آسيان وروسيا يتفقان على تعزيز التعاون في مكافحة الإرهاب

ASEAN-Rusia Sepakat Perkuat Kerja Sama Berantas Terorisme

0 684

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  اتفقت الدول الأعضاء في رابطة دول جنوب شرق آسيا (آسيان) وروسيا على تعزيز التعاون في مكافحة الإرهاب، كما ورد في بيان صحفي في جاكرتا، يوم الأحد.

“لا يمكننا العمل بشكل مستقل ضد الإرهاب، نحن بحاجة إلى تحسين التعاون وتنفيذ استراتيجية شاملة لمكافحة الإرهاب وحملات للحد من هذه الظاهرة الخطيرة” قال مدير التعاون الخارجي لآسيان بوزارة الخارجية الإندونيسية، بيني سياهآن.

نقل بيني ذلك باعتباره ممثل الحكومة الإندونيسية في الاجتماع الـ 15 لكبار المسئولين من آسيان وروسيا (ARSOM).

وخلال الاجتماع، أعربت الدول الأعضاء في آسيان وروسيا عن تعازيها لإندونيسيا على الأعمال الإرهابية الأخيرة في عدة مدن في إندونيسيا.

إن الإرهاب علامة على أن خطر الإرهاب في المنطقة لا يزال ظاهرا وخطيرا، والقضاء عليه يحتاج إلى التعاون المكثف بين الدول بما في ذلك التعاون بين آسيان وروسيا.

“إن إندونيسيا تحترم بشدة التزام روسيا بالتعاون في مكافحة الإرهاب والجرائم العابرة للقارات من خلال آليات التعاون المختلفة لآسيان،” قال بيني.

“على كل من آسيان وروسيا الاستمرار في تحسين الجهود لتبادل وتعلم أفضل الممارسات والخبرات فيما يتعلق بمكافحة الإرهاب”. واصل بيني.

وشددت حكومة إندونيسيا أيضا على أهمية التعاون في منع ومكافحة الراديكالية والتطرف العنيف من خلال اتباع المناهج اللينة (القوة الناعمة).

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Negara anggota ASEAN dan Rusia sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam memberantas terorisme, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri melawan terorisme. Kita perlu meningkatkan kerja sama danmenerapkan strategi yang komprehensif dalam melawan terorisme dan kampanye penyebaran ketakutan mereka,” kata Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kemenlu Benny YP Siahaan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Benny saat mewakili pemerintah Indonesia pada Pertemuan ke-15 ASEAN-Russia Senior Ocials` Meeting (ARSOM).

Pada pertemuan itu, negara anggota ASEAN dan Rusia menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas aksi terorisme yang belum lama ini terjadi di beberapa kota di Indonesia.

Aksi teror tersebut menjadi pertanda bahwa ancaman terorisme di kawasan masih sangat nyata, serius, dan penanggulangannya memerlukan kerja sama intensif antarnegara termasuk, kerja sama ASEAN-Rusia.

“Indonesia sangat menghargai komitmen Rusia dalam kerja sama pemberantasan terorisme dan kejahatan transnasional lainnya melalui berbagai mekanisme kerja sama ASEAN,” ucap Benny.

“Baik ASEAN maupun Rusia perlu terus meningkatkan upaya untuk saling berbagi serta mempelajari praktik terbaik dan pengalaman satu sama lain dalam memberantas terorisme,” lanjutnya.

Pemerintah Indonesia juga menekankan pentingnya kerja sama pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan kekerasan ekstremisme melalui pendekatan lunak (soft power).

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber:  Antara

تعليقات
Loading...