إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

سحر ( كاليبيرو ) نهر أزرق في راجا أمبات

Digoda Kalibiru Raja Ampat

- الإعلانات -

0 307

راجا أمبات ، إندونيسيا اليوم – واحدة من صور الجمال في راجا أمبات ، غرب بابوا يتمثّل في كاليبيرو. المياه الزرقاء الصافية تغري للسباحة فيها.

السياحة في راجا أمبات ليس فقط البحر والشاطئ إذا أراد المسافر استكشاف الغابة فهي وجهة ممتازة تلك الوجهات السياحية التي لم تكن معروفة عند كثير من السياح.كاليبيرو في منطقة خليج ماياليبيت.

كما هو واضح من اسمها، كاليبيرو عبارة عن نهر يتدفق بغزارة من مياه كالكريستال الأزرق. يمكن للمسافرين الوصول إلى هذا الموقع مع رحلة بالقارب السريع لمدة ساعة واحدة من مدينة وايساي أو 15 دقيقة من قرية وارسامبين.

سحر ( كاليبيرو ) نهر أزرق في راجا أمبات1

اعتمادا على حالة الخليج ، إذا كان الماء منحسر قد يحتاج المسافر للسير أولاً على طول النهر. بعد ذلك ، من 5 إلى 10 دقائق سيرا على الأقدام عبر الغابة حتى تصل أخيرا إلى كاليبيرو.

والمثير للدهشة، في وسط الغابة، تتوفر المرافق السياحية الأساسية مثل شرفات المراقبة والمراحيض النظيفة. وقد تم توفير هذه المرافق بحيث يمكن للسائحين الشعور بالراحة بعد السباحة.

قامت ديتيك ترافيل بزيارة كاليبيرو يوم السبت (25/8) مع رئيس قرية وارسامبي يولس أنسان باعتباره زعيم تقليدي للإدارة. وفقا ليولس، اللون الأزرق الذي يميّز كاليبيرو يعدُّ طبيعياً من المنبع.

يقال إن قبيلة ماياليبيت الأصلية كانت تستحم في كاليبيرو قبل القتال. وهم يستطيعون تحمل برد الماء يعني أنهم مستعدون للقتال.

سحر ( كاليبيرو ) نهر أزرق في راجا أمبات2

بعد سماع القصة لم أتمالك نفسي فحاولت على الفور استكشاف هذا الماء السحري الذي يشحذ همم المقاتلين في كاليبيرو.

يرجى توخي الحذر لأن الماء الصافي، قد يوهم بعض الناس كونه ليس عميقاً،على العكس فالنهر عميق جداً. في مرحلة ما ، يمكن أن يكون لدى كاليبيرو عمق يصل إلى خمسة أمتار مع تيارات قوية.

بعد السباحة ، يمكن للزائر أن يطلب من المرشد المحلي الحصول على مياه من منبع كاليبرو في زجاجة يمكن شربها مباشرة. و لكن ليس كل الناس يمكنه الذهاب إلى المنبع لأن منبع كاليبيرو يعتبر مقدسًا.

سحر ( كاليبيرو ) نهر أزرق في راجا أمبات3

إذا كنت تريد أن تأتي إلى كاليبيرو من قرية وارسامبينج ، هناك مجموعات سياحية تدار من قبل السكان المحليين. عليك باستئجار قارب 500،000 روبية وللسياح المحليين بسعر 250 روبية للشخص الواحد و للسياح الأجانب بسعر300روبية للشخص الواحد.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Raja Ampat, Indonesiaalyoum.com – Salah satu keindahan di Raja Ampat, Papua Barat adalah Kalibiru. Airnya yang berwarna biru jernih sungguh menggoda traveler untuk berenang di sana.

Jalan-jalan di Raja Ampat tidak hanya melulu melihat laut dan pantai, kalau traveler mau sedikit menjelajah hutan ada destinasi wisata yang masih belum banyak terjamah. Salah satu contohnya adalah Kalibiru di kawasan Teluk Mayalibit.

Sesuai namanya, Kalibiru adalah sungai dengan aliran air unik berwarna biru kristal. Traveler bisa mencapai lokasi ini dengan sekitar satu jam perjalanan speedboat dari Kota Waisai atau 15 menit dari Kampung Warsambin.

Tergantung dari kondisi teluk, bila air sedang surut traveler mungkin perlu berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri sungai. Setelah itu lima sampai 10 menit menyusuri hutan sampai akhirnya sampai ke Kalibiru.

Hal yang mengejutkan di tengah hutan ternyata sudah tersedia fasilitas dasar untuk turis seperti gazebo dan toilet yang bersih. Fasilitas tersebut sudah disediakan agar turis bisa berbilas dan beristirahat usai berenang.

detikTravel sendiri berkesempatan mengunjungi Kalibiru pada Sabtu (25/8) kemarin bersama Kepala Kampung Warsambin Yules Ansan selaku tokoh adat pengelolanya. Menurut Yules, Kalibiru mendapatkan warna biru kristalnya secara alami dari mata air.

Konon katanya dahulu suku asli Teluk Mayalibit mandi di Kalibiru sebelum berperang. Mereka yang bisa tahan terhadap dinginnya air berarti sudah dinyatakan siap untuk berperang.

Mendengar cerita tersebut tak menunggu lama saya langsung mencoba menceburkan diri di Kalibiru. Benar saja airnya terasa begitu dingin dan segar ketika mengenai tubuh.

Harap hati-hati karena warnanya yang bening, beberapa orang mungkin bisa keliru mempersepsikan kedalamannya. Di beberapa titik Kalibiru bisa memiliki kedalaman sekitar lima meter dengan arus yang kuat.

Usai berenang traveler bisa meminta pemandu warga lokal untuk mengambilkan mata air Kalibiru di dalam botol yang bisa langsung diminum. Tidak bisa sembarangan orang mengambilnya karena mata air Kalibiru dianggap keramat.

Nah kalau mau datang ke Kalibiru dari Kampung Warsambin tersedia paket wisata yang dikelola oleh warga setempat. Ada sewa perahu Rp 500 ribu dan untuk turis lokal tarifnya Rp 250 ribu per orang sementara turis asing tarifnya Rp 300 ribu per orang.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

(14)

تعليقات
Loading...
Click Me