إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

القهوة الصحية تعتمد على طريقة صناعتها

Kopi Sehat Tergantung Cara Olahnya

- الإعلانات -

0 284

جاكرتا إندونيسيا اليوم – بالإضافة إلى الكافيين، القهوة تحتوي على مضادات الأكسدة والمعادن التي هي جيدة للصحة. ووفقا إيان مهازن باريستا وصاحب مقهى تاريخ القهوة،  تحتوي على المواد المضادة التي هي معروفة حتى تعود بالفائدة على الجسم.

قد يهمك: يقدم مقهى سيلادانج شرب القهوة أثناء السياحة

“القهوة أمر صحي، نعم. لأنه ليست سوى جزء من الكافيين من القهوة. مزيد من المعادن. وهناك مضادات الأكسدة كذلك. بل أن مضادات الأكسدة في القهوة أكثر من الفواكه”، قال إيان لريبوبليكا.co.id قبل فترة.

ومع ذلك، وفقا له، لا يزال هناك الكثير من الناس يعتقدون أن القهوة سيئة، يمكن أن تسبب أمراض مثل السرطان. وقال إيان، الذي فاز بمنافسة يدوية لبريو “معركة المرح لعام 2018” في جاكرتا: “إن الكثير من الناس الذين يتحدثون عن هذه القهوة يمكن أن يحتمل الإصابة بالسرطان وما إلى ذلك”.

أساسا أن القهوة كلها جيدة، ولكن هذا يجعل القهوة تحتمل أن تسبب السرطان بسبب أخطاء الصناعة. “إذا كانت القهوة هي تراكم متفحمة من الماء الساخن متفحمة جدا، وكان محتوى المواد المسببة للسرطان” قال إيان.

قد يهمك: القهوة الإندونيسية تلفت انتباه سوق السياحة الفيتنامي

كارسينوغين هي المواد التي يمكن أن تسبب السرطان. “كارسينوغين يمكن أن نجدها في الدجاج المشوي والنقانق، وغير ذلك،” قال.

لذا ينصح إيان لشرب القهوة مع تجهيز الصحيح: “إذا كانت القهوة الخاصة المقلية مثل هذه، كان لونها أسمر أي بني وليس حتى متفحمة حقا. نحن نشربها ليست على شدة الحرارة. قال الرجل الذي كان عمره  29 سنة.

لأنه إذا كانت الحرارة شديدة ومتفحماً يمكن أن يؤدي إلى حدوث السرطان. وقال: “إنه ساخن، ومتفحم  فهناك مواد مسرطنة يمكن أن تكون سرطانية”.

وأضاف أيضا أن القهوة الصحية ويفضل غير محلى أي بدون السكر. لأنه يمكن أن يسبب السكري. وقال :”لابد أن نزيل فكرة بأن القهوة يجب أن تستخدم السكر”.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Selain kafein, kopi mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan. Menurut Iyan Muhazan barista dan pemilik kedai kopi History Coffee, kopi bahkan memiliki antioksidan yang diketahui bermanfaat untuk tubuh.

“Kopi itu sehat, ya. Karena kafein itu hanyalah sebagian kecil dari kopi. Masih ada yang lain, kaya mineralnya. Ada antioksidannya juga. Bahkan, antioksidan si kopi ini lebih daripada buah, loh,”  kata Iyan kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Namun, menurutnya, masih banyak orang beranggapan bahwa kopi itu buruk, bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker. “Banyak kalau orang ngomong kopi ini bisa berpotensi kanker dan sebagainya. Kalau kanker itu, minum kopi apa dulu,” kata Iyan yang berhasil menjuarai kompetisi manual brew di ajang Manual Brew Fun Battle 2018 di Jakarta.

Pada dasarnya semua kopi itu baik, namun yang membuat kopi itu berpotensi menyebabkan kanker karena kesalahan dalam pengolahan. “Kalau minum kopi yang terlalu gosong banget, air panasnya terlalu gosong banget. Dia ada kandungan karsinogen,” jelas Iyan.

Karsinogen merupakan bahan yang dapat memicu terjadinya kanker. “Karisongen itu dapat ditemukan di ayam panggang, sosis, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sehingga Iyan menyarankan untuk meminum kopi dengan pengolahan yang tepat, “Kalau coffe specialty seperti ini yang digoreng, jadi warnanya itu cokelat-cokelat muda atau cokelat-cokelat tua. Nggak sampai gosong banget. Kita nyeduh kopinya pun nggak sampai panas banget,” ujar pria berusia 29 tahun ini.

Karena jika terlalu panas dan gosong dapat memicu terjadinya kanker. “Sudah panas, sudah gosong itu ada kandungan karsinogen yang berpotensi kanker,” ucapnya.

Ia juga menambahkan kopi sehat sebaiknya yang tanpa gula. Karena bisa berpotensi menyebabkan diabetes. “Hilangkan mindset kopi harusnya pakai gula,” ujar dia.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Republika

(5)

تعليقات
Loading...
Click Me