العثور على فيلة سومطرة البرية ميتة شرق آتشيه

Seekor Gajah Sumatera Liar Ditemukan Mati di Aceh Timur

0 977

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تم العثور على الفيلة السومطرية مرة أخرى ميتة في منطقة حقوق العمل لشركة سي جي أو ، بالتحديد في بلدية بيوريولاك، محامظة آتشيه الشرقية ، إقليم آتشيه.

قال نائب رئيس مفوض شرطة شرق آتشيه أبريادي ، من خلال رئيس مفوض الشرطة في وحدة التحقيقات الجنائية إروين ساتريو ويلوغو ، عندما أكد في بيوريولاك ، إن الفيلة السومطرية الميتة  عثر عليها من قبل مزارع يدعى هيرمان ، يوم الخميس 9 أغسطس 2018 ، في تمام الساعة 3:00 بعد الظهر بتوقيت غرب اندونيسيا.

“كان المزارع يعبر الموقع فوجد هذه الفيلة، ثم أخبر جهاز القرية المحلي حتى يتم إبلاغ مسؤولي إنفاذ القانون مركز الحفاظ على الموارد الطبيعية”. قال إروين ، في بيوريولاك ، آتشه ، يوم الجمعة ، 10 أغسطس 2018.

تم الإبلاغ بالحدث مركز الحفاظ على الموارد الطبيعية في آتشيه من أجل التشريح الفوري. بالإضافة إلى التنسيق مع المركز في آتشيه و منتدى المحافظة على لوسير آتشيه،  قال إروين إنه قد أرسل فريق تعريف شرطة شرق آتشيه إلى الموقع.

وقال إروين: “لمعرفة أسباب نفوق هذه الفيلة، هناك حاجة إلى نتائج الاختبارات المعملية الشرعية. لذا ، إذا تم التشريح ، ستحمل العينات إلى المختبر”.

أكدت رئيس المركز في آتشه سابتو آجي برابوفو بشكل منفصل عن وجود فيلة ميتة في الجزء الداخلي لمنطقة شرق آتشيه. وقال سابتو “لقد أرسلنا الفريق الطبي للقيام بالتشريح في الموقع وبعد ذلك سيتم دفن جثة الفيلة أيضا”.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Seekor gajah Sumatera kembali ditemukan mati di kawasan hak guna usaha (HGU) PT CGU, persisnya di Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur Komisaris Apriadi, melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal Ajun Komisaris Erwin Satrio Wilogo, ketika dikonfirmasi di Peureulak, mengatakan gajah Sumatera mati itu ditemukan oleh seorang petani, Herman, Kamis, 9 Agustus 2018, pukul 15.00 WIB.

“Petani itu kebetulan melintas di lokasi, kemudian dia menginformasikan ke aparatur desa setempat untuk dilaporkan ke aparat penegak hukum dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),” kata Erwin, di Peureulak, Aceh, Jumat, 10 Agustus 2018.

Peristiwa tersebut sudah diinformasikan ke BKSDA Aceh untuk segera dilakukan nekropsi. Selain melakukan koordinasi dengan BKSDA Aceh dan FKL Aceh, kata Erwin, dia telah mengirimkan tim identifikasi Polres Aceh Timur ke lokasi.

“Untuk mengetahui penyebab kematian gajah Sumatera ini perlu hasil uji laboratorium forensik. Jadi selesai nekropsi, sampelnya akan dibawa ke labfor,” ujar Erwin.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo secara terpisah membenarkan adanya gajah Sumatera mati di pedalaman Kabupaten Aceh Timur. “Kita sudah kirimkan tim medis untuk dilakukan nekropsi di lokasi dan nantinya bangkai gajah juga akan dikuburkan,” tutur Sapto.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Tempo

تعليقات
Loading...