إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

بعد بناء 3 محطات، تنوي إندونيسيا بناء محطة 4 في مطار سوكارنو هاتا

Terminal 3 Selesai, Indonesia akan Bangun Terminal 4 Soekarn0-Hatta Airport

- الإعلانات -

0 212

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – لقد تطور قطاع الطيران التجاري في إندونيسيا، كما يتزايد عدد الركاب، وتزداد حركة الطيران. ونرى هذه المؤشرات واضحة في مطار سوكارنو هاتا، في تانجيرانج فالمطار الذي يتكون من 3 محطات “فقط” جهزت لخدمة 22 مليون مسافر سنويا.

ولكن كما نعلم، فإن عدد الركاب يبدو أكثر من ذلك. حتى إن المحطة 3 التي تم افتتاحها في منتصف العام الماضي لم تكن كافية لخدمة ارتفاع عدد الركاب.

بعد بناء 3 محطات، تنوي إندونيسيا بناء محطة 4 في مطار سوكارنو هاتا - اندونيسيا اليوم

هذا ومما سبق يبدو وجود محطات جديدة ضرورية للغاية. واستجابة لذلك قامت شركة أنغكاسا بورا الثاني (Persero) بوصفها مديرا لمطار سوكارنو هاتا، تانجيرانج، بانتين، سيبني محطة جديدة حول مطار سويتا. وستكون المحطة هي الرابعة التي يمتلكها مطار سوكارنو هاتا.

وقال نائب الرئيس الأول أمين عام شركة أنغكاسا بورا الثاني أغوس هريادي، إن المحطة 4 سيتم بناؤها على الأرض التي تملكها الشركة على مقدار 400.000 متر مربع أو 40 هكتارا والذي أصبح الان ملعبا للجولف سووارنا. وقد استأجرت مكتب”سويوارنا” نفسها أراضي من الشركة أنغكاسا بورا الثاني منذ عام 1994.

وتلتزم شركة أنغكاسا بورا الثاني على أن لا يمدد عقد الإيجار من مجمع مكتب سووارنا للتجارة والمخازن في منطقة مطار سوكارنو هاتا. لأن شركة أنغكاسا بورا الثاني تنوي تطوير إمكانيات أراضي المطار .

ووفقا لمدير شركة أنغكاسا تري سونوكو بورا الثاني أنه ستطور خدمة مطار سوكارنو هاتا الدولي من 40 مليون إلى 45 مليون مسافر سنويا.

“نحن نتابع التصميم الأولي لهذا المطار، وهي أن منطقة سويوارنا ستكون المحطة 4. وكل العمليات التي لا يمكن استيعابها في المحطات من 1-3 ستنفذ هناك, لذلك قال “إنه من المخطط بعد انتهاء العقد مع سويوارنا، سيتم أخذها مرة أخرى من قبل الشركة أنغكاسا بورا الثاني ولكني لا أتذكر بالضبط متى سينتهي العقد”.

والان سيتم تصميم الخطة المستقبلية لسوكارنو –هاتا، ومن المقرر ستنتهي هذه في آخر السنة من هذا العام، ليتم التشاور مع وزارة النقل ووزارة الشركات المملوكة للدولة.

وما يلي تصميم خطة التنمية لمحطة 4 في مطار سوكارنو هاتا حسب ما نقلته وكالة أنباء كومباران:

سعة الركاب: 38 مليون راكب سنويا،
ساحة المحطة : 389،528 متر مربع،
منطقة التحقق : 22،597 متر مربع،
تحقق في العداد: 464 العداد،
المساحة التجارية: 60،228 متر مربع،
منطقة صالة الصعود 19،301 متر مربع
البوابة: 30 وحدة،
مساحة موقف السيارات: 40،410 متر مربع.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر :GNFI

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Berkah dari makin bangkitnya sektor penerbangan komersial di Indonesia, pertumbuhan penumpang, dan lalu lintas udara makin terasa. Tentu saja paling terlihat di Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang. Bandara yang terdiri dari 3 terminal tersebut didesain ‘hanya’ untuk melayani 22 juta penumpang per tahun. Namun seperti yang kita tahu, jumlah penumpang jauh lebih besar dari itu. Penambahan terminal 3 yang diresmikan pertengahan tahun lalu pun belum cukup untuk melayani lonjakan penumpang.

Sepertinya penambahan terminal baru mutlak diperlukan. Dan gayung pun bersambut.  PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kembali akan membangun terminal baru di sekitar komplek Bandara Soetta. Pembangunan itu akan menjadi terminal keempat yang dimiliki Bandara Soetta.

Senior Vice President of Corporate Secretary AP II Agus Haryadi mengatakan, Terminal 4 akan dibangun di atas lahan milik AP II seluas 400.000 meter persegi atau 40 hektare yang selama ini menjadi Lapangan Golf Soewarna. Soewarna sendiri sudah menyewa lahan AP II sejak 1994.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan tidak akan memperpanjang kontrak sewa lahan komplek perkantoran dan pergudangan Soewarna Business Park di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya AP II akan mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk mengembangkan kapasitas bandara tersebut.

بعد بناء 3 محطات، تنوي إندونيسيا بناء محطة 4 في مطار سوكارنو هاتا 1- اندونيسيا اليوم

Menurut Direktur Utama AP II Tri S Sunoko, Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dikembangkan kapasitasnya sehingga bisa melayani 40 juta sampai 45 juta penumpang per tahun. “Kami mengikuti desain awal dari Bandara ini, bahwa kawasan Soewarna itu akan dijadikan Terminal 4 nantinya. Pengembangan kapasitas yang tidak bisa diakomodir terminal 1-3 akan dilakukan disana. Jadi setelah kontrak Soewarna habis, akan diambil alih lagi oleh AP II. Tapi saya tidak hapal pastinya kapan kontrak itu selesai,” ujar Direktur Utama AP II Tri S Sunoko.

AP II sedang membuat grand design rencana pengembangan Soekarno-Hatta ke depan. Cetak biru awal itu ditargetkan selesai akhir tahun ini, untuk kemudian dikonsultasikan dengan Kemhub dan Kementerian BUMN.

 Berikut konsep rencana Terminal 4 Bandara Soetta (dikutip dari Kumparan.com):

Kapasitas Penumpang: 38 juta per tahun,

Area Terminal: 389.528 meter persegi,

Area Check in: 22.597 meter persegi,

Check in Counter: 464 counter,

Area Komersial: 60.228 meter persegi,

Area Boarding Lounge 19.301 meter persegi

Gate: 30 unit,

Area Parkir: 40.410 meter persegi.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: GNFI

 

(21)

تعليقات
Loading...
Click Me