إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الرئيس جوكوي يطلب نهضة العلماء حماية التنوع في إندونيسيا

Jokowi Minta Nahdliyin Rawat Keberagamaan

0 374

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو يطلب من أعضاء جمعية نهضة العلماء بأن بيذلوا المزيد من الجهد في مجاهدة النفس، لأجل الحفاظ على تنوع إندونيسيا. أوصل جوكوي هذه الرسالة أثناء حضوره لحفل الاحتفال بذكرى تأسيس نهضة العلماء الـ 93. كان ذلك في قاعة سيجدانج بجاكرتا، الخميس 31/1.

في الحفل أكد الرئيس جوكوي على ضرورة تقدير و احترام الاختلافات بين الشعب الإندونيسي. قال جوكوي أمام الألاف من أعضاء نهضة العلماء: “أنا أوصي بذلك لأني على يقين بأن نهضة العلماء لديها الالتزام بجانب الالتزام الوطني الذي لا يشك به.” الأربعاء 31/1.

و عاد جوكوي ليوكد على أن إندونيسيا دولة لها خصوصية ليست لغيرها من الدول. حيث التنوع الذي وهبه الله لإندونيسيا. يرى جوكوي خليط الألوان هذا في إندونيسيا و يذكر أعضاء نهضة العلماء بأن سيتمروا في الحفاظ على الوحدة و الأخوة و التناغم بين الأديان المختلفة في إندونيسيا، لتستمر قيم التسامح في الازدهار باستمرار.

و استغل جوكوي الفرصو و تحدث عن ضرورة التعاطي بحكمة مع وسائل التواصل الاجتماعي. و قد عبر جوكوي عن قلقة من سوء استخدام وسائل التواصل الاجتماعي، مما يؤدي إلى الإضرار بالمجتمع. و اعتبر الرئيس الإندونيسي أن نهضة العلماء لديها الإمكانيات الكافية لتقوم بفلترة المعلومات التي تنتشر على شبكات التواصل الاجتماعي.

و قد تم استئناف فعاليات ذكرى تأسيس نهضة العلماء باجتماع جميع موظفي إدارة الجمعية، المكونة من المستشار و الأعوان و الهيئة الاستشارية و الهيئة التنفيذية.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk lebih banyak mengambil peran dalam upaya merawat keberagaman di Indonesia. Pesan ini disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan hari lahir (harlah) ke-93 NU di Balai Sidang Jakarta, Kamis (31/1).

Dalam peringatan harlah bertema ‘Konsolidasi Jelang Satu Abad NU’ tersebut, Presiden juga menekankan pentingnya sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada dalam kehidupan berbangsa. “Saya menitipkan karena saya meyakini NU lah yang memiliki komitmen keagamaan sekaligus komitmen kebangsaan yang tidak perlu diragukan lagi,” ujar Jokowi di hadapan ribuan nahdliyin yang hadir dalam peringatan harlah ke-93 NU, Kamis (31/1).

Jokowi kembali menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia, yakni keberagaman yang sudah menjadi sunatullah atau ketetapan Allah SWT. Melihat ‘warna-warni’ Indonesia ini, Jokowi mengingatkan kepada warga NU untuk terus memelihara persatuan, persaudaraan, dan kerukukan umat beragama sehingga nilai toleransi terus dikembangkan.

Jokowi juga memanfaatkan momentum harlah ke-93 NU ini untuk mengingatkan pentingnya bersikap bijak dalam menggunakan media sosial. Presiden merasa prihatin dengan fenomena penggunaan media sosial yang lebih banyak memberikan mudaratnya ketimbang manfaat bagi masyarakat. Jokowi memandang bahwa nahdliyin memiliki kapasitas yang pantas sebagai penyaring informasi yang tersebar di media sosial.

“Kita lihat akhir akhir ini, saling hina, cela, ejek, fitnah semakin menjadi-jadi. Yang muda berani melakukan (cela dan fitnah) ke yang lebih tua. Junior berani melakukan ke senior. Saling hina ejek fitnah,” jelas Jokowi.

Resepsi harlah NU hari ini kemudian dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi yang diikuti oleh seluruh fungsionaris PBNU yang terdiri atas Mustasyar, A’wan, Syuriyah, Tanfidziyah.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: REPUBLIKA

(65)

تعليقات
Loading...
Click Me