بركان أناك كراكاتو مازال خطرًا، و ربما يتسبب في موجة تسونامي جديدة

Gunung Anak Krakatau Masih Berstatus Waspada

0 838

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – بركان أناك كراكاتو بمضيق سوندا بجنوب لامبونج، حتى صباح الإثنين 24/12، لا يزال في حالة تأهب من المستوى الثاني، مع توصية بألا يسمح للمواطنين و السياح بالاقتراب من البركان في دائرة نصف قطرها 2 كيلو متر.

كتب ويندي تشاهيو أونتونج، مراقب بركان أناك كراكاتو من قبل مركز البراكين و الكوارث الطبيعية، في تقريره إلى هيئة الأرصاد و المناخ، أن خلال فترة المراقبة من الساعة 00.00 يوم 23/12، و حتى الساعة 24.00، فإن الجبل مرئي بصريًا بمستوى ضباب 0-3.

و يلاحظ ارتفاع الدحان البركاني حتى 400 متر فوق الفوهة، مع لون أسود و كثافة عالية و ضغط متوسط.

في حين كان الجبل مغطى بالضباب مساء الأمس، كما سمعت أصوات انفجارات صغيرة بمركز المراقبة.

و من خلال المراقبة المستمرة للجبل، عرف و اعتيد على وجود اهتزازات أرضية بالجبل.

و قد تم جمع هذه البيانات من محطة سيرتونج بمجموعة جزر محيطة بجبل أناك كراكاتو في مضيق سوندا.

الجبل البركاني البحري، و الذي يرتفع 338 متر من البحر، كان قد انفجر مساء السبت 22/12، و قد سقطت حممه في البحر. و يعتقد أن سقوط المواد التي خرجت من البركان عند انفجاره في البحر هو ما ولد موجة التسونامي في مضيق سوندا. و قد كان الطقس طوال فترة المراقبة من غائم إلى ممطر.

بالإضافة إلى ذلك فقد تلاحظ أن الرياض من ضعيفة إلى متوسطة القوة، لكنها تكون قوية في الشرق. و سجلت درجة الحرارة 24 – 29 درجة سيليزية.

و كانت هيئة التقدير و التطبيق التكنولجي قد حذرت من تأثير نشاط جبل أناك كراكاتو البركاني، حيث من ينتهي بعد ثوران الجبل، و ربما يحدث نتيجة لهذا النشاط بعض الانهيارات الأرضية أو الزلازل بقاع البحر، مما قد يسبب موجة تسونامي جديدة.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان اندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung, hingga Senin (24/12) dini hari tetap berstatus Waspada (Level II) dengan rekomendasi bahwa masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekat dalam radius dua kilometer dari kawah.

Staf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pengamatan Anak Gunung Krakatau, Windi Cahya Untung, dalam laporan yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang dikutip dari Antara, Senin (24/12) pagi, mengatakan selama periode pengamatan 23 Desember 2018, pukul 00.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, visual gunung jelas hingga kabut dengan skala 0-III.

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 400 meter di atas puncak kawah.

Sementara, pandangan pada malam tertutup kabut. Terdengar suara dentuman di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau (PGA).

Gunung Anak Krakatau sepanjang pengamatan mengalami kegempaan tremor atau getaran terus dengan amplitudo 10-58, dominan 25 mm.

Data diambil dari Stasiun Sertung di gugusan pulau kawasan sekitar Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Gunung api di dalam laut dengan ketinggian 338 meter dari permukaan laut (mdpl) yang pada Sabtu (22/12) petang terjadi erupsi sehingga sebagian materialnya berguguran ke laut sekitar dan diduga menjadi pemicu tsunami di Selat Sunda itu, sepanjang pengamatan cuaca mendung dan hujan.

Selain itu, angin terpantau bertiup lemah, sedang, hingga kencang ke timur laut dan timur. Suhu udara 24-29 derajat Celsius.

Sebelumnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan peringatan waspada terkait dampak aktivitas Gunung Anak Krakatau yang belum selesai. Hal ini terkait kemungkinan letusan yang memicu longsoran bawah laut atau gempa yang kemudian menghasilkan tsunami.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...