إندونيسيا تقدم نفسها في دورة الألعاب الآسيوية

Pentingnya Asian Games 2018 sebagai Ajang Promosi Indonesia

0 737

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – دورة الألعاب الآسيوية 2018، كيف ستسهم في تعزيز وضع إندونيسيا . بدءًا من الثقافة الإندونيسية وحتى المطبخ الإندونيسي.

ذلك ما أراد إريك طاهر –رئيس اللجنة المنظمة لدورة الألعاب الآسيوية – إيصاله في مؤتمر 175 يوم على دورة الألعاب، في بونشوران-جاكرتا، الأحد 25/2.

قال إريك:”حتى الآن الناس في الخارج يعرفون بالي بدلاً من إندونيسيا كدولة. لذلك فدورة الألعاب مهمة جدًا للترويج لإندونيسيا. كذلك أيضًا ستعود دورة الألعاب بالنفع على اقتصادنا و ثقافتنا.

ولدينا مثال لدولة الصين، كانت الصين مشهورة بأن أهلها يبصقون في الشوارع بلا مبالاة، لكن منذ الألعاب الأوليمبية تغير الحال وابتعد الصينيون عن هذه العادة. هذا ما أريده مع دورة الألعاب، أن نغير عاداتنا السيئة. ذلك ما يجعلني دائمًا أقول أن استاد جيلورا بونج كارنو سوف يغلق، علينا استخدام المواصلات العامة.

لذلك على شعبنا أن يكون مستعدًا للمشي، والانتظام في الطوابير، واستخدام المواصلات العامة؛ لكي يصبح هذا جزء من عاداتنا. فإذا لم نكن نريد الازدحام؛ فإن علينا أن نتغير”.

بالإضافة لمسألة المواصلات العامة، فإن دورة الألعاب الآسيوية التي ستعقد في 18 أغسطس وحتي 2 سبتمبر، هي في الواقع فرصة كبيرة للتعريف بالمطبخ الإندونيسي عالميًا.

أضاف إريك:” كما وجه بالأمس السيد نائب الرئيس في القرية الرياضية ، نحن أيضًا نؤكد على المطاعم أن تقدم الأكلات الإندونيسية، ولا تكتفي فقط بالأكلات العربية والصينية واليابانية، في حين أن الأكلات الإندونيسية غير موجودة في قوائمها”.

بالإضافة لكون دورة الألعاب حدث لتقدم فيه إندونيسيا نفسها، فإن إريك يؤكد أن اللجنة المنظمة لدورة الألعاب والتي يترأسها تعطي أهمية قصوى لراحة الرياضيين المشاركين.

قال إريك:” رقم واحد عندنا أن يكون الرياضيين سعداء بدورة الألعاب في إندونيسيا، وأن يقدم لهم طعام جيد، ومكان إقامة مريح، وعمليات نقلهم تتم وفقًا للوقت المحدد لها”.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Asian Games 2018 ditegaskan sebagai ajang penting untuk mempromosikan Indonesia. Mulai dari budaya sampai kuliner di Tanah Air.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir dalam acara ‘175 Hari Menuju Asian Games’ di kawasan Pancoran, Jakarta, Minggu (25/2/2018).

“Selama ini, negara luar lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sebagai negara. Jadi ini penting sekaligus sebagai nasional branding kita. Tak hanya itu, dampaknya untuk ekonomi dan budaya kita juga cukup bagus,” kata Erick.

“Bisa ambil contoh negara China. Dulu China itu terkenal dengan suka buang ludah sembarangan di jalan. Tapi sejak ada Olimpiade sekarang mereka jauh lebih bersih. Nah, saya ingin dengan adanya Asian Games, kebiasaan negara kita juga berubah. Itu kenapa saya selalu saya bilang, yang namanya Gelora Bung Karno, atau nanti Jakabaring nanti akan ditutup, harus pakai kendaraan umum.”

Jadi masyarakat kita siap jalan, siap antre, dan siap angkutan umum karena ini menjadi bagian dari kebiasaan. Jika tidak ingin macet ya harus berubah,” tuturnya.

Selain soal kebudayaan, Asian Games 2018 yang dilangsungkan pada 18 Agustus-2 September mendatang juga memberi kesempatan besar untuk semakin memperkenalkan kuliner Indonesia.

“Seperti yang kemarin Bapak Wakil Presiden datang ke atlet village juga, kami pastikan bahwa setiap menu atau katering ada promosi makanan Indonesia, jangan cuma kita beri makanan Arab, makanan China, Jepang, tapi Indonesianya tidak ada,” ujar Erick.

Selain jadi ajang promosi Indonesia sendiri, Erick memastikan kalau di Asian Games mendatang kenyamanan atlet tetap bakal menjadi prioritas utama panitia penyelenggara.

“Nomor 1 atlet itu mesti happy untuk Asian Games, baik fasilitas makanan, fasilitas tinggal, jarak tempuh yang sesuai dengan waktu, ini yang harus kami lakukan,” katanya menegaskan.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: detikSport

 

تعليقات
Loading...