إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تعلم كيفية احترام الناس وتقديرهم من خلال منزل تقليدي لقرية ساسادو، بمالوكو

Belajar Sopan Santun dari Rumah Adat Desa Sasadu Maluku

- الإعلانات -

0 143

هالماهيرا الغربية، إندونيسيا اليومتقع قرية ساسادو بمحافظة هالماهيرا الغربية، وقد تم اختيارها منذ فترة طويلة كقرية ثقافية. ستتاح الفرصة للزوار القادمين إلى هنا للتفاعل مباشرة مع السكان المحليين والغوص في عمق العادات المحلية من مسافة قريبة.

تحتوي هذه القرية على عدد الأشياء العجيبة، لذلك فهي تستحق أن تسمى بــ “الجنة” في شرق إندونيسيا. دعونا نرى ما هي خصائص هذه القرية.

 

منزل تقليدي فريد

لا تزال قرية ساسادو تحتفظ بتصميم بيوتها التقليدية الفريدة من نوعها. والمنزل  قصير، بحيث يجب على كل من يدخل فيه أن يكون منحنٍ.

واتضح أن لهذا علاقة بفلسفة الالتزام بالقيم التقليدية والعرفية. يرمز منزل ساسادو إلى قيمة الشورى والاتفاق الذي يدعمه المجتمع المحلي. وذلك لأن هذا المنزل يستخدم عادة كمكان للتجمع لمناقشة مختلف مشاكل القرية.

كما تتضح صورة  التسامح بقوة هنا، لأن منزل ساسادو مفتوح للجميع  .

رقصة دابي- دابي

أما الثروة الثقافية الأخرى في قرية ساسادو فتتمثّل في رقصة سارا دابي – دابي. وعادة ما تعرض هذه الرقصة من قبل ستة أشخاص مع إكسسوارات مخصصة كاملة. عادة ما يعرض السكان المحليون ذلك عند قدوم ضيف أو مجموعات إلى منطقتهم.

غابة غامتالا المنغروف

يمكن للسائح بعد استكشاف الثروة الثقافية لقرية ساسادو مواصلة الرحلة إلى غابة غامتالا للمانغروف. كما يمكن أن تكون الغابة التي لا تبعد عن المحافظة  بديلاً جيدا للاستمتاع بواحدة من زوايا الجمال الطبيعي في هالماهيرا.

غالبًا ما يزور غابة غالتالا المانغروف السياح الراغبون في مشاهدة المناظر الطبيعية الجميلة للغسق، خاصة بعد أن أقامت الحكومة مهرجان خليج جيلولو. وعند مدخل غابة المانغروف مجموعة من الأنهار الصغيرة التي تتدفق من جبل ساهو. هذه الغابة تعجّ دائماً بالزوار لدفء مياهها التي تجري من جبل ساهو.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايفي | المصدر: ترفيلينغ يوك


Halmahera Barat, Indonesiaalyoum.com – Desa Sasadu terletak di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat dan sudah lama ditetapkan sebagai desa budaya. Pengunjung yang datang ke sini bakal punya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan warga lokal dan menyelami adat istiadat setempat dari jarak dekat. Desa ini punya sejumlah pesona menakjubkan sehingga layak disebut salah satu ‘Surga’ di Indonesia Timur. Yuk simak apa saja keiistimewaan desa ini.

Rumah adat yang unik

Desa Sasadu hingga kini masih mempertahankan desain rumah adat yang unik. Rumah tersebut memiliki bentuk pendek, hingga setiap orang yang masuk ke dalam harus merunduk. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan filosofi soal kepatuhan pada nilai-nilai tradisi dan adat. Rumah Sasadu melambangkan nilai musyawarah dan mufakat yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Sebab bangunan ini biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul untuk membahas bersama beragam masalah desa. Nilai toleransi juga tergambar kuat di sini, karena Rumah Sasadu terbuka untuk semua orang, tanpa memandang golongan.

Tarian Dabi-dabi

Kekayaan budaya lain dari Desa Sasadu adalah tarian Sara Dabi-dabi. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh enam orang dengan aksesoris adat lengkap. Penduduk setempat biasa memeragakannya jika sedang ada tamu atau rombongan yang datang ke wilayah mereka.

Hutan Mangrove Gamtala

Setelah puas menyelami kekayaan budaya di Desa Sasadu, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Hutan Mangrove Gamtala. Lokasinya tak terlalu jauh dan bisa menjadi alternatif yang baik untuk menikmati salah satu sudut keindahan alam Halmahera. Hutan Mangrove Gamtala sering didatangi turis yang ingin melihat indahnya pemandangan senja, terutama sejak pemerintah menggelar Festival Teluk Jailolo. Di area pintu masuk hutan mangrove terdapat hulu sungai kecil yang mengalir dari Gunung Sahu. Lokasi ini selalu dipadati pengunjung karena airnya terasa hangat.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Talal Al-Saigi| Sumber: travelingyuk

(12)

تعليقات
Loading...
Click Me