إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وجهة سياحية مليئة بالقرود

Tips Liburan ke Tempat Wisata dengan Monyet yang Jadi Tuan Rumah

- الإعلانات -

0 177

بالي ، إندونيسيا اليوم  – أثناء إجازتك في بالي يمكنك القدوم إلى غابة أوبود للقردة. لكن لا تكن متهورًا، فهناك بعض النصائح التي يجب الانتباه إليها عندما تأتي إلى وجهة سياحية تذخر  بجماعة من القرود البرية من أجل راحتك وأمانك بالإضافة إلى الاستدامة البيئية.

يجب الحفاظ على البيئة وعدم رمي النفايات في غير مكانها

وجهة سياحية مليئة بالقرود
وجهة سياحية مليئة بالقرود

هذا أمر مهمّ ولكن قد يهمله كثير من السياح. وقد صنع البشر موئلاً للحيوانات البرية كمزار سياحي. وهذا يؤثر بالتأكيد على حياة الحيوانات ، بما في ذلك القرود. لذلك يجب على السائح حماية البيئة، وعدم رمي القمامة لأن هناك قرود يجب علينا حمايتها.

لا تكن جاهلاً عند إطعام القرود

وجهة سياحية مليئة بالقرود
وجهة سياحية مليئة بالقرود

عليك أن تحذر عند تقديم الطعام للقرود. من الأفضل أن تضع الطعام في مكان واحد واسمح للقرود بأخذه بنفسها. وإذا أعطيتها مباشرة فإنه يخشى أن يجتذب المزيد من القرود وسوف تتسابق في الحصول على الطعام بالقوة.

لا ترتدي مجوهرات أو إكسسوارات مبالغ فيها

وجهة سياحية مليئة بالقرود
وجهة سياحية مليئة بالقرود

اتضح أن المجوهرات التي نرتديها والقبعات والحقائب والأساور وحتى القلائد تجذب انتباه القرود. ومن الأفضل لك استخدام الملابس والأدوات الآمنة والمضادة لـ “القرود”. كما يجب الحذر عند استخدام الهواتف المحمولة. عندما تكون خارج حراستك، قد تخطف القرود الهاتف المحمول من يدك.

لا تحمل معك أشياء في حقيبة بلاستيكية

وجهة سياحية مليئة بالقرود

إذا كنت لا تريد أن تخطف القرود أشيائك، يجب عليك تأمين أمتعتك بشكل صحيح واستخدام حقيبة ظهر أو حقيبة ذات  مكونات قوية. إياك أن تستخدم الأكياس البلاستيكية أو البسكويت. وعادة ما تطاردك الحيوانات ذات الذيل الطويل وتأخذ ما تحمل معك على الفور. وهي لا تتردد في تمزيقه إذا لزم الأمر.

تجنب اللمس

على الرغم من أن القرود تبدو مضحكة لا سيما الصغار منها، إلا أنها تدخل ضمن الحيوانات العدوانية. خصوصا التي تعيش في البرية. يمكن اعتبار محاولة اللمس تهديدًا للقرود. إذا كان هذا هو الحال، فيمكن أن تتعرض للهجوم من قبل مجموعة من القردة. لا تهرب ولا تصرخ بل ابق هادئاً حتى تعود أدراجها وتتركك.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايفي | المصدر: ترفيلينغ يوك


Bali, Indonesiaalyoum.com – Saat liburan di Bali kamu bisa datang ke Monkey Forest Ubud. Namun jangan sembrono, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat datang ke tempat wisata dengan monyet liar demi kenyamanan dan keamanan juga kelestarian lingkungan.

Wajib Menjaga Lingkungan dan Jangan Buang Sampah Sembarangan

Ini adalah hal penting tapi sering disepelekan oleh wisatawan. Manusia membuat habitat para binatang liar sebagai tempat wisata. Hal itu tentu berpengaruh pada kehidupan fauna-fauna tersebut, termasuk para monyet. Jadi, sudah menjadi kewajiban, baik pengelola dan pengunjung untuk menjaga lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan karena ada tuan rumah yang mesti kita lindungi.

Jangan Sembarangan Memberi Makanan

Berhati-hatilah saat memberikan makanan. Lebih baik menaruhnya di satu tempat dan biarkan para monyet mengambilnya sendiri. Karena jika memberikannya langsung, dikhawatirkan akan menarik lebih banyak monyet dan mereka akan merebut makanan dengan paksa.

Jangan Memakai Perhiasan atau Aksesoris yang Berlebihan

Ternyata aksesoris-aksesoris yang kita pakai seperti topi, tas, gelang, bahkan juga kalung cukup menarik perhatian para monyet. Jadi, lebih baik kamu menggunakan yang pakaian dan barang-barang yang aman dan anti ‘jambretan monyet’. Juga waspadalah saat menggunakan handphone. Saat kamu lengah, bahkan handphone yang ada di tangan bisa raib dibawa monyet.

Jangan Membawa barang dengan Tas Kresek

Jika tidak ingin rebutan dengan monyet, sebaiknya kamu mengamankan barang bawaan dengan baik. Gunakan tas ransel atau yang memiliki bahan-bahan kuat. Hindari memakai tas plastik atau kresek. Biasanya fauna berekor panjang itu akan langsung memburu tentenganmu. Bahkan tak segan-segan merobeknya jika perlu. Kalau tasnya berbahan kresek maka akan mudah rusak.

Hindari Kontak Mata dan Sentuhan

Meski terlihat lucu apalagi yang masih muda, monyet termasuk binatang yang agresif. Apalagi yang hidup di alam liar. Melakukan kontak mata dan berusaha menyentuh, bisa dianggap sebagai ancaman oleh monyet-monyet itu. Jika sudah begitu, maka kamu bisa saja diserang oleh segerombolan monyet. Jangan lari, apalagi berteriak. Kamu malah akan dikejar dan mereka akan semakin ‘iseng’.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Talal Al-Saigi| Sumber: travelingyuk

(21)

تعليقات
Loading...
Click Me