إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تومباك سيو، من أجمل الشلالات في إندونيسيا

Tumpak Sewu, Salah Satu Air Terjun Terindah di Indonesia

- الإعلانات -

0 208

لوماجانج، إندونيسيا اليوم –  المغامرة لا تهتم بالنتائج. وطريق تومباك سيو لوماجانج صعب للغاية، لكنه يتمتّع بشلّال تومباك سيو الرائع. من لا يعرف جمال تومباك سيو في لوماجانج؟  يعتبر تومباك سيو واحد من الوجهات التي يجب زيارتها. وليس من السهل أن تصل إلى هذا الشلال رغم  سحره وروعته.

يتحتم علينا تتبع السلالم الخشبية، الأرض الزلقة، المرور عبر الشلالات، وعبور النهر لتسلق الصخور الكبيرة للوصول إلى هذا الشلال. للأسف ليس هناك كثير من الناس يستطيعون الوصول إلى أسفل الشلال،قلة منهم فقط. وخاصة إذا هطل المطر طوال الليل، لأن المسار هنا زلق للغاية ويحتاج إلى توخي الحذر والتنبيه.

للوصول إلى الشلال هناك 3 طرق بديلة. أولا عن طريق  غروجوغان سيو. ثانيا عن طريق كهف تيتيس. وثالثا عن طريق مدينة  مالانج. وفي كل طريق للصعود إلى الشلال سلالم على كل جانب . ويستغرق السفر من ساعة حتى ساعة ونصف ساعة للوصول إلى أسفل الشلال، ومع ذلك يجب أن نحذر.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Lumajang, Indonesiaalyoum.com – Petualangan tidak mengkhianati hasil. Menuju Tumpak Sewu di Lumajang sungguh berat perjuangannya, namun sungguh indah sekali air terjun ini.Siapa yang tidak mengetahui keindahan Tumpak Sewu di Lumajang? Ya, Tumpak Sewu ini merupakan salah satu destinasi wajib untuk para traveler. Di balik pesonanya yang indah di pandang mata. Untuk mencapai bagian air terjunnya pun juga tidak mudah lho.

Kita harus menelusuri tangga-tangga dari kayu, tanah yang licin, melewati air terjun, menyeberangi sungai sampai menaiki bebatuan besar. Sayangnya tidak semua traveler tidak menuju ke bawah air terjunnya, hanya segelintir orang saja yang sampai ke bawah. Apalagi jika semalaman di guyur hujan trek ke sini sangatlah licin, perlu hati-hati dan waspada juga ya!

Untuk mencapai ke sini ada 3 jalur alternatif, pertama, jalur Grojogan Sewu. Kedua, melalui Gua Tetes. Ketiga melalui Kota Malang. Di sini sudah dilengkapi pegangan di setiap sisinya ya traveler, jadi kita bisa berpegangan menuju ke bawahnya. Untuk mencapai ke bawah dibutuhkan waktu 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Tapi harus tetap hati-hati di jalan ya traveler.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: detik

(15)

تعليقات
Loading...
Click Me