روعة دينغ لا تتلاشى أبدا

Pesona Dieng yang Tak Pernah Luntur

0 800

ونوسوبو، إندونيسيا اليوم – إذا كنت من محبي شروق الشمس، يجب عليك الذهاب إلى قمة سيكونير بهضبة دينغ. فإن لها منظراً ساحراً للغاية في الصباح.

إذا كنت من هواة شروق الشمس، ينبغي لك أن تضع قمة سيكونير (2093 متر عن مستوى سطح البحر) الواقعة بهضبة دينغ، ونوسوبو، جاوا الوسطى (بقرية سينبونغان، وهي أعلى قرية في جزيرة جاوا)، في قائمة الأماكن التي ينبغي زيارتها. وإذا كنت محظوظاً، يمكنك مشاهدة شروق الشمس الذهبي مع قمة جبل سومبينغ وجبل سيندورو التوأمان من فوق القمة.

كانت الرحلة مع الزملاء إلى قمة سيكانير، ليست هدفنا الرئيسي. كان هدفنا الأوّل في ذلك الوقت هو صعود جبل سلاميت، أعلى جبلٍ في جاوا الوسطى. وكانت رحلتنا تصل إلى المحطة الثالثة فقط، أجبرنا الحال على النزول لأن الطقس لم يكن جيدا. لذا كان علينا أن نعود للبحث عن بديل آخر للمكان الذي نزوره. واخترنا أخيرا منطقة دينغ. وكان ليس كل من يشارك معنا، لأن بعضنا من يعود إلى جاكرتا وبعضنا يواصل الرحلة إلى قمة جبل سلاميت. إنه قرار جريئ!

كان الحزن بسبب الفشل في صعود جبل سلاميت، عولج قليلاً برحلة إلى قمة سيكونير. وإن كنا نتسلق التلّ فقط، لكننا نشعر بمتعة المشي للمسافات الطويلة. المكان الذي نمر به ليس صعبا. لذلك، فإنه مناسب لمن لا يحب المشي لمسافات طويلة ولكنه  يستطيع  أن يشاهد شروق الشمس الذهبي من الارتفاع.

على الرغم من أننا في ذلك الوقت كنا قليلي الحظ بعدم مشاهدة شروق الشمس الذهبي لأن الضباب كان سميكا، ولكننا كنا نجلب السعادة في قلوبنا والاستمتاع بها مع الأصدقاء. ونحن نزور بحيرة وارنا وكاواه سيكيدانج  قمة (حفرة الكبريت) ومجمع معبد أرجونا إضافة إلى قمة سيكونير.

عندما كنا في  بحيرة وارنا، نزحنا قليلاً لنتمكن من مشاهدة جمال بحيرة ورنا (اللون) من العلو. ثم ذهبنا إلى كاواه سيكيدانج ومعبد أرجونا مسرورين. هذه هي تجربة الفشل في صعود جبل سلاميت ولكننا شعرنا بالمتعة في قمة سيكونير والمواقع السياحية حول منطقة دينغ.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك


Wonosobo, Indonesiaalyoum.com – Pecinta sunrise harus ke Puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng. Pemandangan paginya sangat menawan!

Kalau kamu adalah sunrise person, Puncak Sikunir (2093 Mdpl) yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah (tepatnya di desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa), wajib banget jadi salah satu list tempat yang harus kamu kunjungi. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan golden sunrise ddan bisa melihat sikembar puncak Gunung Sumbing dan Sindoro dari sana.

Perjalanan kami bersama rekan-rekan ke Puncak Sikunir, sebenarnya bukanlah tujuan utama. Tujuan kami saat itu adalah ingin mendaki Gunung Slamet, Gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Tengah. Perjalanan kami hanya bisa sampai pos 3, kami terpaksa turun karena cuaca yang tidak baik. Sehingga kami harus balik arah dan mencari alternatif lain untuk tempat yang akan dikunjungi. Dan pilihan waktu itu disepakati Kawasan Dieng. Meskipun tidak semua yang ikut, ada juga yang balik arah ke Jakarta dan ada juga yang ingin melanjutkan ke puncak Slamet. Wow nekad yaa.

Kesedihan karena kegagalan pendakian Gunung Slamet, terobati sedikit dengan perjalanan ke Puncak Sikunir. Meskipun hanya mendaki bukit, sensasi hiking-nya tetap terasa. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit. Jadi, cocok sekali buat kamu yang tidak terlalu suka hiking tapi ingin melihat golden sunrise dari ketinggian, hehe.

Meskipun saat itu kami kurang beruntung tidak bisa menyaksikan golden sunrise karena kabut yang cukup tebal, tapi dibawa happy dan enjoy aja bersama teman-teman. Selain ke Puncak Sikunir ini, kami juga melipir ke Telaga warna, Kawah Sikidang (kawah belerang) dan Komplek Candi Arjuna.

Saat di Telaga Warna, kami juga hiking sedikit supaya bisa melihat keindahan telaga Warna dari ketinggian. Selanjutnya ke Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dengan happy. Nah, itulah pengalaman gagal ke Gunung Slamet tapi seru di Puncak Sikunir dan kawasan wisata Dieng.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr | Sumber: detik

تعليقات
Loading...