi langkah-langkah pengamanan yang bisa dilakukan semua orang termasuk wisatawan:

1. Tetap tenang dan ikut arahan pihak resmi

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Para traveler tidak ada salahnya juga mem-follow akun-akun resmi BNPB, PVBMG dan pihak resmi lain untuk informasi terkini. Jangan mengikuti informasi yang tidak jelas sumbernya.

2. Tetap waspada gempa susulan

Gempa bumi susulan diharapkan lebih kecil dari gempa bumi utama. Namun masyarakat diharapkan tetap waspada.

3. Cari tempat terbuka, jauhi bangunan

Semua orang termasuk wisatawan diharapkan tetap berada di tempat terbuka. Mereka diminta menghindari berada di dalam bangunan. Akibat guncangan gempa bumi sebelumnya, bangunan menjadi rawan roboh.

4. Waspada retakan permukaan Bumi

Dalam gempa Bumi kali ini, terjadi banyak retakan di permukaan Bumi. Misalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan munculnya retakan jalan menuju ke Pelabuhan Kayangan.

5. Waspada longsoran

Untuk para wisatawan yang ada di sekitar pegunungan, perbukitan atau kaki Gunung Rinjani diminta mewaspadai runtuhan tanah. BNPB mencatat terjadi longsor di Sembalun, tepatnya di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara. Wisatawan sebaiknya menjauh dari tempat rawan longsor di NTB.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Talal Al-Shaigi| Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...
Click Me