شلال جوموغ يكون خيارا لك عند قضاء الإجازة بصولو

Berliburan ke Solo, Air Terjun Jumog Jadi Pilihan Liburannya

0 794

صولو، إندونيسيا اليوم – إذا أردت قضاء الإجازة في صولو، هناك العديد من الخيارات للوجهات السياحية التي تنتظرك، من بينها شلال جوموغ الجميل. عند زيارة الشلال، يمكنك اختيار ما إذا كان ستمر من خلال الباب العلوي مما يعني الحاجة إلى تسلق مئات الدرج أو من خلال الباب السفلي بمسار أسهل.

إذا كان من اتجاه صولو، ستواجه الباب الأول أولاً. لذلك إذا أردت مسارا أسهل وقريباً عليك أن تختار الباب الثاني. والمسافة من الطريق الرئيسي لا تبعد عن البوابة الرئيسية كثيراً. تبدو على اليمين بعض المحلات وغرفة الغسيل للزوار المبلولين بمياه الشلال. على اليسار هناك موقف صغير للسيارات والدراجات النارية.

شلال جوموغ يكون خيارا لك عند قضاء الإجازة بصولو2

سترى بوابة الشلال من بعد، وإثر دخولك إلى الشلال تجد المحلات على اليسار وبركة الأطفال بالماء النقي. بينما تجد على اليمين ساحة لألعاب الأطفال ومصلى.

بعد المرور بالطريق المتجه إلى الجزء العلوي لشلال بمسارات أنيقة، عليك أن تتجه إلى الشلال. ستجد تدفق النهر على طول الطريق  والحجارة الكبيرة والعديد من الجسور وصوت الشلالات من بعدٍ. دون أن تذهب بعيدا، ستصل إلى الشلال. وستزيد برودة الهواء بعد قدوم هبة الرياح والمياه وقد تضرب الزائرين. ماء بارد ومنعش. إذا كنت تريد أن تلعب بالماء، فتأكد من أنك تلعب في مكان آمن وأن تحذر عندما تأخذ  الصور. إجازتك سعيدة!

شلال جوموغ يكون خيارا لك عند قضاء الإجازة بصولو3

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتك


Solo, Indonesiaalyoum.com Traveler yang mau libur ke Solo, punya banyak pilihan destinasi liburan yang menanti. Salah satunya air terjun cantik tanpa treking, Jumog! Mengunjungi air terjun ini, kita dapat memilih apakah akan melewati pintu atas yang berarti harus meniti anak tangga berjumlah ratusan atau lewat pintu bawah dengan jalan yang lebih mudah.

Jika dari arah Solo, pintu atas akan kita jumpai lebih dulu. Jadi jika kita ingin memilih jalan yang lebih mudah dan landai pilihlah pintu masuk yang kedua. Dari jalan utama, jarak ke pintu gerbang tidak terlalu jauh. Di sebelah kanan nampak beberapa warung dan kamar bilas bagi pengunjung yang habis berbasah-basah di air terjun. Sedang di sebelah kiri terdapat parkir mobil dan motor yang tidak terlalu luas.

Pintu gerbang air terjun sudah nampak dari kejauhan, begitu masuk kita akan menjumpai warung-warung disebelah kiri dan kolam renang anak dengan air yang jernih. Sementara di sebelah kanan ada musala dan arena permainan anak-anak.

Menyusuri jalan ke atas dengan trek yang sudah rapi kita menuju air terjun. Aliran sungai akan kita temui di sepanjang jalan dengan batu-batu besar dan beberapa jembatan serta suara gemuruh air terjun dari kejauhan. Tanpa jalan terlalu jauh, kita  pun sampai di air terjun. Udara yang sudah sejuk akan semakin dingin terkena hembusan angin dan air yang mengenai pengunjung. Airnya dingin dan menyejukkan. Jika ingin bermain air, pastikan bermain di tempat yang aman ya begitu juga saat berfoto tetap berhati-hati. Selamat berlibur traveler!

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr | Sumber: detik

تعليقات
Loading...