من يقع في مجموعة إندونيسيا يعد في مجموعة النار

Satu Grup dengan Timnas Indonesia Dianggap 'Neraka'

0 645

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ستيف داربي – المدرب السابق للمنتخب التايلندي، يعتبر الفريق الذي يقع في نفس المجموعة مع منتخب إندونيسيا، في كأس الآسيان 2018، فريق داخل مجموعة النار

ستقام قرعة مرحلة المجموعات في جاكرتا، الأربعاء 2/5. داربي – المدرب الإنجليزي الأصل- يتوقع أن وجود إندونيسيا في صندوق القرعة الثاني سيجعل منافسات البطولة ممتعة.

صرح داربي – نقلاً عن الموقع الرسمي لكأس الآسيان: “بعد تأكيد وقوع فيتنام و تايلاند في صندوق قرعة منفصل، فأيًا منهما سيحصل على إندونيسيا سيكون قد وقع في مجموعة النار. و إذا وقعت الفلبين في مجموعة واحدة مع ماليزيا؛ فإن هذا سيصعب من مهمة ماليزيا.”

و أضاف داربي: “منتخب الفلبين يضم لاعبين من أصول أجنبية موهوبين، و مازالت أمام إمكانية استخدام المنتخب الفلبيني لهؤلاء اللاعبين في كأس الأسيان علامة استفهام. بينما يمر المنتخب الماليزي بأوقات صعبة. لذلك فإن المنافسة على المركز الثاني في المجموعات التي لا يوجد بها المنتخب الإندونيسي ستكون ممتعة.

مع تصنيف إندونيسيا كمنتخب من المستوي الثاني، فإنه يمكن أن يكون مع منتخبي تايلند و فيتنام في مجموعة واحدة. مجموعة النار يمكن أن تتكون إذا كانت الفلبين – كفريق من المستوى الثالث، و سنغافورة – كفريق من المستوى الرابع، في نفس المجموعة مع إندونيسيا.

داربي مدح القائمين على اتحاد كرة قدم جنوب شرق آسيا، حيث عدلوا نظام كأس الآسيان هذا العام، ليختلف عن نظام العام الماضي بألا يطبق نظام أصحاب الأرض في مرحلة المجموعات، ليكون لكل فريق في هذه المرحلة مبارتين في أرضه و مبارتين في الخارج.

قال داربي: “أنا أظن أن هذه فكرة جيدة، و خصوصًا للدول الصغيرة؛ حيث يمكنها تحقيق دخل من المباريات. مثلاً إذا استضاف المنتخب الفيتنامي المنتخب التايلندي، فإن هذا سيكون جيد من الناحية المالية للاوس.”

قرعة مرحلة المجموعات من كأس الآسيان 2018 سوف تجري الأربعاء 2/5، بفندق موليا بجاكرتا. و سيساعد لاعب المنتخب الإندونيسي اليابق بوناريو أستامان في إجراء القرعة.

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Mantan pelatih timnas Thailand Steve Darby menganggap tim yang satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 akan berada di ‘Grup Neraka’.

Undian babak grup Piala AFF 2018 akan digelar di Jakarta, Rabu (2/5), dan Darby mengungkapkan prediksinya. Pelatih asal Inggris itu mengatakan posisi Timnas Indonesia yang berada di pot unggulan kedua membuat undian Piala AFF 2018 akan berlangsung menarik.

“Dengan Vietnam dan Thailand [unggulan pertama] dipastikan terpisah, maka siapa yang mendapatkan Timnas Indonesia akan berada di grup neraka. Jika Filipina satu grup dengan Malaysia, maka itu bisa menyebabkan kesulitan untuk Malaysia,” ujar Darby dikutip dari situs resmi Piala AFF.

“Timnas Filipina berisikan pemain asing [keturunan] bertalenta, dan apakah mereka bisa menggunakannya saat Piala AFF masih menjadi tanda tanya. Sementara Malaysia sedang dalam masa-masa sulit. Jadi, perebutan posisi kedua di grup yang tidak ada Timnas Indonesia akan seru,” sambung Darby.

Dengan Timnas Indonesia ada di pot kedua, maka tim Merah Putih bisa satu grup dengan Thailand atau Vietnam. ‘Grup Neraka’ bisa tercipta jika Filipina [unggulan ketiga] dan Singapura [unggulan keempat] juga berada satu grup dengan Timnas Indonesia.

Darby juga memuji pihak Federasi Sepak Bola Asia Tenggara [AFF] yang mengganti format Piala AFF edisi tahun ini. Piala AFF 2018 tidak menggunakan sistem tuan rumah di babak grup, melainkan masing-masing tim akan menjalani dua laga kandang dan dua tandang di babak grup.

“Saya pikir ini ide yang bagus, khususnya untuk negara kecil untuk meraih pendapatan dari pertandingan. Contohnya jika timnas Thailand pergi ke Vientiane, maka itu akan bagus secara finansial untuk Laos,” ucap Darby.

Undian babak grup Piala AFF 2018 akan berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5). Mantan pemain Timnas Indonesia Ponaryo Astaman akan membantu jalannya undian Piala AFF 2018.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...