أنور إبراهيم يمدح عصر الإصلاح تحت رئاسة الرئيس حبيبي

Anwar Ibrahim Puji Masa Reformasi di Pemerintahan Habibie

0 698

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – التقى نائب رئيس الوزراء الماليزي السابق، أنور إبراهيم، مع الرئيس الثالث لجمهورية إندونيسيا، بهار الدين يوسف حبيبي، في اجتماع مغلق. وتحدث أنور وحبيبي عن الإصلاح في إندونيسيا.

جدير بالذكر، إن إندونيسيا تحتفل اليوم بعشرين عاماً من الإصلاح. وادعى أنور أنه معجب بالإصلاح الجاري في إندونيسيا.

“الإصلاح في إندونيسيا متجدد ومثير للإعجاب”. قال أنور في مقر إقامة حبيبي، شارع باترا كونينجان ، جاكرتا الجنوبية، يوم الأحد (20/5/2018).

وقال أنور إنه قريب من الأشخاص المرتبطين بالإصلاح، بدءا من الرئيس الإندونيسي الثاني سوهارتو، و حبيبي الذي حل محل سوهارتو بعد الإصلاح. ومدح أنور أيضاً شخصية حبيبي وشجاعته في حقبة الإصلاح في إندونيسيا.

“فقط الشخص الشجاع الذي يقدر على القيام باللكثير من التجديد في فترة قصيرة. المحكمة والإعلام والسجناء السياسيون والاقتصاد واللامركزية كلها كانت من أعمال(حبيبى)”. قال أنور.

واضاف، التجديد الذي فعله حبيبى، بحسبه ما زال في متناميا طوال هذه المدة. وأوضح أن هناك أمران يجب تحسينهما في تنفيذ الإصلاح.

“أولا، يجب القضاء على الفساد الذي يقال أنه تقليدي، دون تمييز. وليست السلطة التى تحدد، لكن الرقابة الحرة”. قال أنور.

الثانية، الفقر وعدم المساواة الاقتصادية. وفقا له، أصبح الفقر وعدم المساواة الاقتصادية من الأمور التي يجب تحسينها في تنفيذ الإصلاح في بلداننا.

“إن الفقر وعدم المساوة الاقتصادية المدفوعة بنمو الاستثمار المذهل هي بالنسبة لي ذات مغزى،” قال أنور.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu dengan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dalam pertemuan tertutup itu, Anwar dan Habibie sempat membicarakan reformasi di Indonesia.

Untuk diketahui, hari ini Indonesia memperingati 20 tahun reformasi. Anwar mengaku terkesan dengan reformasi yang terjadi di Indonesia.

“Reformasi itu di Indonesia bergulir dan mengesankan,” kata Anwar, di kediaman Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018).

Anwar mengatakan, ia dekat dengan orang-orang yang terkait dengan reformasi itu, mulai dari Presiden ke-2 Soeharto, terutama Habibie yang saat itu menggantikan Soeharto usai reformasi. Anwar pun memuji sosok Habibie yang disebutnya pemberani dalam masa reformasi di Indonesia.

“Hanya sosok seseorang yang pemberani yang mampu dalam masa yang sesingkat itu melakukan pembaharuan sebanyak itu. Sama ada badan kehakiman, media, tahanan politik, ekonomi, desentralisasi semua itu dilakukan oleh beliau (Habibie),” ujarnya.

Pembaharuan yang dilakukan Habibie, kata Anwar, sepengetahuannya selama ini terus diperbaiki. Anwar mengatakan, ada dua hal yang harus diperbaiki dalam menjalankan reformasi. “Pertama korupsi yang dikatakan dibudidayakan itu mesti diberantas, tanpa pilih kasih. Bukan penguasa menentukan, badan bebas penentu,” ungkap Anwar.

Kedua, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi. Menurutnya, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi menjadi salah satu yang harus diperbaiki dalam menjalankan reformasi di suatu negara.

“Kemiskinan kesenjangan pembangunan ekonomi yang dipacu dengan begitu menakjubkan pertumbuhannya investasinya itu bagi saya bermakna,” tutur Anwar.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...