تأثير الموجة العالية على الفنادق والمطاعم في جيلي تراوانغان

Gelombang Tinggi Berdampak ke Hotel dan Restoran di Gili Trawangan

0 738

شمال لومبوك، إندونيسيااليومحدثت موجات عالية حول مضيق بالي ولوبوك. وقد أدت الموجة لتلف عدد من الفنادق والمطاعم في جيلي تراوانجان. وأدت إلى حدوث مد وجزر في البحر حول الشواطئ في من سينغيغي، مالاكا، جيلي مينو وجيلي آير.

ووفقا لوكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء ببالي لومبوك يوم الأربعاء (25/07/2018) أن الطقس يكون غائم، واتجاه الرياح جنوب شرق مع سرعة من 04-15 عقدة، في حين يكون ارتفاع الموج من 0.5-3 متر.

وفي حين أن المعلومات التي جمعها موقع ديتيك ترافيل تستمد من نتيجة وحدة تعليمات العمل من خلال رئيس الشرطة المحلية بمنطقة بيمينانج، إيبتو حلمي منوسوه بربوغو، وقال أن بعض القرى تضررت بالأمواج العالية التي فاضت إلى الشاطئ. وخصوصا على ضفة شواطئ جيلي الثلاثة لارتفاع الأمواج الذي يصل إلى 2 إلى 3 متر وقد غمرت كل الشواطئ الموجودة.

تأثير الموجة العالية على الفنادق والمطاعم في جيلي تراوانغان1

ونتيجة لذلك، حدث تلف حول الفنادق والمطاعم في جميع أنحاء شمال الشاطئ من جيلي تراوانجان. تسبب انحسار الموجات وارتفاعها في تبعثر الكراسي وجرفها إلى الشارع. إن الأضرار والخسائر الناجمة عن ارتفاع الامواج في قرية جيلي انداه بيمينانج، شمال لومبوك،كأنها فيلا أومباك في جيلي تراوانجان. وقد تضرر الجسر الغارق حيث قدرت الخسائر حوالي 10-20 مليون ألف روبية.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Lombok Utara, Indonesiaalyoum.com – Gelombang tinggi terjadi di seputaran Selat Bali dan Lombok. Sejumlah hotel dan restoran di Gili Trawangan pun ikut terdampak. Selain di Gili Trawangan, gelombang tinggi tersebut juga mengakibatkat terjadinya ombak pasang dan tinggi di seputaran pesisir pantai di Wilayah Senggigi, Malaka, Gili Meno dan Gili Air.

Dari pantauan BMKG Bali-Lombok pada Rabu (25/7/2018) keadaan cuaca berawan, arah angin Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin 04-15 Knot, sementara tinggi gelombang lau 0.5-3 meter.

Sedangkan informasi yang dihimpun detikTravel dari hasil pantauan Unit Instruksi Kerja (Unit IK) melalui Kapolsek Pemenang, Iptu Hilmi Mannosoh Prayugo, Sik bahwa di desa-desa Kecamatan Pemenang yang terdampak gelombang tinggi yang meluap hingga ke bibir pantai. Khususnya di bibir pantai tiga gili akibat tingginya gelombang sekitar 2 sampai 3 meter telah menyapu bibir pantai.

Akibatnya, kerusakan terjadi di seputaran hotel-hotel dan restauran di seputaran bibir pantai Gili Trawangan sebelah utara. Gelombang pasang mengakibatkan kursi-kursi dan peralatan berjemur untuk tamu ikut terbawa gelombang menuju ruas jalan yang ada. Kerusakan dan kerugian akibat gelombang tinggi di Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, yaitu sekitar Villa Ombak yang ada di Dusun Gili Trawangan terlihat dari jembatan yang putus dan material jembatan yang banyak tenggelam. Kerugian diperkirakan Rp 10-20 juta.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...