إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إندونيسيا مطالبة بالقتال لوقف التميز ضد مسلمي الأويغور بالصين

Indonesia Diminta Berperan Lebih Strategis Hentikan Diskriminasi China atas Uighur

- الإعلانات -

0 291

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تقول الأخبار أن حولي مليون شخص من عرقية الأويغور المسلمة التي تقطن أقليم تشينغيانغ بالصين، يتعرضون للاضطهاد و التميز العنصري.

حيث يمنعون من القيام بواجباتهم الدينية مثل الامتناع عن أكل لحم الخنزير و ارتداء الحجاب و غيرها. و من يخالف هذا المنع يوضع في مخيم خاص، أو هو أقرب لأن يكون سجنًا، حسب تصريح أحد الأويغوريين.

صرح سوكامتا، عضو اللجنة الأولى بجلس النواب الإندونيسي، الخميس 13/12: “إندونيسيا تحترم سيادة و وحدة دولة الصين. لكننا نأمل أن تكفل الصين بشكل كامل الحقوق الأساسية للمسلمين بها، و تحترم دينهم و ثقافتهم.

و لهذا، و باعتبار إندونيسيا الدولة الإسلامية الأكبر من حيث عدد المسلمين بها، و التي لديها علاقات ثنائية قوية مع الصين، فنحن نأمل أن تحارب إندونيسيا بشكل أقوي لتوقف هذا التمير العنصري و التخويف الممنهج و الاضطهاد الواقع على الأويغور. فالحق باعتناق الأديان و إقامة الشعائر هو من حوق الإنسان الأساسية.

فلا يمكن أن يسمح بأن تمنع حقوق الإنسان في أي مكان، بما في ذلك الصين. هذه الممارسات تتعارض و بشكل واضح مع أحدى فلسفات الكونفوشيوسية و هي فلسفة الرين REN، و التي تقول بأن يكون الاحترام متبادل بين الجميع.”

سوكاماتا الضي يشغل منصب سكرتير حزب العدالة و الرفاهية الإندونيسي و مسئول التنمية الخارجية بالحزب أضاف أن التحجج بمحاربة التطرف ليس عذرًا لمنع الأويغور من ممارسة عباداتهم و إقامة شعائر دينهم. التطرف غير مقبول ولا يجب أن يسمح به، التطرف مشكلة أخرى. ووضع الأويغور بمخيم خاص يذكر بهولوكوست هتلر.

لمنع الأمور من التوجة إلى ما لا يرغب به أحد، يجب أن يزال هذا المخيم. الحرية الدينية و عدم التمييز من الحقوق التي ضمنها الإعلان العالمي لحقوق الإنسان الصادر عن الأمم المتحدة.

قال النائب البرلماني عن محافظة يوجياكارتا: “ولذلك فإننا نحث الحكومة الإندونيسية أن تذكر حكومة الصين بهذا و بما يعانية الأويغور. و كذلك نحث حكومتنا على أن تحشد الدعم الدولي للأويغور، و خصوصًا دعم الدول الإسلامية. قد حان الوقت أن تتحد الدول الإسلامية للدفاع و حماسة أخواننا المسلمين في الدول التي يعتبرون بها أقلية، سواء الأويغور أو الروهينجيا أو الفلسطينيين.”

 

 

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: Hidayatullah.com

 


 

Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Diberitakan sekitar 1 juta orang suku Uighur yang merupakan warga Xinjiang, China, yang beragama Islam, mendapat perlakuan diskriminatif dan persekusif.

Mereka dilarang menjalankan perintah agama seperti soal makan babi, mengenakan hijab, dan seterusnya. Bagi mereka yang melanggar ditempatkan di sebuah kamp khusus, yang menurut pengakuan salah seorang warga Uighur, lebih tepat disebut sebagai penjara.

“Indonesia sangat menghormati kedaulatan dan kesatuan wilayah Tiongkok sebagai negara. Tetapi kita juga mengharapkan keyakinan dan budaya warga Muslim yang merupakan hak asasi dasar dihormati dan dijamin pelaksanaannya secara penuh di sana.

Untuk itu, sebagai negeri Muslim terbesar yang memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Tiongkok, kita harapkan Indonesia dapat berperan lebih strategis menyetop diskriminasi, intimidasi, dan persekusi yang dialami oleh warga Uighur. Hak untuk memeluk dan menjalankan ajaran agama merupakan hak asasi manusia.

Tidak boleh ada pelanggaran HAM di manapun, termasuk di Tiongkok. Tindakan ini jelas bertentangan dengan salah satu falsafah Konfusianisme, yaitu ‘REN’ yang mengajarkan untuk saling hormat terhadap sesama,” ujar Sukamta, anggota Komisi I DPR RI, Kamis (13/12/2018) di Jakarta dalam pernyataannya.

Sekretaris Fraksi PKS sekaligus Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN DPP PKS) ini menambahkan, seharusnya dalih pemberantasan ekstremisme tidak boleh dilakukan untuk melarang warga Uighur menjalankan ajaran agamanya. Diskriminasi tetap diskriminasi, dan tidak boleh terjadi. Ekstremisme itu soal lain. Penempatan warga Uighur di kamp khusus jadi mengingatkan terhadap Holocaust.

Untuk mencegah hal ini ke arah sana, dan sama sekali tidak diharapkan, maka perlakuan kamp khusus ini harus dihentikan. Kebebasan beragama dan hak tanpa diskriminasi ini dijamin oleh Deklarasi HAM PBB.

“Karena itu, kami mendesak pemerintah RI untuk meningkatkan diplomasi kepada pemerintah RRC terkait yang dialami warga Uighur ini. Juga menghimpun dukungan dari negara-negara lain khususnya negeri Muslim. Ini saatnya-negeri Muslim yang lain di dunia bersatu untuk menolong dan menyelamatkan saudara-saudara sesama Muslim yang merupakan warga minoritas di negaranya masing-masing, baik Uighur, Rohingya, Palestina,” ujar wakil rakyat dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta ini

Translated by: Momen Magdy | Source: Hidayatullah.com

(47)

تعليقات
Loading...
Click Me