السفير عصام الثقفي: ليس هناك بعد سياسي في إلغاء إندونيسيا رحلات الحج

Dubes Saudi di Indonesia: Tidak ada dimensi politik dalam pembatalan haji Indonesia

0 550

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  علق سفير خادم الحرمين الشريفين لدي إندونيسيا، عصام عابد الثقفي، على قرار إندونيسيا بإلغاء رحلات الحج لمواطنيها للعام الثاني على التوالي بسبب فيروس كورونا الجديد.

وأكد، خلال حديثه بقناة الإخبارية، أن القرار ليس له بعد سياسي، وإنما جاء حرصا على سلامة المواطنين الإندونيسيين من فيروس كورونا.

وأضاف أن العلاقات بين البلدين تعد قوية خاصة فيما يتعلق بالحج والعمرة، لافتا إلى أن هناك تنسيق دائم بين وزارة الشؤون الدينية في إندونيسيا ووزارة الحج والعمرة في المملكة على مدار العام.

ونوه بأن عدد الحجاج الإندونيسيين بلغ عام 2019 حوالي 230 ألف حاج، مبديًا أمله في أن تعود الأوضاع لما كانت عليها قبل جائحة كورونا.

//اندونيسيا اليوم/متابعات//


JAKARTA, INDONESIAALYOUM.COM – Duta Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, Essam Abid AlTsaqafi merespon keputusan Indonesia tidak mengirim jamaah haji Indonesia dua kali berturut-turut karena alasan virus Covid-19.

Essam Abid dalam wawancaranya dengan ChanelAl-Ikhbariah menegaskan bahwa keputusan tersebut tidak memiliki dimensi politik, namun karena Indonesia memperioritaskan keselamatan warga Indonesia dari virus Covid-19.

Essam menambahkan bahwa hubungan dua negara sangat baik, khususnya terkait dengan haji dan umrah, dan menerangkan selalu ada koordinasi antara Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Essam juga mencatat jumlah haji Indonesia tahun 2019 mencapai 230 ribu jamaah, ia berharap kondisi kembali seperti sebelum terjadi pandemi Covid.

تعليقات
Loading...