اليابان تطمح إلى زيادة التعاون والاستثمار في إندونيسيا

Jepang Siap Tingkatkan Kerja Sama dan Investasi di Indonesia

0 1٬034

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  أبدت اليابان رغبتها في زيادة التعاون والدبلوماسية مع إندونيسيا في مختلف المجالات، وخاصة في المجال الاقتصادي. وسوف تزيد اليابان أيضا الاستثمارات في إندونيسيا.

صرح بذلك السفير الياباني لدى إندونيسيا، ماسافومي إيشي، في افتتاح شبكة الأعمال الإندونيسية-اليابانية (IJB-Net) في مكتب وزارة الصناعة الإندونيسية، جاكرتا، الأربعاء (08/08/2018).

“على مدار 60 عامًا منذ إقامة العلاقات الدبلوماسية، تعاونت كل من إندونيسيا واليابان كصديقين حميمين . بالإضافة إلى ذلك، ومن خلال نقل التكنولوجيا وتنمية الموارد البشرية، تم بناء تعاون عميق في المجال الاقتصادي”، قال ماسافومي إيشي.

وقال إن هناك حاليا حوالي 1600 شركة يابانية توفر فرص عمل لخمسة ملايين إندونيسي. بالإضافة إلى ذلك، تسهم الشركات اليابانية بنسبة 10 ٪ من الناتج المحلي الإجمالي في إندونيسيا.

وأكد ماسافومي أن استثمارات الشركات اليابانية في إندونيسيا ثاني أكبر الاستثمارات الخارجية بعد سنغافورة عام 2017. وازداد عدد الشركات اليابانية التي دخلت إلى إندونيسيا من 1,438 شركة عام 2013 إلى 1,911 شركة عام 2017.

“وهذا يعني أنه على مدى أربع سنوات كانت هناك زيادة حوالي 500 شركة”، قال.

جدير بالذكر،أن  IJB-Net وهي منظمة يدعمها مواطنو إندونيسيون في اليابان وأصدقاء لهم من اليابان ويدعون إلى زيادة التعاون التجاري بين البلدين. وحضر افتتاح المنظمة وزير الصناعة الإندونيسي، إيرلانغجا هارتارتو، والمبعوث الخاص للرئيس الإندونيسي لليابان، رحمت جوبيل.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ورتا إيكونومي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jepang berkomitmen meningkatkan kerja sama dan diplomasi dengan Indonesia dalam berbagai bidang, terutama bidang ekonomi. Jepang juga akan meningkatkan investasi ke Indonesia.

Hal itu dikatakan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, dalam peluncuran Indonesia-Japan Business Network (IJB-Net) di Kantor Kementrian Perindustrian, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

“Selama 60 tahun sejak terjalinnya hubungan diplomatik, Indonesia dan Jepang sudah melangkah bersama-sama sebagai teman baik yang menghubungkan dari hati ke hati. Selain itu, melalui transfer teknologi dan pengembangan sumber daya manusia, telah dibangun kerja sama yang mendalam di bidang ekonomi,” kata Masafumi Ishii.

Ia mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 1.600 perusahaan Jepang yang memberikan lapangan pekerjaan bagi 5 juta penduduk Indonesia. Selain itu, perusahaan Jepang turut berkontribusi terhadap 10% dari PDB Indonesia.

Masafumi menegaskan bahwa investasi di Indonesia oleh perusahaan Jepang adalah yang terbesar kedua setelah Singapura pada 2017. Perusahaan Jepang yang masuk ke Indonesia sejumlah 1.438 perusahaan pada 2013 naik menjadi 1.911 perusahaan pada 2017.

“Artinya selama empat tahun terjadi peningkatan hampir 500 perusahaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, IJB-Net merupakan organisasi yang didukung oleh para dispora Indonesia di Jepang, sahabat-sahabat Jepang pencinta Indonesia yang terpanggil untuk meningkatkan kolaborasi bisnis antara kedua negara. Dalam peresmian organisasi itu turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan utusan khusus Presiden Indonesia untuk Jepang, Rachmat Gobel.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber:  wartaekonomi

تعليقات
Loading...