بولوغ سولاويسي الوسطى يؤكد أن مخزون السكر والزيت تخفف

Bulog Sulteng Sebut Stok Gula dan Minyak Menipis

0 617

Palu, Indonesiaalyoum.com – Bulog Sulawesi Tengah mengaku stok gula pasir dan minyak goreng di gudang saat ini sudah menipis sehingga perlu ditambah.

“Persediaan gula pasir di gudang Bulog tinggal sekitar 300 ton dan minyak goreng 28 ton,” kata Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng, Bahar Haruna di Palu, Jumat (27/4).

Ia mengatakan stok gula pasir sebanyak itu diperuntukan bagi masyarakat yang ada di seluruh kabupaten/kota di Sulteng. Terutama mendukung kegiatan pasar murah dan juga disalurkan ke rumah pangan kita (RPK).

Bulog tetap akan menambah pasokan kedua komoditas strategis itu untuk memenuhi permintaan masyarakat yang terus mengalami peningkatan menjelang bulan puasa dan Lebaran. Bahar juga mengatakan di Sulteng sudah ada sekitar 800 RPK tersebar di seluruh kabupaten/kota. Namun paling banyak di Palu, ibu kota Provinsi Sulteng sekitar 300 RPK.

Semua komoditas yang disiapkan Bulog dijual ke RPK dengan harga relatif lebih murah dibandingkan di pasaran umum. Bulog dalam menjual berbagai komoditas selalu mengacu pada harga yang ditetapkan pemerintah. Harga pemerintah dipastikan lebih rendah dari harga di pasaran.

Selain gula pasir, Bulog Sulteng juga memiliki stok minyak goreng sekitar 28 ton dan akan ditambah lagi pasokan kebutuhan itu dalam waktu dekat. Sementara persediaan beras di gudang Bulog sekarang ini sekitar 8.000 ton, cukup untuk kebutuhan penyaluran selama beberapa bulan mendatang.

Bulog juga terus gencar membeli beras produksi petani lokal. Meski harus bersaing dengan para pedagang pengumpul yang datang dari Gorontalo dan Manado. Harga gula pasir di tingkat pengecer di Palu berkisar Rp 13 ribu per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per liter dan beras medium Rp 9.000 per kg dan beras premium mencapai Rp 12.500/kg.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Republika

بالو، إندونيسيا اليوم – أخبر بولوغ سولاويسي الوسطى أن مخزون السكر وزيت الطهي في المستودع أصبح قليلا حاليًا لذا يجب إضافته. وقال رئيس قسم المشتريات في مكتب بولوغ سولاويسي الوسطى، بهار هارونا في بالو، الجمعة (27/4): “يبلغ حجم المعروض من السكر في مستودع بولوغ حوالي 300 طن وزيت الطهي 28 طناً”

وقال إن مخزون السكر بقدر ما هو مخصص للمجتمع في جميع المناطق / المدن في سولاويسي الوسطى. لا سيما دعم أنشطة السوق الرخيصة وتوجيهها أيضا إلى بيت الغذاء (RPK)

سوف يواصل بولوغ في زيادة المعروض من هاتين السلعتين الإستراتيجيتين لتلبية المتطلبات المتزايدة من المجتمع قبل شهر الصيام وعيد الفطر. وقال بهار أيضا أن هناك حوالي 800 بيتا من بيوت الغذاء في جميع المحافظات / المدن في سولاويزي الوسطى. لكن معظمها في بالو، عاصمة منطقة سولاويسي الوسطى تبلغ حوالي 300 بيت الغذاء

تباع جميع السلع التي أعدها بولوغ إلى بيت الغذاء بأسعار أرخص شيئا مما كانت عليه في السوق العامة. يعتمد بولوغ في بيع السلع المختلفة دائماً على السعر الذي حددته الحكومة. أسعار الحكومة هي بالتأكيد أقل من الأسعار في السوق

غير السكر، يمتلك بولوغ سولاويسي الوسطى مخزونًا من زيت الطهي يبلغ حوالي 28 طنًا، وسيتم إضافته لتوفير الاحتياجات في أوقات قريبة. في حين أن المعروض من الأرز في مستودع بولوغ يبلغ حاليا حوالي 8.000 طن، فإنه يكفي لاحتياجات التوزيع خلال الأشهر القادمة

كما يواصل بولوغ أيضًا شراء إنتاج الأرز من المزارعين المحليين بشكل كبير. مهما كانت المنافسة شديدة مع التجار القادمين من جورونتالو ومانادو. ويبلغ سعر السكر عند مستوى تجار التجزئة في بالو حوالي 13 ألف روبية لكل كيلوغرام، وزيت طهي 13 ألف روبية لكل لتر والأرز المتوسط قدره 9.000 روبية لكل كيلوغرام، بينما يصل الأرز الممتاز إلى 12.500 روبية / كيلوغرام

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

تعليقات
Loading...