إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جنة صغيرة في جزيرة باير

Surga Kecil itu Bernama Pulau Bair

418

أمبون، إندونيسيا اليوم – جزيرة باير في جنوب شرق مالوكو يمكننا أن نقول إنها”جنة صغيرة” إلى جانب راجا أمبات.  بحرها زرقاء وهادئة وجميلة. قد يتكون راجا أمبات هو الرائد للسياحة الإندونيسية التي غالبا ما يشار إليها بالجنة. لكن راجا أمبات ليست الجنة الوحيدة في إندونيسيا. تفضل بالتعارف مع جزيرة باير، جنة صغيرة في جنوب شرق مالوكو، إندونيسيا.  

جزيرة باير هي جزيرة صغيرة في محافظة جنوب شرق مالوكو. قد تكون شهرته أقل بكثير من راجا أمبات، لكن أناقته ليست أقل شأنا من أناقة راجا أمبات. للوصول إلى جزيرة باير، يستغرق الوقت أكثر من ساعة بالسيارة من مدينة توال باستخدام قارب صيد. على طول الطريق، يمكننا أن نشاهد بعض الجزر الصغيرة بالرمال البيضاء. وعند اقترابك من جزيرة باير، ستجد جزيرة تستخدم لزراعة اللؤلؤ.

يبدو من مسافة بعيدة رصيف تحيطه الغابات وبعد ساعات وصلنا ونزلنا من القارب، ودعست أقدامنا على ميناء الجزيرة وظهرت أمامنا اللوحة مكتوب عليها” “جزيرة باير”. واتضح بأن في نهاية الرصيف هناك بوابة خشبية موصلة إلى بوابة تلك الجنة الصغيرة.

خلف الأشجار الظليلة يوجد شاطئ محاط بالجروف والمنحدرات. نعتقد أن هذا يماثل حوض السباحة بكثير لأن المياه صافية وهادئة. ونحن لا نصبر الا ونرمي أنفسنا في البحر ونسبح فيها. إذا كنا نجلب معدات الغطس، يمكننا رؤية الشعاب المرجانية والأسماك الصغيرة التي تسبح فيها.

يمكن للسياح مساهدة مناظر الجزيرة عبر تسلق المنحدرات. هناك إطلالة جميلة على جزيرة باير وواضحة للعيان. ومع ذلك، على السائح أن يحذر عند التسلق والهبوط من الهاوية لأنها حادة جدا. ونحن مسرورون جدا بعدما نجد جنة صغيرة وهي جنة بكر ووادعة. وبسبب لم يعرفها كثير من الناس، فتكون الجزيرة هادئة كجزيرة خاصة. إنها مناسبة للباحثين عن الاسترخاء والهدوء عند الإجازة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Ambon, Indonesiaalyoum.com – Pulau Bair di Maluku Tenggara bisa dibilang ‘surga’ kecil selain Raja Ampat. Lautnya biru, tenang, dan indah. Raja Ampat mungkin menjadi primadona wisata Indonesia yang sering disebut sebagai surga. Tapi, Raja Ampat bukan satu-satunya surga di Indonesia. Perkenalkan Pulau Bair, surga kecil di Maluku Tenggara, Indonesia.

Pulau Bair merupakan sebuah pulau kecil di Maluku Tenggara. Kemahsyurannya mungkin jauh di bawah Raja Ampat, tetapi kemolekannya tidak kalah dengan primadona itu. Untuk mencapai Pulau Bair, dibutuhkan waktu lebih dari 1 jam perjalanan dari Kota Tual menggunakan perahu nelayan. Di sepanjang perjalanan, kita bisa melihat beberapa pulau kecil dengan hamparan pasir putih. Mendekati Pulau Bair, ada sebuah pulau yang digunakan untuk budi daya mutiara.

Dari kejauhan terlihat sebuah dermaga dengan hutan disekelilingnya. Turun dari kapal, kami menginjakan kaki di dermaga dan terlihat papan besar bertuliskan ‘Pulau Baer’. Ternyata, di ujung dermaga ada sebuah gapura kayu, dan disanalah gerbang surga kecil itu berada.

Dibalik pohon-pohon rindang itu ada sebuah pantai yang diapit tebing karang disekelilingnya. Kami pikir ini lebih mirip kolam renang karena airnya yang bening dan tenang. Kami langsung tak sabar untuk menceburkan diri dan berenang di sekitar sana. Jika membawa alat snorkelling, bisa terlihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berenang disana.

Selain berenang, wisatawan juga bisa melihat pemandangan dengan cara memanjat tebing karang. Disana lah pemandangan indah Pulau Bair terlihat dengan jelas. Tetapi, harus sangat berhati-hati ketika memanjat dan turun dari tebing karang itu karena karangnya cukup tajam. Senang sekali menemukan surga kecil disini. Surga yang indah dan menenangkan. Karena masih belum banyak yang tahu, jadi pulau ini sepi seperti private island. Sangat cocok untuk pencari ketenangan dalam liburan.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Saiqi | Sumber: detik

(28)

تعليقات
Loading...
Click Me