استراتيجية سنن قدوس في ربط البقرة أمام المسجد

Cerita Strategi Sunan Kudus Mengikat Sapi Depan Masjid

0 678

جاكرتا، إندونيسيا اليوم9 – ظهر اسم قدوس (مدينة في جاوا الوسطى) بعد أن قام جعفر صادق (المعروف فيما بعد باسم سنن قدوس) بتنفيذ رحلة الحج إلى الأرض المقدسة ثم تابع الرحلة إلى المسجد الأقصى. عاد إلى البلاد وبدأ يقوم بنشر الدعوة إلى الله في منطقة جاوة الوسطى التي تعرف الآن باسم قدوس.

قبل دخول نور الإسلام، سميت المنطقة بتاجوغ. وهو مأخوذ من اسم السقف التقليدي الذي كان يستخدم كمكان للعبادة للشعب الهندوسي في ذلك الوقت. المنطقة التي أصبحت مركزا للعبادة للمجتمع الهندوسي.

إن أغلبية سكان تاجوغ هم فلاحون وصيادو الأسماك في النهر والتجار. تقع تاجوغ على حافة نهر جليس، وهو نهر ذو صلة داخلية بموانئ بحرية كبيرة في الشمال.

وعندما أقام في هذه المنطقة بنى جعفر صادق قرية للدعوة وجعل المسجد مركزا للدعوة. فتغيرت تاجوغ إلى قدوس. تحولت هذه القرية الصغيرة إلى مدينة ميناء نهري تربط بين موانئ كبيرة في البحر الشمالي، نحو المناطق الداخلية من جاوة. كالميناء، وعزم جعفر صادق أن يجعل قرية تاجوج مدينة شقيقة للقدس الذي يقع فيها المسجد المقدس الثالث، القدس أو الأقصى. ويحكى أن سنن قدوس حمل حجرًا واحدًا من القدس ليتم وضعه كمحراب في بناء مسجد قدوس.

هذا المسجد فريد من نوعه للغاية، ويوضح مدى مرونة ذلك دون فقدان صلابة كونه مسلمًا في شخصية سنن قدوس. تم الجمع في بناء المسجد بين عمارة مباني المجتمع الهندونيسي مع المباني الإسلامية. ومنذ ذلك الحين، حصل جعفر الصادق على اسمه الجديد. في الأصل كان الاسم الجديد القدس، ولكن كان من الأفضل أن يطلق عليه الاسم الجاوي باسم قدوس.

هناك قصة واحدة عن بداية دخول الإسلام إلى منطقته. أثناء بناء المسجد، فإن معرفته عن المجتمع المحلي وهو مجتمع هندوسي الذي يعتبر البقرة حيوان مقدس، فيعتني جعفر صادق بالبقرة ويطلق عليها اسم جومارانج.

في الواقع اسم بقرة مثير جدا للاهتمام. جومارانغ يعني في الواقع ركوب الخيل، على الرغم من أنها بقرة. ولكن أمام اسم جومارانج، أضاف سنن قدوس مصطلح كيبو يعني الجاموس. لذا، نوع الحيوان بقرة، لكنها أطلق عليها اسم كيبو جومارانغ. وهناك أيضا من قال بأن جومارنغ مصطلح للبقرة الجميلة والكبيرة كالجاموس.

ربط سنن قدوس جومارانج أمام المسجد أثناء بنائه. وبدأ المجتمع يأتون لرؤية بقرة كبيرة توضع في المكان النبيل، أمام المسجد الذي تحت التنفيذ. فاجتمع السكان، وهمس بعضهم البعض وسألوا، ثم بدأ سنن قدوس مجلسه. ثم تحدث عن القرآن، الذي افتتح بسورة الفاتحة ثم تليها السورة الثانية وهي سورة البقرة.

عندما جاء عيد الأضحى، طلب سنن قدوس أيضًا من طلابه وأتباعه بعدم ذبح البقرة التي اعتبرها المجتمع الهندوسي مقدسًا في ذلك الوقت. بدلا من ذلك، أمر سنن قدوس بذبح الجواميس التي تم توزيع لحومها على سكان البلاد. وجذب سنن قدوس قلوب الجمهور ليهتم ويبدأ بنشر بذور الدعوة في قلوبهم بأخلاق حسنة.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: برساما دعوة


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –Nama Kudus (Kota di Jawa Tengah) baru muncul usai Ja’far Shadiq (yang kemudian dikenal Sunan Kudus) melaksanakan perjalanan haji ke Tanah Suci dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Masjidil Aqsa. Ia kembali ke Tanah Air dan mendapatkan tugas dakwah di wilayah Jawa Tengah yang sekarang dikenal dengan nama Kudus.

Sebelum cahaya Islam masuk, kawasan yang dipijak tersebut bernama Tajug. Tajug berasal dari nama atap tradisional yang digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat Hindu ketika itu. Wilayah yang menjadi pusat peribadatan masyarakat Hindu.

Masyarakat Tajug mayoritas bermata pencaharian bercocok tanah, menangkap ikan di sungai dan sedikit berdagang. Tajug berdiri di pinggir sungai Gelis, sebuah sungai yang menjadi penghubung pendalaman dengan bandar-bandar laut besar di sebelah utara.

Saat berada di wilayah inilah, Ja’far Shadiq membangun sebuah perkampungan dakwah dan menjadikan masjid sebagai pusatnya.

Tajuk pun berubah menjadi Kudus. Desa kecil ini menjelma sebagai kota pelabuhan sungai yang menghubungan pelabuhan-pelabuhan besar di Laut Utara, menuju pedalaman-pedalaman Jawa. Sebagai tempat persinggahan Ja’far Shadiq berniat menjadikan Desa Tajug sebagai sister city dari Jerusalem yang berdiri di dalam masjid suci ketiga, Al Quds atau Al Aqsha. Sunan Kudus, konon membawa satu batu dari Al Quds untuk digabungkan sebagai mihrab dalam pembangunan Masjid Kudus.

Masjid ini sangat unik, menggambarkan betapa luwes tanpa kehilangan ketegasan sebagai seorang Muslim dalam pribadi Sunan Kudus. Arsitektur masjid gabungan dari struktur bangunan masyarakat Hindu yang dipadupadankan dengan bangunan Islam. Sejak saat itu, Ja’far Shadiq mendapatkan nama barunya. Sedianya nama baru itu adalah Al Quds, tapi lidah Jawa lebih enak menyebutnya dengan sebutan Kudus.

Ada satu kisah tentang mula masuknya Islam di wilayahnya. Saat membangun masjid, mengetahui masyarakat setempat adalah masyarakat Hindu yang menganggap sapi sebagai binatang suci, maka Ja’far Shadiq memelihara seekor yang sapi yang diberinya nama Gumarang.

Sebenarnya menarik sekali nama sapi Sunan Kudus. Gumarang sesungguhnya berarti kuda tunggangan, padahal
binatang ini adalah sapi. Tapi di depan nama Gumarang, Sunan Kudus menambahkan sebutan Kebo yang berarti kerbau. Jadi, binatangnya sapi, tapi beliau beri nama Kebo Gumarang. Tapi ada juga yang menyebutkan Gumarang adalah sebutan untuk sapi yang gagah dan besar dan nyaris seperti kerbau.

Sunan Kudus menambatkan gumarang miliknya di depan masjid yang sedang dibangun. Melihat sapi gumarang yang sangat besar dan ditempatkan di tempat yang mulia, di depan masjid yang sedang dibangun, maka masyarakat pun mulai tertarik untuk datang. Masyarakat pun berkumpul, saling berbisik dan bertanya, kemudian Sunan Kudus memulai majelis cerita miliknya. Ia kemudia menceritakan Al-Quran, yang dibuka dengan surat Al Fatihah dan kemudian diikuti surat kedua yang bertajuk Sapi Betina, Al Baqarah.

Saat Idul Kurban tiba, Sunan Kudus pun meminta kepada murid dan pengikutnya untuk tidak memotong sapi yang dianggap suci oleh masyarakat Hindu kala itu.

Sebagai gantinya, Sunan Kudus memerintahkan untuk menyembelih kerbau yang dagingnya dibagi-bagikan kepada penduduk negeri. Sunan Kudus memikat hati masyarakat untuk tertarik dan mulai menebar benih dakwah di hati mereka dengan akhlak yang menawan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares badr | Sumber: bersamadakwah

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.