شلال أوانج الرائع قضاء الإجازة في سوكابومي

Liburan ke Sukabumi, Ada Curug Keren Bernama Awang

0 1٬028

سوكابومي، إندونيسيا اليوم – ستكون إجازة نهاية الأسبوع الطويلة وقتا مناسبا للنزهة. يوجد بسوكابومي شلال بارد يقع في جيوبارك سيليتوه، حيث يسميه السكان المحليون بأوانج. يقدم جيوبارك سيليتوه بسوكابومي أنواعا مختلفة من الثروة الطبيعية الساحرة. وفي التنوع البيولوجي والجغرافيا والتنوع الثقافي عدد من المعالم السياحية الجذابة، من بينها شلال أوانج الذي يقع بمجرى مياه سيليتوه. ويحتوي الشلال على منحدر يبلغ ارتفاعه أكثر من 40 مترًا. حوالي 300 متر في اتجاه مجرى النهر في وسط الشلال وعلى الجانب الآخر هناك أيضا شلال بونشاك مانيك مع ارتفاع حوالي 100 متر.

كل الشلالات الثلاثة في الأساس رواسب صخور من نوع الحجر الرملي وجزء من بقايا شكل جامبانج الذي هو عضو من أعضاء شيكارانج البالغ من العمر (23-16 مليون سنة). وليس من الصعب الوصول إلى شلال أوانج. لكن المدخل الموصل إلى الطريق لا يزال في شكل تراب صخري ويبلغ طوله كيلومترين، ولا يُنصح باستخدام سيارات سيدان عند زيارة هذا المكان.

شلال أوانج الرائع قضاء الإجازة في سوكابومي2

من موقف السيارات، سيجد الزوار طريقا صغيراً. سيأخذهم ذلك الطريق إلى الشلال والمرور بالمزارع وحقول الأرز ذات المناظر الطبيعية. وبعد قليل، سيتضح الشلال من بعدٍ. يختلف شكل الشلال عن الشلالات الأخرى بشكل عام. لما جاء موسم الأمطار، فيكون الشلال ممتلئاً بالمياه على طول حافته يشبه شلال نياغرا، ولكن خلال موسم الصيف، فالماء تتشكل على الجانب الأيسر فقط، حتى يمكن للزوار المشي على المنحدرات بالجانب الأيمن.

شلال أوانج الرائع قضاء الإجازة في سوكابومي3

كما يمكن للزوار الاستمتاع بجمال الشلال من الأسفل، ولهذا يستطيع الزوار المرور بالطريق المليئ بالأشجار المتجه إلى جهة الأسفل، وهناك طريق صغير يمكن أن يمر به الزوار للوصول إلى الشلال. والشيئ العجيب هو مشاهدة المناظر من فوق الشلال، والحجر ليست زلقة حتى يتمكن الزوار من المشي بشكل مريح ومع ذلك يجب الحذز منه. تأكد من خطوتك ولا تمش بالقرب من حافة الهاوية.

شلال أوانج الرائع قضاء الإجازة في سوكابومي4

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك


Sukabumi, Indonesiaalyoum.com – Libur akhir pekan yang panjang memang paling pas kalau diisi dengan piknik. Di Sukabumi ada curug keren yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Awang. Geopark Ciletuh Sukabumi menawarkan aneka pesona kekayaan alam .Kawasan yang memiliki keragaman hayati (biodiversity), keragaman geologi (geodiversity) dan keragaman budaya (culturdiversity) memiliki banyak obyek wisata menarik. Curug awang adalah salah satunya. Curug Awang terletak di aliran Sungai Ciletuh .Curug atau air terjun ini memiliki tebing dengan ketinggian lebih dari 40 m. Sekitar 300m ke arah hilir terdapat Curug Tengah dan pada bagian lain juga terdapat Curug Puncakmanik dengan ketinggian kurang lebih 100m.

Ketiga curug ini batuan dasarnya berupa perlapisan batuan sedimen berjenis batupasir tufan dan breksi bagian dari formasi Jampang Anggota Cikarang yang berumur miosen bawah (23-16 juta tahun). Mencapai Curug Awang tidaklah sulit, hanya jalan masuk dari jalan utama masih berupa jalan tanah yang berbatu sepanjang sekitar 2 km.Kendaraan sejenis sedan tidak disarankan digunakan di sini.

Dari tempat parkir, pengunjung akan menemukan jalan setapak yang sudah dibuat permanen. Jalan itu akan membawa pengunjung ke air terjun melewati pemandangan perkebunan dan sawah. Tidak terlalu lama, air terjun pun nampak di kejauhan. Bentuk air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.Saat musim hujan tiba air terjun akan dipenuhi air disepanjang tebingnya, menyerupai air terjun niagara, namun saat musim kemarau air terjun hanya terbentuk di bagian kirinya, sehingga pengunjung bahkan bisa berjalan di bagian tebing sebelah kanan.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan curug dari bawah, untuk itu pengunjung dapat berjalan menyusuri pepohonan ke arah bawah, ada jalan setapak yang bisa dilalui. Bagian yang menarik memang melihat dari atas curug, batu yang ada pun tidak licin sehingga kita bisa berjalan dengan nyaman, tetapi tetap berhati-hati ya, pastikan langkah dan jangan berjalan terlalu dekat dengan pinggir tebing.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr | Sumber: detik

تعليقات
Loading...