باسوكي: 14 حادثة لحقت بالبنية التحتية خلال عامين

14 Kecelakaan Infrastruktur dalam 2 Tahun, Basuki: Iki Ono Opo?

0 584

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال وزير الأشغال العامة والإسكان الشعبي، باسوكي هادي موليونو، في غضون عامين وخلال بناء مشاريع البنية التحتية وقعت 14  حادثة. ولذلك اختارت جهته إيقاف جميع مشاريع البنية التحتية الواسعة النطاق.

” وقعت حوالي  14 حادثة خلال عامين، وهذه هي المرة الرابع عشر (يقع حادث في البناء)، لذلك نوقفه أولا، ما هي المشلكة؟” قاله باسوكي للصحفيين وفقا لتسلم جائزة هيرمان جوهانس في قاعة مجلس الشيوخ جامعة غاجة مادا، الثلاثاء (20/2/2018).

وأوضح باسوكي، أن معظم الحوادث في مشاريع البنية التحتية حدثت خلال أيام العطلات أو في الفترة الصباح. بما في ذلك حوادث انهيار المباني من عمود العارضة في مشروع بيكاكايو تول، يوم الثلاثاء (20/2) صباحا.

لذلك، واصل باسوكي، فإنه يرسل فورا فريق لجنة سلامة البناء إلى مكان الحادث. الفريق هو المسؤول عن التحقيق ومعرفة سبب انهيار عمود العارضة.

“سوف أدعو وزير النقل ووزير الشركات المملوكة للدولة المسؤولة عن المقاولات في الساعة 12.30 توقيت غرب إندونيسيا، وسوف أدعوهما في مكتب الأشغال العامة مع جميع منفذي مشروع الطريق السريع، وسوف نقدم النتائج المؤقتة لتقييمها من قبل لجنة سلامة البناء”. قاله الوزير.

“من الواضح أن كل عمل على الأرض يتطلب عملا كثيفا مثل تركيب العارضة وما إلى ذلك سواء كان ذلك في الطريق السريع في سومطرة أو الطريق السريع في جاوة أو الطريق السريع في كاليمانتان أو الطريق السريع في سولاويسي أو الجسور الطويلة تم وقفها مؤقتا” ، قاله باسوكي.

وأكد باسوكي أن الإيقاف المؤقت لبناء مشاريع البنية التحتية لن يستمر طويلا. بعد الانتهاء من مراجعة سلامة البناء من اللجنة، سيستمر على الفور مشروع البنية التحتية.

“لا، لا (لا يستغرق الوقت الطويل)، فقط التدقيق ولن يستمرالامر طويلا”، أكد.

قد يهمك: سفينة بنيسي تنال الاعتراف من اليونسكو

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan selama dua tahun pengerjaan proyek infrastruktur telah terjadi 14 kali kecelakaan. Oleh sebab itu, pihaknya memilih menghentikan sementara seluruh proyek infrastruktur skala besar.

“Ini memang selama dua tahun ada 14 kali kan, ini yang ke-14 (kecelakaan konstruksi). Makanya kita hentikan dulu, iki ono opo (ini ada apa?),” kata Basuki kepada wartawan sesuai menerima Anugerah Herman Johannes Award di Balai Senat UGM, Selasa (20/2/2018).

Basuki menerangkan, selama ini mayoritas kecelakaan kerja proyek infrastruktur terjadi di hari libur atau di pagi hari. Termasuk kecelakaan konstruksi ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu pada Selasa (20/2) pagi.

Oleh sebab itu, lanjut Basuki, pihaknya langsung menerjunkan tim komite keselamatan konstruksi ke TKP. Tim tersebut bertugas menelaah dan mencari penyebab ambruknya tiang girder tersebut.

“Nanti 12.30 WIB saya undang, Menteri Perhubungan, Menteri BUMN yang membawahi kontraktor, saya undang di Kantor PU bersama seluruh dirut pelaksana jalan tol, akan kami sampaikan hasil sementara evaluasi komite keselamatan konstruksi itu,” ucapnya.

“Yang jelas semua pekerjaan yang berada di atas tanah yang membutuhkan pekerjaan berat, seperti pemasangan girder dan sebagainya, baik itu tol di Sumatera, tol di Jawa, tol di Kalimantan, tol di Sulawesi, jembatan-jambatan panjang saya berhentikan dulu sementara,” lanjutnya.

Basuki memastikan penghentian sementara pengerjaan proyek infrastruktur tersebut tidak akan berlangsung lama. Setelah audit keselamatan konstruksi dari komite selesai, pihaknya akan segera melanjutkan proyek infrastruktur tersebut.

“Tidak, tidak (molor), itu paling (audit) tidak terlalu lama,” pungkas dia.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alShaiqi | Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...