إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

بناء متجر لزهري

Minimarket Sodaqo untuk Zohri Dibangun

- الإعلانات -

0 265

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – صاراسم محمد زهري مؤخر اسما بارزا في وسائل التواصل الاجتماعي أدهش اللاعب البالغ من العمر 18 عاماً الإندونيسيين عندما أصبح بطلاً عالمياً لمسافة متر في بطولة العالم لألعاب القوى تحت 20 سنة في تامبيري بفنلندا يوم الأربعاء (11/7). تمكن من الفوز على سبعة عدائين آخرين من مختلف البلدان مع وقت 10.18 ثانية.

ولقد ذاع صيته لدى المجتمع الإندونيسي. وصلتهمختلف المساعدات والجوائز. بعضها نقدي وكذلك حظي بتجديدمنزل. العائلة مع حصوله علىالسريعة (ACT) جوائز في شكل أصول منتجة متجر الصدقة.

يتم توفير الأصول الإنتاجية بالتعاون مع شركة هيدرو بيردانا ريتايليندو كمدير لصندوق الصدقة في إندونيسيا. قال الرئيس التنفيذي لشركة هيدرو بيردانا ريتايليندو شهرو أريانشاه أن منافذ الصدقة التي سيتم فتحها لزهري تبلغ قيمة أصولها الإجمالية 300 مليون روبية.

“يمكن لزهري الحصول على منحة 300 مليون من حركة الاجراءات السريعة. يتعاون زهري مع شركة هيدرو لبناء متجر الصدقة. تنتمي وحدة الأعمال الإنتاجية إلى زهري، ثم تسمى الصدقة لزهري أو زهريمارت. الموقع لا يبعد عن 500 متر من منزل زهري. إنه مملوك بالكامل لزهري.” قال ذلك شهرو أريانشاه الذي يطلق عليه اسم ريان.

أوضح ريان أن فوائد هذا التطور في متجر الصدقة لن تكون محسوسة من قبل زهريوالعائلة فحسب، بل أيضاً للمجتمع الأوسع. ستوفر هذه الأسواق الصغيرة دخلاً منتظماً لزهري والأسرة حتى يركز زهري على ممارسته الرياضة.

كما يوفر وجود هذا السوق الصغير وظائف للمجتمع المحيط به. يمكن تخصيص الفوائد المكتسبة للمجتمعات الأخرى المحتاجة. هذا يتفق مع شعار الصدقة.

بناء متجر لزهري1

“فلسفة متجر الصدقة هي الصدقات. لدينا شعار التسوق بالنسبة لنا صدقات. لذا فإن الناس الذين يأتون إلى متجر الصدقة ليس فقط معاملات تجاريةولكن أيضا هناك معاملات خيرية. يتم توجيه النسبة المئوية للأرباح المحققة للمحتاجين. في هذا السوق الصغير يلتقي الأثرياء والضعفاء، “قال ريان.

يعتبر متجر الصدقة ميني ماركت تحت إشراف شركة هيدرو بيردا سوقتجزئة مع مكاتب في برج 165، جنوب جاكرتا. هيدرو هي واحدة من شركات الوقف المولودة من الوقف العالمي (GW). ومن المتوقع أن يحقق “هيدرو” ربحًا من حيث الشعار “التدفق والعطاء” ليعود الربح في وقت لاحق إلى المستفيد.

“إن أعلى أعمال الخير في الإسلام هو الوقف. إذا كانت الزكاة، والإنفاق، والصدقة فإنه يتم توزيعها على الفور. تختلف عن الوقف، وهذا في الأساس لا يمكن أن تضيع ولكن أيضا لا تتوقف ،لذلك يجب أن ينمو الوقف (منتجة). إن هيدرو هو أحد أشكال شركة الأوقاف ، “قال ريان.

أحد النماذج التجارية التي طورتها هيدرو هي شراكة. لذلك فإن هذه الشركة هي شريكة للمساعدة في إدارة السوق المصغربما في ذلك زهريمارت مستقبلا. يشرح ريان ، هناك ثلاثة أشكال من المساعدات الممنوحة لزهريمارت .

“أولا، المساعدة من الجانب العملي. لدينا فريق تنفيذي يرافق إدارة الأنظمة التشغيلية وهيكلة السلع وغيرها. ثانياً، المساعدة المالية بالتسجيل المهني بحيث لا يتم خلط المال ويمكن حساب الأرباح الصافية. ثالثا، المساعدة التكنولوجية، “قال ريان.

يأمل مع هذا السوق الصغير أن يبقى زهري متواضعا ويستمر في التدريب من أجل الإنجاز. بالإضافة إلى ذلك يأمل أيضا أن يساعد هذا الدعم الاقتصاديويستفيد منه المجتمع الأوسع.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Nama Lalu Muhammad Zohri menjadi sebuah fenomena dalam hitungan detik di media sosial. Pemuda berusia 18 tahun ini mengejutkan bangsa Indonesia dengan menjadi juara dunia 100 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia pada Rabu (11/7). Ia berhasil mengalahkan tujuh pelari lainnya dari negara berbeda dengan catatan waktu 10,18 detik.

Seketika, Zohri pun menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Berbagai bantuan maupun penghargaan datang kepadanya. Ada yang memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai maupun renovasi rumah. Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerahkan penghargaan berupa aset usaha produktif minimarket Sodaqo.

Pemberian aset usaha produktif ini bekerja sama dengan PT Hydro Perdana Retailindo (HPR) selaku pengelola gerai Sodaqo di Indonesia. CEO PT HPR Syahru Aryansyah mengatakan, gerai Sodaqo yang akan dibuka untuk Zohri memiliki nilai aset usaha sebesar Rp 300 juta.

“Zohri kan dapat dana hibah 300 juta dari ACT. Di sini Zohri bermitra dengan Hydro untuk membangun gerai Sodaqo. Unit usaha produktif jadi milik Zohri yang kemudian disebut dengan Sodaqo untuk Zohri atau Zohrimart. Lokasinya tidak sampai 500 meter dari rumah Zohri. Ini sepenuhnya milik Zohri,” ujar Syahru Aryansyah yang akrab disapa sebagai Ryan.

Ryan menjelaskan, manfaat dari pembangunan Sadaqo ini nantinya tidak hanya dirasakan oleh Zohri dan keluarga, tetapi juga masyarakat luas. Minimarket ini akan memberikan pemasukan berkala bagi Zohri dan keluarga sehingga Zohri fokus untuk berolahraga.

Adanya minimarket ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Keuntungan yang didapatkan dapat dialokasikan untuk masyarakat lain yang membutuhkan. Ini sesuai dengan tagline Sadaqo.

“Filosofi Sadaqo adalah sedekah. Taglinenya belanja kita sedekah kita. Jadi masyarakat ke Sodaqo tidak hanya bertransaksi jual beli tetapi juga ada transaksi filantropi. Sekian persen dari keuntungan yang didapatkan disalurkan kepada yang membutuhkan. Di minimarket inilah terjadi pertemuan antara kaum yang berpunya dengan kaum duafa,” kata Ryan.

Sadaqo merupakan minimarket yang berada di bawah PT. Hydro Perdana Retail yang berkantor di menara 165, Jakarta Selatan. Hydro adalah satu satu perusahaan wakaf yang lahir dari Global Wakaf (GW). Dengan tagline ‘mengalir dan memberi’, Hydro diharapkan mampu mendapatkan profit sebesar besarnya untuk kemudian disalurkan kembali kepada mauquf alaihi (penerima manfaat).

“Filantropi tertinggi di Islam itu wakaf. Kalau zakat, infak, dan sadaqo itu langsung habis disalurkan. Beda dengan wakaf, itu kan dari pokoknya tidak boleh hilang tapi juga tidak hanya menahan saja. Sehingga wakaf itu harus berkembang (produktif). Hydro ini salah satu bentuk dari perusahaan wakaf itu,” kata Ryan.

Salah satu model bisnis yang dikembang oleh Hydro adalah partnership. Jadi PT ini menjadi mitra untuk mendampingi pengelolaan minimarket termasuk mini Zohrimart nantinya. Ryan menerangkan, ada tiga bentuk pendampingan yang diberikan kepada Zohrimart.

“Pertama, pendampingan dari sisi operasional. Kita ada tim operasional yang akan mendampingi pengelolaan sistem operasional, penataan barang, dan lainnya. Kedua, pendampingan finansial dengan pencatatan yang profesional sehingga uang tidak kecampur dan keuntungan bersih dapat dihitung. Ketiga, pendampingan teknologi,” ujar Ryan.

Ia berharap dengan minimarket ini, Zohri tetap rendah hati dan terus berjuang untuk berprestasi. Selain itu ia juga berharap bisnis ini membantu perekonomian ia dan keluarga serta maslahatnya dirasakan masyarakat luas.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Republika

(17)

تعليقات
Loading...
Click Me