ألغيت خطة التراويح الكبرى في موناس

Rencana Tarawih Akbar di Monas Dibatalkan

0 658

جاكرتا، إندونيسيا اليوم  انتقدت خطة التراويح الكبرى في موناس من العلماء. وقال نائب محافظ جاكرتا ساندياغا أونو إنه ألغى الخطة. في وقت لاحق سيتم عقد جدول التراويح في مسجد الاستقلال.

“السيد المحافظ قال لا شك أن علينا أن نتبع ما هو المطلوب من قبل العلماء، ولقد سبق أن ننسق مع الأصدقاء في نهضة العلماء، والجمعية المحمدية، ومجلس العلماء الإندونيسي. وأخيرا، وبعد النظر سوف نتبع نصيحة العلماء، ونحن مرة أخرى في محاولة للتنسيق مع مسجد الاستقلال فهل يمكننا القيام بالإفطار والتراويح في مسجد الاستقلال “، أكد ذلك أونو في مبنى إندوسات، جاكرتا، الإثنين (21/5).

ووفقا لأونو، قبل أن حصلت هذه الانتقادات، لقد قمنا بالتنسيق أولا مع مجلس العلماء الإندونيسي عن التراويح في موناس”. بلا شك أننا نستمر في التنسيق، مع مدير مكتب التربية العقلية والروحية الذي من وظيفته إعداد التراويح هناك”، كما قال.

وقال ساندياغا إن حكومة المدينة ستتبع نصيحة العلماء، لأن القضية دخلت عالم الفقه.

“انها دخلت في عالم الفقه وذهب العلماء إلى أن من الأفضل أن تقام الصلاة في المسجد وذلك لأن الصلاة في الميدان المفتوح قد تؤدي إلى ضرر. وأخيرا قررنا أن ننسق مع مسجد الاستقلال”، أكد ساندي.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر :  ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Rencana tarawih akbar di Monas mendapat kritik dari ulama. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan sudah membatalkan rencana itu. Nantinya agenda itu akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal.

“Pak Gubernur sampaikan tentunya kita harus mengikuti apa yang diinginkan oleh para ulama. Tadi sudah kita koordinasikan dengan teman-teman di NU, Muhammadiyah, MUI. Akhirnya setelah dipertimbangkan kita akan ikuti saran dari ulama. Kita lagi coba berkoordinasi dengan Masjid Istiqlal apakah bisa melakukan koordinasi supaya kita puasa dan tarawihnya bisa di Masjid Istiqlal,” kata Sandiaga di Gedung Indosat, Jakarta, Senin (21/5).

Menurut Sandiaga, sebelum menuai pro-kontra, pihaknya sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan MUI terkait tarawih di Monas itu. “Tentunya kita ada koordinasi terus, kepala biro dikmental yang memang fungsinya melakukan persiapan acara tarawih di sana,” ucapnya.

Sandiaga mengatakan, Pemprov DKI akan menurut saran ulama, sebab kasus tersebut sudah masuk ke ranah fikih.

“Sudah masuk ke ranah fikih dan para ulama sudah menyampaikan bahwa lebih banyak manfaat untuk salat di masjid dan lebih banyak mudaratnya salat di lapangan terbuka seperti itu. Kami akhirnya putuskan bahwa kita akan berusaha berkoordinasi dengan Masjid Istiqlal,” Sandi menandaskan.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Merdeka

تعليقات
Loading...