إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أضواء روحانية في كهف جومبلانج

Menikmati Cahaya Surga di Goa Jomblang

- الإعلانات -

0 166

يوجياكرتا، إندونيسيا اليوم – عطلة نهاية الأسبوع مناسبة للتمتع بالمغامرة. هل تريد أن تشاهد نور الجنة وتجرب الأدرينالين؟ كهف جومبلانج سيستجيب لك. وقد أدرج كهف جومبلانج كأحد معالم السياحة الطبيعية التي تقع في جونونج كيدول، يوجياكرتا. قد لا يكون اسمه مشهوراً مثل كهف بيندول، لكن سحره لا يستهان به. ضوء الجنة هو جاذبية أساسية عند مغامرة كهف جومبلبانج.

قبل استكشاف كهف جومبلانج، يتعين على الزوار ارتداء معدات خاصة، وهي أحذية مطاطية وخوذات، يتم توفير الأحذية المطاطية من حجم القدم 38. لذلك فمن المستحسن أن يكون حجم القدم أقل من 38 ويُنصح بإحضار غانجيلان أو إحضار الأحذية من البيت حتى تقلل  من البثور والزلقة، هناك أيضا باعة الجوارب بسعر 20.000 روبية.

ومما يميز  كهف جومبلانج عن غيره من الكهوف النزول إلى الجرف بالحبل عند دخول الكهف. لا تقلق، سوف ننزل بأمان ونسترشد بالمرشدين هناك. سيتم فتح الحبل بعد الهبوط، وسنستمر في الرحلة إلى  مدخل الكهف من خلال الطريق الموحل.

إذا كانت الظروف الداخلية أكثر تعقيدا وأكثر قتامة بعد الوصول إلى مدخل الكهف، لا تقلق، هناك الخشب الذي تم وضعه لتسهيل المشي. ولكن يجب علينا أن نحذر لأنه عندما أخطأنا في الخطوة، تنزلق أقدامنا  في الوحل ويصعب علينا ازالته.

بعد أن اكتفينا من المشي، يبدو من مسافة بعيدة الضوء الساطع الذي يعني علامة الوصول إلى نهاية الكهف. وعندما نقترب سوف نرى ضوء ساطع على الكهف من فوق. وهذا ما يسمى في الغالب بنور الجنة. بالإضافة إلى نور الجنة، توجد الصخور تبلغ عمرها سنوات ولم يعرف أي أحد عن عدد عمرها. علينا أن نحذر إذا أحضرنا كاميرا نظرًا لوجود الطين الموحل في كل مكان. قلقنا أن نقع في الوحل  مع الكاميرا. ويجب أيضا أن تكون الملابس جيدة لارتداء.

بعد الانتهاء من اكتشاف الكهف، سوف نتسلق مرة أخرى باستخدام الحبل. وبعد ذلك نغتسل ونذهب مباشرة إلى الغداء. والجدير بالذكر أن الوقت حان للذهاب إلى كهف جومبلانج حوالي الساعة العاشرة صباحا حتي الثانية عشرة ظهرا لأنه في ذلك الوقت تشرق الشمس وتمر عليه وسنشاهد مباشرة شدّة جمال نور الجنة. وللمغامرة في غوا جومبلانغ، فيجب على الزوار أن يدفع حوالي 450.000 روبية حتى 1.000.000 روبية أو بحسب التسهيلات نستخدمها.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com – Liburan akhir pekan memang paling pas untuk dinikmati dengan petualangan. Melihat cahaya surga sambil memacu adrenalin, Gua Jomblang jawabannya. Goa Jomblang termasuk salah satu wisata alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Namanya mungkin tidak setenar Goa Pindul, tapi pesonanya tidak bisa diremehkan. Cahaya surga adalah daya tarik utama dari pertualangan di Goa Jomblang.

Sebelum menjelajah Goa Jomblang, pengunjung diharuskan untuk memakai peralatan khusus yaitu sepatu boots karet dan helm. Untuk sepatu boots karet disediakan dari ukuran kaki 38.  Jadi untuk yang ukuran kakinya kurang dari 38 disarankan untuk membawa ganjelan atau membawa sepatu sendiri. Untuk mengurangi lecet-lecet dan licin, disana juga ada yang menjual kaos kaki dengan harga Rp.20.000.

Yang membuat Goa Jomblang berbeda dengan goa-goa lainnya adalah sebelum memasuki goa, kita harus menuruni tebing dengan tali. Jangan khawatir, kita akan turun dengan pengaman dan dipandu oleh petugas disana. Setelah mendarat, tali akan dibukakan pertugas dan kita akan melanjutkan perjalanan ke mulut goa melalui jalanan berlumpur.

Setelah sampai di mulut goa, ternyata kondisi di dalam lebih berlumpur dan gelap. Jangan khawatir, sudah ada kayu yang sengaja diletakan untuk mempermudah kita berjalan. Tapi juga harus hati-hati karena ketika salah menginjak, bisa-bisa kaki kamu masuk ke lumpur dan susah menariknya.

Cukup jauh berjalan, dari kejauhan terlihat cahaya terang yang berarti hampir sampai di ujung goe. Semakin mendekat, kita akan melihat cahaya yang menyinari goa dari atas. Inilah yang sering disebut dengan cahaya surga. Selain cahaya surga, batuan disana juga belum ditemukan umurnya berapa saking tuanya. Hati-hati jika membawa kamera karena disana lumpur dimana-mana. Khawatir kita jatuh dan kameranya masuk ke lumpur. Pakaian yang digunakan juga harus pakaian yang enak dipakai bergerak.

Selesai menjelajahi goa, kita akan naik ke atas lagi menggunakan tali. Setelah itu kita akan bersih-bersih dan langsung makan siang. Oh iya, waktu untuk ke Goa Jomblang adalah sekitar jam 10.00-12.00 WIB karena di waktu tersebut matahari tepat berada di atas dan cahaya surganya akan sangat indah. Untuk berpetualang di Goa Jomblang, wisatawan membayar sekitar Rp 450.000- Rp 1.000.000 rupiah tergantung dari fasilitas yang didapatkan disana.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Saiqi | Sumber: detik

(10)

تعليقات
Loading...
Click Me