تل الكمأة في فلاة قاحلة، ساحة رائعة لتصوير السياح في جريسيك

Bukit Jamur di Padang Tandus, Spot Foto Favorit Wisatawan di Gresik

0 798

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يبدو أن أثر الأراضي للتعدين لها عجائبها الخاصة، لذلك غالباً ما تتحول إلى وجهة سياحية. بدءاً من بحيرة كاولن في جزيرة بيليتونج، تل جاديه في جزيرة مادورا إلى جرف كوجا في تانجيرانج.

الآن هناك وجهة التعدين السابقة التي ليست أقل جمالا، وهي بوكيت جامور (تل الكمأة) في جريسيك جاوى الشرقية. في لمحة النظر كأنها أرض جافة.

كان هذا المكان من مواقع التعدين الكلسية التي توقفت عن العمل في عام 2008.  وافتتحت للجمهور ابتداء من عام 2010 ، اتضح أن العديد من الناس يستخدمون هذا المجال للصور الفوتوغرافية.

تل الكمأة في فلاة قاحلة، ساحة رائعة لتصوير السياح في جريسيك2

صحيح، أن عرض بانوراما من تل الكمأة ليس مألوفا.  لأن فوق المنطقة القاحلة من 3 هكتارات من أبراج الصخور الفريدة على شكل الكمأة. الجزء العلوي أوسع ويحمي الجذع.  ويبدو أن الصخرة قد تشكلت بشكل طبيعي من الرياح منذ السنوات.

وكان الحجم يختلف أيضا. من متر واحد إلى سبعة أمتار. عادة ما يتسلق السياح على الصخور للحصول على زاوية صور جذابة

بعد فترة يسيرة، أصبح تل الكمأة وجهة سياحية شهيرة. بل كانت ساحة هذا التل أشهر الوجهات السياحية الجديدة في برنامج هدية جمال إندونيسيا 2018.  يمكنك التصويت حتى 31 أكتوبر الآتي.

لا تنسَ ارتداء ملابسك الشمسية وحمل مظلتك أثناء زيارة تل الكمأة. مثل بقية مناطق جريسيك الأخرى، ففي هذا التل ترتفع حرارة الشمس. ويوجد بعض الناس يؤجرون المظلات للسياح بقيمة 5 آلاف روبية إلى 10 آلاف روبية.

تل الكمأة في فلاة قاحلة، ساحة رائعة لتصوير السياح في جريسيك3

للدخول إلى تل الكمأة، لا يتوجب عليك دفع رسوم الدخول. تحتاج فقط إلى دفع موقوف دراجة نارية بقيمة 5 آلاف روبية وسيارة بقيمة 10 آلاف روبية.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر  | المصدر: كومباران


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lahan bekas penambangan rupanya punya pesona tersendiri, sehingga kerap beralih menjadi destinasi wisata. Mulai dari Danau Kaolin di Pulau Belitung, Bukit Jaddih di Pulau Madura, hingga Tebing Koja di Tangerang.

Kini ada destinasi bekas penambangan yang tak kalah cantik, yakni Bukit Jamur di Gresik, Jawa Timur. Sekilas, tampak Bukit Jamur ini serupa padang tandus nan kering.

Dulunya tempat ini adalah lokasi penambangan batu kapur yang berhenti beroperasi pada 2008. Dibuka untuk umum mulai 2010, ternyata banyak orang memanfaatkan lahan ini untuk hunting foto.

Ya, panorama yang ditawarkan Bukit Jamur memang tak lazim. Di atas padang tandus seluas 3 hektare itu menjulang batu-batuan berbentuk jamur yang unik. Bagian atasnya lebih lebar dan memayungi batangnya. Batuan itu rupanya terbentuk alami dari kikisan angin selama berpuluh-puluh tahun.

Ukurannya pun beragam. Mulai dari satu meter hingga tujuh meter. Wisatawan biasanya naik ke atas batu untuk mendapatkan angle foto yang menarik.

Dalam waktu singkat, Bukit Jamur menjadi destinasi wisata yang naik daun. Spot ini bahkan menjadi nominasi destinasi wisata baru paling populer pada Anugerah Pesona Indonesia 2018. Kamu bisa ikut voting hingga 31 Oktober mendatang.

Jangan lupa pakai sunblock dan membawa payung saat berkunjung ke Bukit Jamur. Seperti wilayah Gresik lainnya, sinar matahari terasa terik di Bukit Jamur. Bahkan ada beberapa orang yang menyewakan payung untuk wisatawan senilai Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu.

Untuk masuk ke Bukit Jamur, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar parkir motor senilai Rp 5 ribu dan mobil sebesar Rp 10 ribu.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr| Sumber: Kumparan

تعليقات
Loading...